Tips Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube




Tips Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube - Tentunya sahabat Kangagos sudah tidak asing lagi dengan situs Youtube ya, mungkin tiada hari terlewatkan tanpa mengakses Youtube. Entah itu untuk sekedar mendapatkan hiburan, untuk mendapatkan suatu informasi, atau yang lainnya.

Atau bahkan jangan-jangan sahabat Kangagos ini malah sudah sukses menjadi Youtubers? Alhamdulillah, Kangagos ikut seneng deh. Semoga video-videonya bisa menghibur dan bermanfaat untuk orang lain ya.

Youtube Sebagai Media Berbagi Video


Youtube pada dasarnya adalah media untuk saling berbagi konten video. Video yang unik, menarik, dan bermanfaat sangat banyak dicari di Youtube.

Dengan saling berbagi konten video maka menjadikan Youtube ini sebagai media untuk pembelajaran. Lihat saja misalnya kita kesulitan mengerjakan tugas matematika, atau smartphone kita mengalami bootloop, maka untuk solusinya kita bisa dengan mudah mendapatkannya dari Youtube.

Tidak heran jika muncul anekdot ketika kita menghadapi sebuah permasalahan, 
jawaban fenomenalnya adalah "Cari saja di Youtube".

Saat ini banyak konten-konten viral yang menjadikan pemilik chanel konten viral tersebut menjadi terkenal. Dan jangan salah, dengan mempunyai chanel Youtube yang populer maka akan banyak keuntungan yang bisa diraih.

Salah satu contoh konten viral adalah cerita tentang keluguan Dimas dan teman sepermainannya yang juga dibumbui dengan drama-drama asmara bersama mbak Ruroh. Ternyata cerita Dimas ini tidak berhenti disini saja, kreatornya tetap konsisten meneruskan cerita-cerita lucu dan seru tentang Dimas dan teman-temannya ini.

Atau tentang viralnya chanel Pak Ndul ahlinya ahli yang sangat menghibur dengan bahasa Inggrisnya. Namun dibalik itu juga tersimpan suatu pembelajaran yang bermanfaat.

Dengan mengelola chanel Youtube secara profesional juga bisa mendatangkan penghasilan (baca: uang). Saat ini telah banyak yang sukses mendapatkan uang dari Youtube, baik dari Indonesia sendiri maupun dari luar negeri.  Kamu tertarik juga untuk menjadi konten kreator Youtube dan mendapatkan uang dari Youtube? Bagaimana caranya ya?


Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube

Baiklah sahabat Kangagos, asumsikan saja kamu sudah mempunyai minimal satu chanel Youtube yang telah terdapat banyak video hasil kreatifitas kamu sendiri. Sangat tidak disarankan melakukan reupload pada chanel Youtube karena nantinya akan rentan dengan klaim pihak lain yang mempunyai video tersebut.

Dengan video ori dan hasil kreatifitas sendiri maka akan tenang dan aman dari klaim copyright pihak lain. Dengan demikian tinggal fokus untuk mendapatkan uang dari Youtube saja dengan terus menambahkan video-video baru pada chanel kamu.

Nah ngomong-ngomong, bagaimana sih cara mendapatkan uang dari Youtube itu? Mungkin bagi sahabat Kangagos yang belum mengetahui caranya, bisa disimak cara-cara dibawah ini :

1. Google Adsense

Cara mendapatkan uang dari Youtube yang umum digunakan adalah memonetisasi video di Youtube dengan menayangkan iklan dari Google Adsense.

Semakin banyak video-video ori kamu ke Youtube dan semakin banyak pula subscribers yang selalu setia menantikan update video kamu, maka peluang kamu untuk mendapatkan banyak uang sangat terbuka lebar.

Kedengarannya menarik dan mudah ya. Namun untuk sukses di Google Adsense diperlukan perjuangan dan kegigihan serta komitmen untuk terus mengembangkan chanel Youtube.

Terlebih sekarang syarat untuk menjadi bergabung di Google Adsense melalui Youtube juga lebih diperketat. Namun jika kamu mempunyai keinginan yang kuat untuk sukses bisa mendapatkan uang dari Youtube

2. Influencer

Influencer disini artinya bukan salah satu penyakit ya, kalau itu namanya flu hehehee. Influencer disini adalah kamu dengan segenap pengaruhmu yang kamu tuangkan pada video sanggup mempengaruhi pilihan orang lain. Biasanya influencer ini mempunyai follower/subscribers yang banyak.

Misalnya saja kamu menjadi influencer untuk mempromosikan produk A. Kamu bisa membuat sebuah video dengan tema produk A tersebut. Namun dalam video kamu tidak terlihat atau terkesan untuk menjajakan atau menawarkan produk A tersebut secara vulgar (soft selling). Kamu juga bisa menyisipkan link pembelian barang tersebut pada deskripsi video kamu.

Dengan demikian para subscribers kamu nantinya akan meniru menggunakan produk seperti yang kamu gunakan. Jadi perusahaan dari produk tersebut juga akan mendapatkan peningkatan penjualan dan kamu juga mendapatkan uang dari perusahaan tersebut.

3. Affiliate marketing

Cara mendapatkan uang dari Youtube selanjutnya adalah dengan model affiliate marketing. Disini artinya kamu sebagai pemilik chanel bisa membuat video dengan bertemakan produk yang kamu tawarkan, misalnya dengan pembahasan tentang kelebihan dan keunggulan dari produk tersebut, keuntungaan yang bisa didapat jika menggunakan produk tersebut, dan lain sebagainya.

Tentu sebelumnya kamu sudah terdaftar pada salah satu perusahaan afiliasi sehingga jika kamu menjual produk mereka, nantinya kamu akan mendapatkan uang.

Misalnya saja kamu tergabung dalam afiliasi e-commerce terbesar di Indonesia dan kamu ingin menawarkan produk smartphone terbaru kepada subscribers kamu.

Kemudian kamu membuat video tentang unboxing dan review produk smartphone tersebut dengan tidak lupa mencantumkan link afiliasi kamu pada deskripsi video.

Jika subscribers kamu kemudian membeli smartphone tersebut melalui link afiliasi kamu, maka kamu akan mendapatkan komisi atas penjualan tersebut. Bayangkan jika dalam satu bulan saja kamu bisa menjual banyak produk melalui link afiliasi kamu, berapa banyak uang yang bisa kamu dapatkan dari video Youtube kamu.

4. Sponsor

Bukan tidak mungkin jika kamu mempunyai chanel Youtube yang berisikan video-video menarik dan viral, perusahaan-perusahaan akan menjadi sponsor kamu dalam pembuatan video kamu.

Atau kamu juga bisa bekerjasama dengan brand-brand yang sekiranya produknya berhubungan dengan video-video di chanel kamu.

Misalnya saja chanel kamu berisikan review dan informasi alat-alat musik, kamu bisa menjalin kerjasama dengan toko alat musik.

5. Jualan produk sendiri

Nah jika kamu masih bingung bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube, mengapa tidak mencoba untuk berjualan produk kamu sendiri saja?

Yang mungkin saat ini kamu mempunyai produk misalnya tas, sepatu, atau lainnya dan sudah menjualnya secara online melalui e-commerce atau marketplace.

Nah kini saatnya untuk membuat video tentang keunggulan produk-produk kamu tersebut dan mengunggahnya ke chanel Youtube kamu. Kamu bisa memberikan link pembelian pada deskripsi video kamu tersebut.


Kiat Sukses Mengelola Chanel Youtube


Melihat seorang Youtubers sukses bisa memacu kita untuk lebih fokus lagi dalam mengembangkan chanel Youtube.

"Tidak ada kesuksesan yang datang secara tiba-tiba,
Butuh kerja keras dan fokus untuk mencapai kesuksesan itu sendiri".

Kunci dalam membuat atau mengembangkan chanel Youtube agar populer adalah terletak pada konten video. Oleh karena itu perlu untuk membuat video yang menarik atau video tentang sesuatu yang sedang viral.

Kekurangannya dalam membuat konten video yang sedang viral adalah pesaingnya sangat banyak. Dengan topik pembahasan yang sama, maka akan saling berlomba-lomba dalam menjaring penonton dan subscribers.

Jika kita tidak terlalu menguasai materi yang sedang viral tersebut, maka hasilnya juga akan kurang maksimal. Oleh karena itu sebaiknya membuat chanel Youtube yang berisikan video dengan materi yang benar-benar kita kuasai atau sesuai dengan passion kita.

Dengan demikian juga akan membuat kita lebih enjoy dalam membuat konten-konten video. Selain itu juga perlu memikirkan hal yang jarang terpikirkan oleh orang lain agar video kita mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan pesaing lainnya.

Kuncinya adalah kreatif dan berpikiran out of the box. Jangan hanya terkungkung pada lingkup itu-itu saja. Oiya sebagai pertimbangan dalam memuat chanel, berikut topik atau jenis video yang banyak disukai diantaranya adalah :
  • Unboxing dan review suatu produk
  • Gaming
  • Tutorial
  • Konten viral
  • Ilustrasi dan infografis
  • Edukasi
  • Cara memasak
  • Dan lainnya.

Bagaimana dengan masalah edit videonya?

Sebenarnya sederhana saja yang penting hasil videonya jelas dan tidak blur. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus. Menggunakan smartphone juga tidak masalah, toh smartphone sekarang ini juga telah mempunyai kamera yang berkualitas bagus.

Atau jika kamu mahir dengan software edit video di laptop atau PC, kamu bisa memanfaatkan ketrampilan kamu tersebut untuk mengedit video kamu agar hasilnya lebih menarik lagi.

Bahkan jika kamu tidak familiar dengan software-software editing video pun tidak masalah. Kamu masih bisa melakukan editing video kamu hanya dengan menggunakan PowerPoint saja.

Dengan menggunakan PowerPoint juga bisa menghasilkan konten video yang berkelas layaknya profesional. Bisa gitu?

Bisa saja. Namun diperlukan ide se-kreatif mungkin untuk menghasilkan video-video menarik. tidak hanya tampilan thumbnail saja yang bagus, namun isi dari video itu sendiri juga harus berbobot dan mempunyai unsur pembelajaran.

Bagaimana jika tidak mempunyai laptop?

Smartphone punya kan? Mengapa tidak dimaksimalkan saja manfaatnya? Jadi dengan bermodal smartphone bisa untuk mengambil gambar untuk materi videonya. Untuk masalah editing-nya juga bisa menggunakan smartphone juga.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi edit video untuk Android dalam pengeditan video tersebut. Banyak aplikasi edit video yang bisa ditemukan di Playstore.

Pilihlah salah satunya yang terbaik menurut kamu, dan gunakan untuk menghasilkan konten video yang menarik sebelum mengunggahnya ke chanel youtube kamu.

Sahabat Kangagos, banyak jalan untuk mencapai kesuksesan termasuk juga jalan sukses menjadi Youtubers dan mendapatkan uang dari Youtube. Semoga bermanfaat.