Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro, Pilih Mana?


Kabar gembira datang dari Xiaomi yang telah meluncurkan produk smartphone terbarunya yaitu Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Menariknya, kedua smartphone tersebut disebut-sebut sebagai smartphone gaming. Nah jika sahabat Kangagos sangat suka dengan mobile gaming tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan untuk meminangnya.

Peluncuran kedua smartphone ini menurut Alvin Tse yang merupakan Country Director Xiaomi Indonesia menyasar kepada generasi muda yang hobi main game atau sangat dekat dengan aktifitas mobile gaming. Untuk itu Xiaomi bekerjasama dengan Bigetron yang merupakan salah satu tim eSport di Indonesia.

Redmi Note 9 Atau Redmi Note 9 Pro?

Smartphone Xiaomi dikenal sebagai smartphone yang mempunyai fitur melimpah dan kekinian namun dengan harga yang terjangkau. Kedua smartphone ini mempunyai desain yang lebih fresh dibandingkan dengan pendahulunya. Keluarga seri 9 ini juga bertambah dengan hadirnya Xiaomi Redmi 9C


Jika dilihat secara sekilas keduanya memang nampak mirip dengan tampilan depan terdapat dot display, sedang pada bagian belakang terdapat empat kamera belakang yang terpasang secara simetris pada modul persegi.

Keduanya mengaplikasikan sistem operasi Android 10 dengan ditambah polesan tampilan antarmuka MIUI 11 sehingga memberikan pengalaman pengguna yang bagus. Untuk menambah ketahanan smartphone, keduanya sudah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 5.

Fitur lain yang cukup menarik adalah adanya fitur IR blaster sehingga smartphone ini bisa dijadikan remote control untuk peralatan rumah tangga seperti televisi, AC dan lainnya.

Nah untuk mendukung keperluan pekerjaan atau tugas sekolah/kuliah, Redmi Note 9 Pro bisa dijadikan scanner mobile yang dapat dibawa kemana saja. Fitur ini meliputi scan dokumen, perbaiki rotasi, hapus bayangan dan meningkatkan kontras.

Fitur menarik lainnya adalah fitur NFC yang bisa digunakan untuk mengecek dan mengisi kartu uang elektronik/e-money, 3.5mm headphone jack, dan port USB Type-C. Simak juga harga dan spesifikasi Xiaomi Redmi 9.

Spesifikasi

Untuk selengkapnya agar lebih mengetahui performa masing-masing dari smartphone tersebut, bisa dilihat seperti berikut ini :

  • Layar

Meskipun tampilannya mirip namun ternyata pada bagian layar saja sudah terdapat perbedaan. Perbedaan tersebut terlihat dari sisi ukuran dan juga resolusinya. Pada Redmi Note 9 mengusung layar 6,53" Dot Display dengan resolusi 2340x1080 FHD+. Pada bagian kiri atas layar terdapat lubang punch hole yang memuat kamera selfie 13 MP (f/2.25).

Sedangkan pada Redmi Not 9 Pro mempunyai ukuran layar yang sedikit lebih luas yaitu berukuran 6.67" Dot Display dengan tingkat resolution 2400 x 1080 FHD+. Untuk lubang punch hole dibagian atas terdapat kamera selfi berkekuatan 16 MP (f/2.48).

Keduanya telah terlindungi dengan hadirnya penggunaan Corning Gorilla Glass 5 sehingga smartphone menjadi lebih tangguh.

  • Kamera

Kedua smartphone terbaru dari Xiaomi ini sama-sama mengusung empat kamera belakang yang mana tertata pada modul persegi.

Tiga dari empat kamera belakang kedua smartphone tersebut masing-masing memiliki sensor 8 MP (f/2.2, ultrawide), 2 MP (f/2.4, macro), dan 2 MP (f/2.4, depth sensor).

Yang membedakan adalah kamera utamanya yang mana pada Redmi Note 9 mempunyai sensor 48 MP (f/1.79, wide), sedangkan pada Redmi Note 9 Pro dengan sensor 64 MP (f/1.89, wide).

Sedangkan untuk menghasilkan foto yang indah dan menawan, fitur keren juga telah dibenamkan untuk mendukung kinerja empat kamera tersebut. Fitur fotografi yang disematkan pada kamera belakang tersebut antara lain adalah mode malam, mode dokumen, potret sinematik, mode sudut ultra lebar smart, beautify kamera belakang, modus malam, mode potrait latar belakang blur, mode panorama, mode pro, watermark dan lainnya.

Untuk kamera depan atau kamera selfie Redmi Note 9 mengusung kamera dengan sensor 13 MP (f/2.25) dan pada Redmi Note 9 Pro berkekuatan 16 MP (f/2.48). Kamera depan tersebut letaknya berada pada lubang punch hole.

Dan untuk fitur fotografi kamera depan antara lain maliputi selfie panorama, rana telapak tangan, deteksi siluet AI, AI Beautify, flash menghadap ke depan, pengenalan wajah, mode portrait AI, deteksi suasana AI dan lainnya.



  • Prosesor

Untuk urusan "otak" dari smartphone, Redmi Note 9 mengandalkan MTK Helio G85 dari Mediatek dengan penggunaan GPU ARM G52 MC2 hingga 1000MHz. Penggunaan MTK Helio G85 menjadikan Redmi Note 9 menjadi smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan chipset ini. Hal ini juga diklaim terjadi peningkatan performa sebesar dua puluh persen dibandingkan dengan penggunaan snapdragon 665.

Sedangkan pada Redmi Note 9 Pro ditenagai Snapdragon 720G dari Qualcomm dan didukung Prosesor grafis Adreno 618. Penggunaan chipset ini selain dingin, powerful, juga ramah dengan penggunaan daya tahan baterai.

Sedikit berbeda dari pendahulunya yang berkebalikan yaitu pada Redmi Note 8 menggunakan Snapdragon 665 sedangkan pada Redmi Note 9 Pro menggunakan chipset Mediatek Helio G90T.

  • Ruang penyimpanan

Untuk menunjang dan memaksimalkan kinerja dari masing-masing prosesor yang digunakan, kedua smartphone ini juga telah dibekali kapasitas memori yang besar.

Pada Redmi Note 9 terdapat pilihan 4GB + 64GB dan juga 6GB + 128GB. Sedangkan pada Redmi Note 9 Pro pilihannya adalah 6GB + 64GB dan 8GB + 128GB.

Kapasitas memori tersebut adalah kapasitas memori aktual yang tersedia. Namun jumlah tersebut otomatis akan berkurang karena untuk keperluan instalasi sistem operasi dan juga untuk pemakaian aplikasi-aplikasi yang terlah terinstal secara default.

Jika masih terasa kurang, media penyimpanan bisa ditambahkan lagi dengan kartu micro SD (dedicated slot) hingga 512 GB.

  • Baterai

Kurang lengkap rasanya jika spek gahar tersebut tidak didukung oleh baterai yang mumpuni juga. Untuk urusan ketahanan daya kedua smartphone tersebut telah dibekali dengan baterai kapasitas besar yaitu 5.020 mAh.

Namun yang sedikit membedakan adalah jika Redmi Note 9 mendukung fast charging 18W sedangkan pada Redmi Note 9 Pro mendukung fast charging 30W.



  • Sensor sidik jari

Untuk peletakan sensor sidik jari terdapat perbedaaan dimana untuk Redmi Note 9 berada di bawah empat kamera belakang yang berbentuk elips. Sedangkan pada Redmi Note 9 Pro sensor sidik jari berada pada sisi samping. Keuntungan sensor sidik jari di sisi samping adalah proses buka layar atau penguncian bisa dilakukan dengan cepat.

  • Varian warna

Untuk menjangkau pasar lebih luas, Xiaomi menghadirkan banyak varian warna untuk produk smartphone terbaru mereka ini yaitu :

  1. Redmi Note 9 : Midnight Grey, Forest Green, dan Polar White
  2. Redmi Note 9 Pro : Interstellar Grey, Glacier White, dan Tropical Green.

  • Harga

Untuk menebusnya silahkan siapkan budget dan tentukan pilihan kamu dengan menyesuaikan kebutuhan kamu atas smartphone. Untuk Redmi Note 9 bisa ditebus dengan harga dua jutaan sedangkan untuk Redmi Note 9 Pro harga mulai tiga jutaan. Kamu bisa mendapatkan penawaran harga terbaik Redmi Note 9 / Pro di sini.

Meskipun Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro ini dilabeli dengan sebutan smartphone gaming, namun bukan khusus untuk pecinta game. Semua bisa menggunakannya baik untuk aktifitas sosial media, browsing, keperluan pekerjaan dan lainnya. Nah, dari keduanya mana yang menjadi pilihan kamu?