Manfaat Lari Pagi Untuk Kebugaran Tubuh


Manfaat Lari Pagi Untuk Kebugaran Tubuh - Olahraga lari merupakan salah satu jenis olahraga yang murah meriah karena tidak diperlukan perlengkapan dan peralatan tambahan secara khusus. Kalaupun memerlukan perlengkapan tambahan bisa berupa sepatu yang berguna untuk melindungi kaki dari ragam kondisi jalanan yang dilewati, itupun tidak harus sepatu khusus untuk lari. Yang utama dalam melakukan olahraga lari pagi adalah tekad dan semangat yang kuat terutama bagi kamu yang susah bangun pagi.

Olahraga lari pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja baik pagi, siang, sore maupun malam tergantung dari waktu luang yang tersedia. Namun jika dilakukan di pagi hari adalah berkesempatan untuk menghirup udara yang masih bersih dan segar yang tentunya tidak ditemukan di waktu-waktu lainnya.

Olahraga lari pagi bisa dilakukan sebelum melakukan aktifitas harian seperti sekolah, kuliah atau kerja. Oleh karena itu mengingat waktu terbatas (kecuali pada hari libur) maka tidak perlu berlari dalam jarak yang jauh atau waktu yang lama, yang penting adalah rutin untuk melakukannya.

Di masa new normal akibat pandemi virus corona, olahraga lari ini bisa menjadi alternatif untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar karena bisa dilakukan secara sendiri atau bersama keluarga saja sehingga tetap bisa menjalankan protokol kesehatan yang berlaku.

Manfaat Lari Pagi

Bangun pagi adalah sebuah tantangan tersendiri untuk melakukan lari pagi. Jika sampai saat ini kamu merasa susah untuk bangun pagi, bisa untuk segera membiasakannya dan melanjutkan dengan lari pagi. Mungkin waktu pertama kalinya akan terasa berat dan susah, namun jika terus membiasakan dan sudah menjadi kebiasaan maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah lagi.

Sebagai penyemangat agar bisa bangun pagi dan lari pagi adalah dengan mengetahui manfaat lari pagi untuk kebugaran tubuh. Dengan mengetahuinya maka akan bisa dijadikan sebagai motivasi agar bangun pagi terasa sangat ringan dan menyenangkan. Bicara soal manfaat lari pagi, kira-kira apa saja ya? Mari kita simak berikut ini :


1. Menyehatkan paru-paru

Udara pagi adalah udara yang bersih dan segar dan bebas polusi karena belum tercemar. Udara pagi juga kaya akan kandungan oksigen yang sangat bagus untuk tubuh. Saat berlari maka frekuensi kita dalam bernafas akan semakin cepat sehingga otomatis akan menghirup udara yang kaya akan oksigen lebih banyak ke dalam tubuh. Sehingga dengan demikian maka dengan berlari pagi dapat membuat kondisi paru-paru menjadi lebih sehat.

2. Menyehatkan jantung

Tanpa disadari saat berlari ternyata tidak hanya dapat meningkatkan kekuatan otot-otot kaki saja, namun juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Hal tersebut karena dalam berlari jantung juga akan meningkatkan aktifitasnya dalam memompa darah untuk memenuhi oksigen dan kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Nah jika lari pagi ini sudah menjadi rutinitas atau kebiasaan maka jantung akan menjadi lebih sehat karena dapat terus dilatih sehingga dapat bekerja dengan lebih baik lagi.

Selain itu manfaat lari pagi dapat menghindarkan kita dari ancaman penyakit seperti penyakit jantung dan stroke karena dengan lari pagi dapat membantu meluruhkan dan menghilangkan endapan-endapan kolesterol yang mungkin saja menumpuk pada pembuluh darah.

3. Sistem pernafasan menjadi sehat

Perlu diketahui bahwa pada saat lari pagi kapasitas paru-paru akan semakin membesar dan juga otot pernapasan akan menjadi lebih kuat sehingga sistem pernafasan akan dapat menjadi lebih sehat. Terkait dengan hal ini maka manfaat lari pagi sangat baik bagi para penderita penyakit saluran pernafasan seperti PPOK, asma, bronkhitis dan lainnya.


4. Memperkuat otot

Terkadang kaki akan terasa pegal dan sakit setelah melakukan jalan kaki yang cukup jauh. Namun hal tersebut bisa dihindari dengan membiasakan olahraga lari pagi. Karena jika otot sering dilatih seperti lari pagi maka kemampuan otot akan meningkat dan massa otot akan lebih padat. Oleh karenanya sangat penting untuk menjadikan lari pagi ini sebagai rutinitas setidaknya selama 30 menit dan akan lebih baik jika dilakukan setiap hari.

5. Menyehatkan tulang

Dalam berlari tidak hanyak kaki saja yang bergerak namun hampir semua bagian tubuh ikut beraktifitas. Sama seperti otot, tulang jika terus dilatih maka akan menjadi kuat dan sehat serta membantu regenerasi sel-sel tulang sehingga tulang akan lebih padat dan kuat. Dengan lari pagi juga membantu tulang untuk menerima asupan vitamin D yang berasal dari sinar matahari pagi sehingga akan menghindarkan dari pengapuran dan tulang keropos.

Nah sekarang sudah tahu manfaat lari pagi kan, jadi apakah akan tetap meneruskan berselimut di pagi hari? Tentu tidak ya, demi kesehatan dan kebugaran tubuh pasti akan tergoda untuk segera membiasakan diri berolahraga lagi. Salam sehat selalu.