Aplikasi Android Untuk Membuat Konten Animasi


Hidup di era serba digital mengharuskan kita tanggap terhadap segala perubahan teknologi informasi. Karena jika kita menutup diri terhadap perkembangan jaman, maka akan menimbulkan kerugian diri sendiri yang menjadi gaptek. Terlebih lagi di era seperti ini, dituntut untuk meningkatkan dan menciptakan kreatifitas serta ide-ide baru yang fresh.

Disini kita bisa menggali potensi, minat dan bakat diri sendiri agar bisa lebih menghasilkan karya yang bermanfaat. Tidak perlu peralatan yang mewah dengan harga yang fantastis, karena dengan smartphone kita pun sudah bisa menghasilkan karya sesuai dengan ketrampilan yang kita miliki.

Misalnya saja sahabat Kangagos mempunyai ketertarikan di bidang musik, kamu bisa membuat dan menghasilkan karya musik digital dengan bantuan aplikasi pembuat musik di Android. Jika kamu tertarik dengan fotografi, kamu bisa menghasilkan foto-foto menawan dengan hanya dengan smartphone yang kamu miliki.

Nah jika tertarik dengan dunia animasi, kamu juga bisa memanfaatkan smartphone untuk menghasilkan karya-karya animasi seperti animasi untuk video klip, animasi film kartun dan lain sebagainya.

Konten Animasi

tampilan film kartun semakin lama semakin menarik dengan tokoh-tokoh dan latar belakang yang terlihat nyaman di mata serta seperti asli. Contoh animasi kartun yang Kangagos sukai adalah Ipin dan Upin, Adit Sopo Jarwo, dan film full animasi Stand by Me Doraemon.


Coba saja perhatikan, sangat menarik kan gambarnya. Juga dukungan isi cerita yang penuh makna dan pesan positif, jadi enak mengikuti alur ceritanya. Lalu bagaimana sih cara membuatnya?

Tentu kemampuan menggambar akan sangat mendukung untuk pembuatan konten animasi. Selain itu juga peralatan yang mumpuni, ruangan atau studio untuk mengisi suaranya. Hmmm, pasti mahal ya sarana dan pra sarananya.

Yang mahal itu sebenarnya adalah ide, kreatifitas dan kemauan. Rasanya akan menjadi mubazir jika mempunyai peralatan lengkap namun miskin ide dan kreatifitas serta tidak adanya kemauan untuk take action.

Nah jika belum mempunyai peralatan pendukung, sementara lupakanlah dulu karena dari sisi harga juga butuh anggaran yang besar. Untuk langkah awal memulai proyek ini, kita manfaatkan saja aplikasi Android untuk membuat konten animasi.

Aplikasi Android Untuk Membuat Konten Animasi

Jika memang animasi sangat mengusik jiwa kreatifitasmu dan ingin segera menuangkan ide-ide brilian kamu dalam sebuah karya animasi, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Android untuk membuat konten animasi seperti yang kamu inginkan.

Di Google Playstore terdapat banyak aplikasi pembuat animasi yang bisa kamu gunakan. Agar tidak bingung dalam memilihnya, Kangagos telah memilihkan beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menggarap proyek animasi, diantaranya adalah sebagai berikut :

Draw Cartoons 2

Aplikasi ini selain tersedia untuk perangkat Android juga ada untuk perangkat iPhone. Dengan menggunakan aplikasi Draw Cartoon 2 ini kamu bisa menyalurkan hobi menggambar yang kamu miliki.


Aplikasi ini memudahkan dalam pembuatan karakter hingga menerbitkan karya yang sudah jadi, sehingga akan sangat membantu sekali. Adapun fitur yang ditawarkan oleh aplikasi animasi Draw Cartoon 2 antara lain adalah sebagai berikut :

  • Penggunaan keyframes menjadikan hasil animasi terlihat lebih halus
  • Terdapat pustaka items dan karakter
  • Bisa menambahkan musik atau voice-over dari tokoh animasi
  • Tersedia template untuk membuat karakter
  • Tersedia beragam format file video

Melalui aplikasi Draw Cartoons 2, kamu bisa membuat atau menciptakan berbagai karakter yang kamu sukai dengan langkah awal adalah dengan menggambarnya terlebih dahulu melalui tools yang tersedia.

Dengan menggunakan aplikasi ini bisa menjadi media untuk melatih kemampuan dalam menggambar sehingga insting untuk menciptakan karakter animasi akan terus berkembang. Dalam hal animasi, kemampuan menggambar yang baik tentu akan dapat menciptakan karakter atau animasi yang bagus pula.

Beruntungnya di aplikasi ini mampu mengkonversi berbagai gambar meskipun gambar sederhana ke dalam bentuk video. Sehingga ketika proyek kamu sudah selesai, kamu bisa mengkonversinya ke dalam bentuk file video yang kamu inginkan dan bisa langsung membagikannya ke sosial media.

FlipaClip

Mungkin selama ini ide untuk menciptakan suatu karakter atau untuk menghasilkan karya animasi hanya berputar-puter saja di dalam kepala. Namun kini kamu bisa segera mewujudkannya dengan memanfaatkan aplikasi animasi FlipaClip.

Aplikasi pembuat video animasi ini bisa digunakan untuk membuat video klip animasi yang dapat menyesuaikannya berdasarkan prinsip frame-by-frame. Adapun fitur yang ditawarkan adalah sebagai berikut :

  • Timeline animasi
  • Tools teks dan drawing
  • Beberapa drawing layers
  • Pustaka audio
  • Pengecekan before and after frames
  • Pressure sensitive pen support
  • Membuat video animasi yang dapat langsung dibagikan ke media sosial

Di kalangan pengguna perangkat Android, aplikasi animasi FlipaClip memang tergolong sangat populer. Hal tersebut bisa jadi disebabkan karena penggunaanya yang mudah dan juga hasilnya yang bagus, meskipun ini sifatnya ke pribadi masing-masing ya.

Aplikasi FlipaClip besutan Visual Blasters LLC ini memungkinkan pengguna untuk membuat animasi dengan tahap frame by frame. Jika kamu pengguna baru yang masih bingung cara menggunakannya, kamu bisa mengikuti petunjuk tutorialnya. Oiya aplikasi ini juga tersedia untuk perangkat iPhone.

Fitur yang sangat menarik pada aplikasi ini diantaranya adalah penunjuk waktu animasi, Onion Layer, pengatur frame, dan masih banyak lagi bisa membantu dalam menghasilkan karya animasi yang keren.

Penggunaan aplikasi animasi FlipaClip akan terasa lebih mudah jika kamu menggunakan smartphone yang sudah mendukung penggunaan Pen Stylus seperti Samsung Galaxy Note karena dapat memudahkan dalam menggambar karakter animasi. Namun jika tidak punya, tidak menyurutkan langkah untuk menciptakan video animasi yang menarik kan?

PicsArt Animator: GIF & Video

Pengguna perangkat Android tentu sudah familiar dengan aplikasi edit foto yang salah satunya adalah PicsArt. Nah ternyata aplikasi PicsArt juga mempunyai versi animator yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat animasi lho.

Yup setelah sukses dengan aplikasi edit foto yang dibuatnya yaitu PicsArt, kemudian pengembang menciptakan aplikasi PicsArt Animator yang dapat membantu kamu dalam membuat video animasi dan kartun sederhana.


Dengan aplikasi PicsArt Animator ini, kamu bisa video animasi selfie, membuat stiker animasi dengan gerakan yang dapat dikostumisasi, atau membuat emoji yang sesuai dengan keinginan serta masih banyak lagi.

Tidak diperlukan ketrampilan menggambar secara khusus karena dengan aplikasi ini kamu bisa memanfaatkan tools-tools seperti duplikasi frame yang telah tersedia untuk menunjang kreativitas para animator pemula. Meskipun hasilnya berupa animasi sederhana namun tetap keren dan menarik untuk dinikmati.

Animate It

Aplikasi pembuat animasi Animate It sangat memudahkan pengguna dalam menggambar menggunakan jari baik di smartphone maupun tablet. Menciptakan dan mengedit karakter animasi buatan kamu akan menjadi lebih praktis dengan bantuan berbagai tools handal yang telah disederhanakan.

Dengan aplikasi animasi Animate It kamu bisa membuat animasi dalam bentuk tiga dimensi (3D). Hilangkan pikiran rumit saat ingin membuatnya ya, karena untuk menggambar obejk 3D di aplikasi ini sudah disediakan deretan karakter 3D yang bisa kamu pilih. Nah setelah memilih karakter yang cocok, kamu juga bisa menambahkan beragam bentuk objek seperti boneka, topi dan lainnya agar terlihat lebih menarik.

Sebelum menerbitkan hasil karyamu, kamu bisa melakukan mengedit dan preview terlebih dahulu agar hasilnya lebih keren dan menarik. Kamu juga bisa menambahkan video animasi dari objek yang kamu buat hingga 32 frame. Adapun ftur yang ditawarkan aplikasi animasi Animate It antara lain :

  • Membuat dan mengedit klip animasi dengan kapasitas hingga 32 frame/clip
  • Mirroring, reset, copy and paste pose
  • Frame ghost tool
  • Menambahan user skins
  • Beragam pilihan properti

Animation Desk

Aplikasi animasi Animation Desk merupakan salah satu aplikasi terbaik di Android untuk membuat konten animasi karena mempunyai fitur yang cukup lengkap. Fitur yang disematkan sangatlah bermanfaat bagi kalangan pemula hingga tingkat mahir.

Untuk membuat video animasi menggunakan aplikasi Animation Desk ini kamu harus menggambar suatu objek atau membuat sketsa karakter yang ingin kamu jadikan animasi, misalnya gambar orang, hewan atau yang lainnya.

Dalam menggambar animasi ini kamu bisa memanfaatkan tools yang tersedia seperti menggunakan alat yang biasa digunakan untuk melukis atau menggambar seperti pensil, krayon, pena, tiga jenis kuas dan penghapus.


Setelah itu kamu bisa mengatur tata letak objek frame by frame sesuai runtutan cerita yang kamu buat. Disini kamu juga bisa menambahkan gerakan serta mengatur frame rate animasi sesuai dengan keinginan kamu. Untuk kecepatan frame rate-nya, kamu bisa menyesuaikannya mulai dari angka 3fps ke 24fps (frame per detik).

Stick Nodes: Stickman Animator

Selanjutnya aplikasi Android untuk membuat konten animasi adalah aplikasi Stick Nodes: Stickman Animator. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu pecinta figur stickman. Dengan aplikasi ini kamu bisa menciptakan tokoh sederhana dengan menggunakan komposisi garis yang dibuat dengan menggunakan Stick Nodes.

Hasil video animasi buatan kamu melalui aplikasi Stick animation bisa langsung di export dengan format MP4 atau GIF dalam hitungan menit saja. Aplikasi animasi ini menawarkan fitur-fitur yang cukup menarik seperti :

  • Auto frame-tweening untuk hasil animasi yang lebih smooth secara instan
  • Membuat film fantastis pasti bisa dengan tambahan sound effect langsung ke frame animasi
  • Tambahkan efek sinematik dengan kamera virtual untuk fungsi zooming dan gambar bergerak
  • Tools gradient colors untuk efek stick figure yang lebih nyata
  • In-frame text
  • Tampilan aplikasi yang bersih dan mobile-friendly

Sebagai salah satu aplikasi animasi terbaik di Andorid, Stick Nodes: Stickman Animator bisa kamu gunakan untuk menciptakan sebuah video animasi stickman dengan berbagai karakter seperti animasi sedang bertarung dengan gaya yang keren dan menarik.

Untuk menambah daya tarik dari animasi yang kamu buat, kamu juga bisa memasukkan berbagai efek suara kedalam video animasi tersebut. Misalnya saja jika kamu membuat video animasi sebuah pertarungan, kamu bisa memasukkan efek suara berupa suara pukulan atau suara orang yang terjatuh. Mantap kan.

Untuk menyempurnakan animasi buatan kamu, jangan terburu-buru untuk segera menerbitkannya, karena di aplikasi ini sudah tersedia fitur preview dan juga redo dan undo.

Nah setelah yakin proyek sudah selesai kamu bisa menyimpannya dalam bentuk file MP4 maupun GIF. Kamu juga bisa lebih berkeasi dengan memadukan video animasi yang kamu hasilkan dengan aplikasi editing video untuk Android.

Sahabat Kangagos, tidak perlu perangkat dan peralatan yang mewah untuk bisa menghasilkan karya. Dengan peralatan sederhana yang kita miliki seperti smartphone saja sudah bisa menghasilkan sebuah karya yang tidak menutup kemungkinan juga bisa mendatangkan penghasilan.

Beberapa aplikasi Android untuk membuat konten animasi diatas bisa kamu manfaatkan untuk menyalurkan hobi dan juga ide kreatifitas kamu yang selama ini terpendam. Kamu juga bisa memonetisasi hasil karya animasi yang kamu buat tersebut untuk menambah pundi-pundi rekening tabungan. Tertarik?