Jangan Salah Hobi Ini Bisa Mendatangkan Uang Lho


Dalam hal mencari uang, tidak ada yang lebih indah dari hobi yang dibayar atau bisa mendatangkan uang. Karena tidak sedikit lho yang menjalani pekerjaannya selama bertahun-tahun namun dalam keadaan terpaksa. Terpaksa disini dalam artian bertolak belakang dengan hobi, minat atau keterampilan yang dimilikinya.

Namun demi sesuap nasi dan sebongkah berlian pekerjaan tersebut tetap dijalani. Oleh karena itu patut bersyukur jika saat ini sahabat Kangagos telah mendapatkan sumber penghasilan yang sesuai dengan hobi dan minat sehingga bisa mencukupi kebutuhan keluarga.

Nah bagi teman-teman yang memiliki hobi (apalagi hobi unik) yang masih sekadar hobi, tidak ada salahnya untuk lebih digeluti dan dikembangkan agar bisa menghasilkan uang. Apalagi sekarang sudah ada dukungan teknologi internet yang semakin canggih.

Hobi yang Bisa Mendatangkan uang

Melakukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan hobi adalah merupakan suatu hal yang sangatlah menyenangkan. Mengapa demikian?

Karena kita bisa melakukan pekerjaan tersebut tanpa adanya beban rasa keterpaksaan, ya karena kan memang hobinya demikian. Jadi ibarat pepatah sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, menyalurkan hobi sekaligus dapat penghasilan. Iya to?


Bisa jadi kita dalam bekerja tersebut tidak terasa sudah berjam-jam lamanya karena kita sangat enjoy melakukannya. Nah agar tidak semakin penasaran, inilah beragam hobi yang bisa mendatangkan uang yaitu :

1. Hobi menulis

Jangan salah lho ternyata dari kegemaran menulis bisa untuk mendapatkan penghasilan. Apalagi kalau kamu jago menulis dengan narasi-narasi yang menarik, cocok deh untuk terus dikembangkan.

Dengan menulis kamu bisa membuat cerita pendek atau cerita bersambung kemudian mengirimkannya pada media cetak atau media online untuk menghasilkan uang. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menuangkan ide penulisan sesuai dengan minat ketertarikan kamu melalui blog.

Misalkan kamu sangat suka menulis dengan tema seputar teknologi smartphone, nah hobi ini bisa dikembangkan dalam tulisan di setiap artikel-artikel pada blog kamu. Jika konsisten dalam mengisi konten, maka tidak mungkin dalam rentang waktu beberapa bulan kedepan blog kamu sudah terisi ratusan bahkan ribuan artikel dengan satu tema yang sesuai dengan minat ketertarikan kamu.

Nah, blog yang kamu kelola tersebut bisa kamu monetisasi untuk mendapatkan penghasilan, apalagi jika blog tersebut selalu ramai oleh pengunjung.


Dengan kemampuan menulis yang baik juga bisa dimanfaatkan untuk "mempengaruhi" orang lain / influencer dalam berjualan online di media sosial baik untuk produk sendiri maupun untuk produk orang lain/endorse.

2. Hobi Bermusik

Suka bernyanyi? Atau piawai bermain alat-alat musik seperti gitar, keyboard, drum dan lainnya? Nah hobi ini juga bisa mendatangkan uang lho. Caranya?

Kamu bisa membuka les musik sesuai dengan apa yang kamu kuasai atau mengajar di sekolah-sekolah musik yang ada di tempat tinggal kamu. Selain itu kamu juga bisa membentuk sebuah band untuk meluncurkan single dan album kamu juga lho. Waah jadi artis dong...

Tidak hanya itu saja, berbekal kemampuan bermusik kamu juga bisa membuat channel di Youtube untuk menampung semua ide kreatifitas bermusik kamu. Apalagi jaman sekarang kamu bisa memiliki studio rekaman pribadi dengan budget yang minimalis. Mantap kan.

3. Fotografi

Ada yang beranggapan bahwa fotografi adalah hobi yang mahal. Hal tersebut karena pertimbangan harga peralatannya yang memang tidak murah. Fotografi adalah hobi untuk mendokumentasikan segala hal melalui jepretan kamera.

Namun yang namanya sudah hobi dan kesenangan, ada yang rela menguras tabungannya untuk mendapatkan peralatan idamannya untuk mendukung hobi fotografinya. Eiittsss tapi jangan salah ya, karena dari hobi fotografi ini malahan bisa mendatangkan penghasilan yang melimpah lho, jadi tidak perlu waktu lama buat balik modal deh hehe.

Peluang usaha yang sudah menanti dari hobi fotografi adalah menyediakan jasa foto pra wedding, pernikahan, ulang tahun, pemotretan model iklan, dan event lain-lain.

Bukan itu saja karena untuk mendapatkan uang dari hobi fotografi juga bisa dilakukan secara online seperti bekerjasama dengan media online untuk menyediakan kebutuhan foto, menjual koleksi foto ke situs-situs penyedia stok foto seperti ShutterStock, Dreamstimes dan lainnya.

Namun smartphone sekarang yang keluaran terbaru juga sudah dibekali kamera yang canggih sehingga bisa dimanfaatkan juga untuk mengambil momen dengan hasil yang memuaskan. Yang terpenting adalah kemauan untuk terus mengasah dan mengembangkan ide kreatifitas untuk menghasilkan foto yang indah dan menarik.

4. Suka jalan-jalan

Siapa sih yang nggak suka jalan-jalan atau berwisata ke suatu destinasi wisata keren? Menelurusi satu tempat ke tempat menarik lainnya merupakan salah satu pengalaman yang terindah dalam hidup. Bersyukurlah jika kamu bisa dengan mudah menginjakkan kaki di tempat-tempat destinasi wisata populer baik di Indonesia maupun hingga manca negara.

Karena dengan demikian kita bisa menyaksikan alangkah indah dan megahnya ciptaan Sang Maha Kaya ini, dan juga bisa terus mensyukuri nikmat dan karunia yang dianugerahkan kepada kita.

Nah jika kamu hobi jalan-jalan atau traveling tidak berarti harus membayarnya dengan isi tabungan, namun bahkan bisa menambah dan menggemukkan isi tabungan juga lho. Caranya?

Kamu bisa menjadi travel guide pada beberapa destinasi wisata, mengabadikan momen-momen kegiatan adat dan budaya dari masing-masing tempat yang kamu kunjungi dan menjualnya secara online maupun online.

Atau kamu juga bisa menjadi travel blogger dengan mengabadikan momen perjalanan kamu ke dalam blog. Oiya sudah banyak lho travel blogger yang mendapatkan penghasilan dengan jumlah nol yang tidak sedikit. Tertarik?

5. Hobi menggambar / desain grafis

Menggambar atau melukis memang merupakan sebuah seni yang bernilai tinggi, sehingga tidak sedikit pula hasil lukisan tersebut barharga sangat mahal.

Dalam era digital seperti jaman sekarang ini, menggambar tidak hanya pada kanvas saja karena hobi menggambar bisa dikembangkan juga dengan menggunakan komputer. Dengan jago desain grafis kamu bisa mendapatkan penghasilan dari hobi tersebut.

Jika kamu suka membuat desain logo, desain gambar kaos, desain gambar digital lainnya kamu bisa menjual hasil karya kamu secara online ke situs fiverr.com lho. Semakin unik dan bagus karya kamu maka akan semakin mahal pula harganya.

Bagi kamu yang hobi desain web, utak-atik coding HTML juga bisa mendapatkan penghasilan dari hobi tersebut. Kamu bisa menerima jasa pembuatan blog atau website atau juga bisa menciptakan template dan menjualnya seperti Mas Sugeng yang telah berhasil menghasilkan milyaran rupiah hanya dari jualan template blogger saja.



6. Bermain games

Anggapan bahwa bermain game hanyalah membuang-buang waktu saja ternyata tidak sepenuhnya benar, karena dari hobi tersebut bisa mendatangkan uang lho.

Apalagi sekarang banyak ditemukan kontes atau turnamen games-games yang diadakan dalam berbagai skala yang hadiahnya sanggup membuat kita menelan ludah.

Kamu juga bisa menjual karakter yang kamu hasilkan selama bermain game tersebut untuk mendapatkan uang.

Atau kamu juga bisa menjadi content creator Youtube dengan mengupload rekaman saat bermain game ke chanel kamu. Dengan cara ini sudah melahirkan banyak gamer yang berhasil meraup kekayaan lho.

7. Hobi edit video

Ini juga hobi yang bisa mendatangkan penghasilan dan sangat relevan dengan jaman serba digital seperti sekarang ini. Kamu hanya perlu menguasai minimal satu software edit video untuk smartphone atau PC dan terus mengembangkan ide serta kreatifitas kamu semaksimal mungkin untuk menghasilkan karya video yang unik dan menarik.

Dengan hobi ini, hasil karya kamu bisa kamu "pamerkan" pada chanel Youtube kamu. Jika banyak yang suka dengan hasil karya video kamu maka peluang untuk mendapatkan uang dengan jumlah nol yang banyak akan terbuka lebar.

Selain itu seperti halnya pada hobi fotografi diatas, kamu juga bisa menerima jasa editing video pernikahan, ulang tahung, atau event lainnya.

8. Hobi lainnya

Tidak hanya hobi-hobi diatas saja yang bisa mendatangkan uang, masih banyak hobi lainnya yang bisa untuk mendatangkan penghasilan bahkan bisa menjadi sumber penghasilan keluarga.

Sebut saja hobi beternak. Salah satu keinginan Kangagos adalah bisa memiliki lahan pekarangan untuk sekedar beternak ayam dan membuat kolam ikan lele. Namun untuk saat ini lahan tersebut belum tersedia karena masih tinggal di perumahan dengan lahan yang terbatas a.k.a sempit. Semoga saja dalam waktu yang tidak lama Kangagos bisa berhobi ria beternak ayam dan lele ya aamiin.

Hobi beternak hewan seperti kerbau, sapi, kambing sudah pasti sangat menghasilkan ya dan lainnya adalah beternak kucing, burung, dan masih banyak lagi.

Suka memasak? Nah hobi memasak juga bagus untuk terus dikembangkan karena kedepan prospeknya sangat jelas dan cerah, terlebih sekarang sedang booming acara kulinari. Selain itu yang membutuhkan jasa catering juga semakin meningkat. Kalau kamu hobinya apa bro?