Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android




Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Android - Mungkin sahabat Kangagos ketika melihat tayangan di televisi atau di Youtube pernah berpikir bagaimana cara membuat video yang keren, unik, dan menarik ya? Apakah untuk menghasilkan video berkelas layaknya profesional harus menggunakan peralatan yang mahal dan canggih? Apakah melalui proses editing video yang sangat rumit?

Peralatan Edit Video


Sahabat Kangagos, peralatan editing video seperti kamera DSLR atau mirrorless, laptop dengan spesifikasi tinggi, software editing yang pro dan mahal, tidak akan berarti apa-apa jika tidak disertai dengan ide-ide kreatif.

Jadi yang sangat diperlukan dalam membuat video adalah ide-ide segar dan kreatif. Inilah yang sebenarnya yang dikatakan mahal itu. Peralatan bisa ditiru, namun ide kreatif dan menarik pada dasarnya tergantung dari masing-masing individu.

Apalagi jaman sekarang dimana teknologi canggih, proses editing video bisa dilakukan secara mobile menggunakan smartphone Android. Bersyukurlah jika kamu merupakan orang yang kaya akan ide-ide kreatif, bermodalkan smartphone Android kamu bisa menghasilkan video-video yang menarik dan profesional.

Sudah banyak yang telah sukses mendapatkan uang dari Youtube, mungkin sahabat Kangagos adalah salah satunya. Kesuksesan tersebut menandakan video yang diupload di Youtube tersebut menarik minat banyak orang untuk menontonnya. Bukan video asal-asalan yang tiada manfaat sama sekali.

Nah, bagi sahabat Kangagos yang saat ini ingin mengembangkan hobi sebagai Vlogger atau Youtubers tidak usah galau dan risau terkait dengan peralatan yang dimiliki. Segeralah berkreasi dengan kamera smartphone kamu untuk berbagi hal-hal yang bermanfaat melalui video.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi edit video terbaik untuk Android agar hasil video kamu jadi lebih jernih, sinematis, bak garapan profesional. Hmmm, penasaran aplikasi apa saja sih yang bisa mengolah file video sehingga bisa jadi lebih bagus?

Aplikasi Edit Video


Sahabat Kangagos yang saat ini ingin mencari aplikasi edit video yang terbaik untuk Andorid, beberapa aplikas terbaik dibawah ini bisa menjadi referensinya, yaitu :

1. KineMaster - Video Editor

KineMaster merupakan aplikasi edit video yang populer untuk pengguna smartphone Android. Menurut Kangagos aplikasi ini ramah untuk pemula, mudah dipelajari, dan mudah juga dalam pengoperasiannya.

Namun kendati demikian fitur-fitur yang ada pada aplikasi edit video KineMaster ini tidak bisa diremehkan begitu saja. Fitur-fitur edit videonya sangatlah lengkap, canggih, dan lebih dari cukup untuk mengakomodir kebutuhan kamu.

Dengan aplikasi KineMaster kamu dapat memuat video dengan hasil yang bagus layaknya profesional yang cocok untuk diupoad di sosial media ke Youtube.



Hal tersebut karena pada KineMaster terdapat fitur terkini seperti impor untuk menambahkan beberapa video, gambar, teks. Disamping itu juga kamu bisa menambahkan backsound musik, memotong klip, mengatur volume, warna, dan masih banyak lagi lainnya. Proses editing juga ditampilkan pada storyboard yang komunikatif.

Oiya, KineMaster ini juga bisa digunakan untuk mengganti video background kamu dengan menggunakan greenscreen, tentunya dengan fitur chroma key. Jadi aplikasi edit video ini cocok buat kamu yang ingin membuat video tutorial atau video gaming gitu.

KineMaster terdapat dua versi yaitu gratisan dan berbayar. Kekurangannya jika kita menggunakan yang versi gratisan adalah akan terdapat watermark pada video hasil editannya. Namun ini bukan merupakan masalah besar lah ya, yang penting kan konten video nya keren, bagus, dan berbobot ya.

Hasil editan videonya juga bisa langsung di share di sosial media dengan mudah karena KineMaster sudah menyediakan fitur sharing-nya.

2. FilmoraGo - Free Video Editor

FilmoraGo merupakan aplikasi edit video besutan dari Wondershare, yang sebelumnya telah terkenal sebagai pengembang software edit video profesional untuk laptop atau PC.

Tidak mau kalah dengan KineMaster, FilmoraGo juga hadir dengan segudang fiturnya yang bermanfaat dalam hal editing video secara mobile. Penggunanya juga semakin bertambah dari hari ke hari.



FilmoraGo cocok untuk digunakan proses edit video yang akan diunggah ke Instagram atau Youtube, misalnya dengan menggunakan rasio 1:1 untuk Instagram dan 16:9 untuk Youtube.

Fitur unggulan yang bisa digunakan antara lain tersedia pilihan tema, transisi yang menarik, menambahkan tulisan, slow motion, menambahkan backsound musik, dan fitur menarik lainnya.

Seperti KineMaster, hasil editing video kamu bisa langsung di share ke media sosial kamu atau juga dapat disimpan di memori smartphone saja.

3. VivaVideo - Video Editor & Photo Movie

Aplikasi edit video yang satu ini cocok digunakan oleh siapa saja, termasuk juga untuk para pemula dibidang editing video.

Yap, aplikasi Viva Video ini memang cukup mudah dalam penggunaan dan pengoperasiannya sehingga kamu bisa membuat video kamu makin keren dan menarik.

Dalam melakukan proses editing, kamu dimudahkan dengan adanya storyboard yang komunikatif, serta terdapat ratusan filtering yang bisa kamu gunakan secara gratis.


Ingin memperlambat atau mempercepat video, menambahkan teks, meracik dengan beragam efek, menggabung atau memotong klip video, semuanya bisa kamu lakukan dengan menggunakan aplikasi edit video yang satu ini.

Seperti pada KineMaster, untuk menghasilkan video tanpa adanya watermark kamu harus menggunakan aplikasi Viva Video yang versi berbayar.

4. PowerDirector - Video Editor App, Best Video Maker

Lupakan bahwa untuk menghasilkan video yang keren itu harus menggunakan laptop dan dengan cara yang rumit. Karena aplikasi edit video PowerDirector ini siap digunakan untuk proses editing secara mobile.

Fitur dari aplikasi ini terbilang sangat lengkap, bahkan banyak Vlogger maupun Youtubers juga menyarankan untuk menggunakan aplikasi PowerDirector ini.



Selain sudah support greenscreen, aplikasi ini bisa juga untuk mengolah video seperti menambahkan dan menggabungkan beberapa video, memberikan efek-efek keren, menambahkan stiker, backsound, slow motion, dan fitur-fitur keren lainnya.

Oiya kemampuan aplikasi edit video PowerDirector bisa juga untuk format 4K, jadi hasil editing video kamu akan tetap cling dan menarik orang lain untuk menyaksikannya.

Penggunaan PowerDirector juga bisa dipahami dengan cepat, sehingga kamu hanya perlu waktu sebentar saja untuk terbiasa menggunakan aplikasi dalam mengedit video kamu. Namun jika kamu sudah menguasainya, kamu akan dengan mudah menghasilkan video-video berkelas yang profesional.

5. Adobe Premiere Clip

Nah mungkin diantara kamu sudah tidak asing dengan nama besar Adobe ya. Dan sekarang Adobe tidak hanya mengkhususkan diri untuk software-software PC saja, karena kini juga telah merambah mobile.

Salah satu produknya adalah aplikasi edit video Adobe Premier Clip yang bisa kamu temukan di Playstore. Aplikasi ini membantu kamu untuk melakukan editing video yang kamu miliki.


Penggunaan dari aplikasi ini juga terbilang praktis dan mudah karena sudah tersedia fitur editing secara otomatis, jadi kamu tinggal masukkan file video atau foto dari galeri smartphone kamu saja.

Meskipun sudah diracik secara otomatis, namun kamu juga bisa menambahkan efek, transisi, background musik, dan fitur lainnya dalam proses editing video. Meskipun begitu aplikasi ini sangat ringan lho untuk dijalankan di smartphone Android.

Nah dengan aplikasi Adobe Premier Clip ini ide-ide kreatif kamu bisa kamu tuangkan dalam bentuk video menarik dan keren. Selain aplikasi edit video kamu juga bisa mendapatkan referensi aplikasi edit foto terbaik untuk perangkat Android.

Jadi, aplikasi edit video mana yang menjadi favorit kamu?


Pastinya diantara aplikasi-aplikasi diatas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing ya. Namun aplikasi edit video ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin menekuni dunia editing video secara mobile. Semoga bermanfaat.