Selasa, Agustus 31, 2021

Cara Hemat Kuota Internet Saat Nonton Youtube


Siapa sih yang nggak tahu platform Youtube? Semua pengguna smartphone pasti sudah tahu dengan platform berbagi video terbesar saat ini, dari anak-anak sampai orang dewasa. Terkadang saking serunya dalam menikmati konten favorit yang ada di Youtube, sampai lupa waktu sehingga tanpa terasa sudah-sudah berjam-jam memutar video demi video atau konten video secara live streaming.

Mungkin bagi pengguna wifi unlimited hal tersebut tidaklah menjadi masalah, namun bagi pengguna kuota internet selular tak jarang merasa kedodoran di paketan kuota internet saat menikmati konten video di Youtube. Serasa baru saja isi paket kuota internet namun tiba-tiba saja sudah habis tanpa sisa, pernah merasakan yang seperti itu bro?

Cara Hemat Kuota Saat Nonton Youtube

Bagi kamu yang sering bermasalah dengan paketan kuota internet saat ber-Youtube ria, kamu bisa menggunakan cara dibawah ini agar hemat kuota internet saat nonton Youtube. Karena YouTube telah menyediakan fitur yang bisa membantu pengguna untuk bisa lebih menghemat kuota data internet mereka saat menonton, yaitu dengan cara mengatur kualitas video konten yang ditayangkan. Silahkan baca juga banyak cara untuk bisa mendapatkan uang dari platform Youtube.

Nah, untuk mengatur mode hemat data itu, kamu bisa melakukannya dengan mudah yaitu hanya cukup membuka menu 'Pengaturan' dengan mengklik tombol tiga titik yang berada di bagian pojok kanan atas video yang tengah disaksikan. Selanjutnya akan ada tiga pilihan pengaturan yaitu Auto, Higher, dan Data Saver.


Jika yang kamu pilih adalah opsi "Auto", maka YouTube akan menampilkan tayangan video dengan kualitas terbaik berdasarkan kecepatan koneksi data internet yang kamu gunakan. Semakin cepat koneksi internet kamu maka kamu akan diberikan kualitas video yang terbaik, imbasnya data kuota internet kamu juga akan cepat terkuras habis.

Namun saat koneksi internet kamu melambat, maka kualitas video Youtube yang kamu dapatkan juga diturunkan atau disesuaikan dengan kondisi koneksi data yang kamu miliki. Misalnya seperti ini, video YouTube yang sebelumnya secara default ditayangkan dalam kualitas high definition (720p ke atas), secara otomatis akan diturunkan apabila adanya gangguan koneksi internet.

Sedangkan jika dipilih adalah opsi 'Higher', apabila pengguna ingin YouTube menampilkan video beresolusi tinggi. Itu artinya jika memilih opsi 'Higher' maka kuota yang dihabiskan akan lebih besar karena video beresolusi tinggi.

Untuk menghemat kuota internet, kamu bisa memilih opsi 'Data Saver' yang akan menampilkan tayangan video dengan kualitas paling rendah mulai dari 144p dan maksimal 480p. Semakin rendah resolusi yang ditampilkan maka semakin irit penggunaan data, namun kualitas videonya juga tidak jernih banget ya bro. Lebih lengkapnya cara hemat kuota internet saat nonton Youtube adalah sebagai berikut :

  • Saat sedang menonton video, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas tampilan layar
  • Klik opsi "Quality". Di sini ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Pilihan default biasanya adalah "Auto" yang akan menampilkan kualitas video sesuai kecepatan koneksi internet pengguna, tapi bisa boros kuota data
  • Untuk menghemat pemakaian data, pilih opsi "Data saver" yang akan menyajikan gambar berkualitas lebih rendah, tapi lebih irit kuota
  • Anda juga bisa memilih opsi "Advanced" untuk memilih sendiri tingkat resolusi yang diinginkan. Semakin rendah, maka kualitasnya semakin turun, namun konsumsi datanya semakin sedikit pula.

Selain lewat video yang sedang ditonton, Anda juga bisa mengatur preferensi kualitas video lewat opsi "Video quality preferences", caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka laman beranda aplikasi YouTube
  • Klik ikon profil yang ditandai foto pengguna di pojok kanan atas layar
  • Klik "Settings", lalu pilih "Video Quality Preferences"
  • Di sini pengguna bisa memilih preferensi kualitas video berdasarkan jenis sambungan internet. Misalnya, pengguna dapat memilih untuk hemat kuota saat menggunakan internet seluler, serta menonton video dengan kualitas lebih tinggi ketika tersambung ke jaringan Wi-Fi.