Senin, September 27, 2021

Dampak Begadang Bagi Kesehatan


Halo sobat Kangagos dimanapun berada, semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat ya. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan kebersihan ya, agar kita dan orang-orang tercinta senantiasa sehat dan bugar.

Nah sobat, apakah selama ini mempunyai kebiasaan tidur terlalu larut malam? Entah itu karena menyelesaikan tugas kuliah atau tuntutan pekerjaan, nongkrong di warungkopi bareng teman-teman, atau bisa jadi karena alasan yang lainnya.

Nongkrong bareng teman satu server sambil menikmati hangatnya kopi, ngobrol kesana kemari atau juga sambil mengerjakan sebuah project bisa membuat lupa waktu. Begitu tersadar waktu sudah larut malam namun kantuk tak kunjung datang.

Kebiasaan begadang bisa bermula dari hal-hal seperti contoh tersebut di atas, akibatnya waktu tidur menjadi berkurang di setiap harinya yang mana seorang dewasa normalnya butuh tidur selama kurang lebih tujuh hingga sembilan jam setiap hari. Sedangkan pada usia anak-anak memerlukan waktu tidur selama 10 hingga 13 jam setiap hari.

Perlu diketahui bahwa pada saat kita tidur, tubuh akan bekerja untuk memperbaiki kondisi fisik dan mental. Terlebih pada usia remaja, di saat tidur tubuh akan melepas hormon pertumbuhan yang mana hormon inilah yang akan membangun massa otot serta juga memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Susah Tidur

Kurang tidur tidak hanya dikarenakan begadang saja, namun ada beberapa orang yang mengalami susah tidur atau insomnia. Insomnia adalah gangguan pada penderitanya sehingga akan mengalami kesulitan untuk tidur.


Dengan demikian waktu tidur praktis akan berkurang juga. Untuk mencegah terhindar dari insomnia bisa dengan cara antara lain seperti ini :

  • Makan malam jangan terlalu kenyang
  • Tidak/mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan juga kafein
  • Terlalu sibuk dengan gadget seperti laptop, smartphone dan televisi
  • dan lainnya

Dengan kondisi tubuh yang kurang tidur, maka akan timbul berbagai efek yang menyertainya dan juga bisa membuat kondisi fisik dan mental menjadi lebih buruk.

Dampak Begadang Bagi Kesehatan

Teringat pesan dari Bang Haji Rhoma Irama dalam salah satu lagunya yang menyebutkan bahwa "Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya. Begadang boleh saja kalau ada perlunya."

Begadang sih boleh saja kok asal nggak terus-terusan, dan kalau harus begadang itu juga untuk kegiatan positif ya bro. Karena jika waktu tidur selalu kurang setiap harinya, tentu akan banyak dampak negatif yang timbul, seperti berikut ini :

1. Susah berkonsentrasi

Dampak begadang bagi kesehatan yang pertama adalah akan susah berkonsentrasi karena fungsi otak akan terganggu sehingga akan dapat menurunkan kemampuan nalar untuk berpikir dan memecahkan suatu permasalahan.

Tak hanya itu saja, kurang tidur juga dapat menurunkan daya ingat seseorang. Jadi bahaya kan jika ini terjadi pada pelajar atau mahasiswa, kan jadi susah belajar ya bro. Belum lagi rasa kantuk yang menyerang seharian akan semakin membuat susah untuk berkonsentrasi.

2. Memicu Obesitas

Begadang seringkali akan terasa lapar yang akhirnya mengonsumsi makanan atau cemilan yang berlebihan. Imbasnya adalah berat badan yang cenderung naik, ditambah lagi akan kurang berolahraga.

Kurangnya tidur akibat begadang adalah timbulnya rasa lapar yang terus menerus dan biasanya teman untuk begadang adalah minum kopi panas yang artinya akan meningkatkan asupan kafein ke dalam tubuh. Jika kamu sedang menjalani program diet, sebaiknya hindari begadang yang terus-terusan ya.

3. Mata Panda dan gangguan pada mata

Dampak begadang selanjutnya adalah bisa menyebabkan mata bengkak dan munculnya mata panda, yaitu lingkaran gelap di sekitar mata yang muncul akibat dari pelebaran pembuluh darah yang ada di balik kulit mata yang tipis. Kondisi kurang tidur akibat begadang menjadi penyebab utama terjadinya mata panda.

Bisa dibayangkan ketika begadang hanya untuk bermain games di smartphone atau laptop yang menuntut mata harus menatap layar gadget secara terus menerus sehingga akan mengurangi kadar oksigen untuk mata.

Cahaya yang dipancarkan dari gadget juga bisa merusak mata dan membuat pembuluh darah di area tersebut melebar dan terlihat merah. Maka tak jarang jika merasakan mata perih, dan kedutan secara tidak sengaja yang mengindikasikan adanya gangguan saraf dan ini biasanya berlangsung selama beberapa menit bahkan jam.

4. Kulit terlihat kusam

Keseringan begadang juga berdampak pada kulit yang mana akan timbul garis-garis penuaan halus di wajah dan menjadikan kulit terlihat kusam dan pucat.

Kurang tidur akibat begadang bisa membuat hormon kortisol (hormon stres) dilepaskan dalam jumlah yang lebih banyak. Hormon ini bersifat memecah kolagen pada kulit, padahal kolagen adalah protein yang membuat kulit lebih kencang dan elastis.

5. Depresi

Terlalu sering begadang juga dipercaya dapat berpengaruh kepada kondisi mental karena adanya peningkatan kadar hormon kortisol yang menyebabkan tubuh mengalami peradangan.Hal tersebut daat menimbulkan stres, depresi dan rasa cemas yang diakibatkan oleh kurangnya waktu tidur malam yang biasanya kurang dari enam jam.

6. Sakit kepala

Tak jarang jika kurang tidur akan mudah terserang sakit kepala keeseokan harinya saat sedang beraktifitas. Dan bisanya yang dikeluhkan adalah sakit kepala yang hanya pada satu bagian saja atau migrain.

Migrain atau sakit kepala sebelah tersebut bisa muncul karena adanya ketidakseimbangan kadar serotonin juga mampu membuat pembuluh darah menyempit serta aliran darah menuju otak menjadi tidak lancar. Baca juga cara menghindari serangan vertigo.

Dari pendapat para ahli, bahwa dalam tubuh terdapat zat serotonin yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur, serta memiliki pengaruh dengan gejala sakit kepala. Jika kadar zat tersebut terganggu, maka penderita akan bisa mengalami masalah tidur seperti insomnia. Silahkan baca juga inilah manfaat lari pagi.

7. Ancaman penyakit

Begadang menjadi penyebab sejumlah masalah berbahaya bagi tubuh. Beberapa penyakit yang membahayakan tubuh akibat begadang, antara lain:

  • Serangan jantung
  • Gagal jantung
  • Stroke
  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Peningkatan detak jantung
  • Tekanan darah tinggi

Nah bro, itulah beberapa dampak begadang bagi kesehatan oleh karenanya jangan sering-sering begadang ya. Setidaknya setiap harinya bisa dipenuhi kebutuhan waktu tidur yaitu kurang lebih tujuh hingga delapan jam agar tubuh tetap sehat dan bugar.