Redmi 9 Jawaranya Smartphone Quad Kamera


Redmi 9 Jawaranya Smartphone Quad Kamera, begitulah jargon yang dibawa oleh jagoan terbaru dari Xiaomi ini. Sebelumnya beberapa waktu lalu Xiaomi telah mengeluarkan deretan smartphone keren yaitu Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro yang mendapat sambutan luar biasa dipasaran.

Dan kini tidak perlu waktu lama kembali melakukan peluncuran smartphone Xiaomi Redmi 9. Nah apa sajakah hal baru yang dibawa oleh Redmi 9 ini? Bagaimana soal harga dan spesifikasinya, apakah sepadan? Kuy kita simak.

Xiaomi Redmi 9

Entah apa yang menjadi alasan mengapa peluncuran Redmi 9 ini tidak berbarengan dengan peluncuran Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Mungkin saja ada pertimbangan tertentu atau mungkin juga sebagai strategi marketing dari Xiaomi.

Dari segi desain Redmi 9 depan tampilannya mungkin hampir mirip-mirip dengan pendahulunya yaitu Redmi 8 ya, namun ada yang menarik lagi dibagian belakangnya. Modul kamera yang tersusun rapi dengan desain lingkaran yang unik dan sama memberi kesan yang menarik.

Oiya pada bagian belakang ini sudah tahan percikan air dan debu karena menggunakan nano coating dan dibuat secara bertekstur yang dapat meminimalisir bekas sidik jari yang tertinggal. Tidak lupa juga pemberian warna gradasi yang menambah keren tampilan smartphone ini. Selengkapnya cekidot keunggulan Redmi 9 dibawah ini :

Jawaranya Quad Kamera

Dalam rentang harga yang sama dengan harga jual Redmi 9, sekiranya hanya smartphone ini yang sudah menyuguhkan empat kamera belakang dengan segala fitur yang telah dibenamkan ke dalamnya, yaitu :

  • 8MP Lensa ultra wide angle
  • 13MP kamera utama
  • 2MP sensor depth
  • 5MP lensa makro

Untuk panel sidik jari berada di bawah jajaran tiga lensa kamera, sedangkan satu lensa lainnya yaitu kamera depth sensor berada secara terpisah bersama LED flash di sisi kanan modul kamera utama.

Selain itu pengguna juga bisa secara mudah dan cepat dari beragam pilihan mode memotret yang tersedia dengan berbagai jenis skenario dari tekbologi AI quad camera.

Fitur kamera yang tersedia antara lain adalah beauty mode, kaleidoskop, HDR, cinematic portrait, mode video makro dan perekaman 1080p di 30 fps. Dengan Redmi 9 pengguna bisa memanfaatkan fitur kaleidoskop dan palm shutter, yang mana memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan jarak yang jauh dari smartphone dengan menggunakan gerakan telapak tangan.

Sementara untuk kamera depan masih sama dengan yang digunakan oleh Redmi 8 yaitu 8 MP (f/2.0) yang berada pada dop drop display bagian tegah layar. Fitur seperti kaleidoskop, cinematic portrait, dan screen flash telah menemani kehadiran kamera depan ini.

Desain layar

Mengusung display layar seluas 6.53 inchi dengan resolusi full HD+ 2340x1080 akan memberikan pengalaman visual yang berbeda saat menggunakannya. Ditambah dengan cahaya biru perlindungan mata yang telah tersertifikasi sehingga menjadikan pengguna merasa nyaman meskipun menghabiskan banyak waktu dengan smartphone ini.


Display layar yang telah berkualitas full HD+ ini menjadikan pengguna dapat menikmati sajian display secara lebih detil. Tidak lupa Corning Gorilla Glass 3 juga telah melapisi bagian depan tersebut. Penggunaan layar ini menjadikan Redmi 9 mempunyai display layar yang lebih luas dari pendahulunya.

Hardware

Selanjutnya beralih ke bagian hardware dari Redmi 9 ini. Smartphone ini telah dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G80 octa-core CPU dengan kecepatan hingga 2.0 GHz. Hal ini berbeda dengan Redmi 8 yang menggunakan prosesor Snapdragon 439.

GPU Mali-G52 950 MHz juga telah mendiami sektor hardware Redmi 9 ini. Untuk kapasitas RAM dan penyimpanan yang digunakan, Redmi 9 memberikan dua opsi pilihan yaitu 3GB/32 GB dan 4GB/64GB. Tentu varian ini akan berdampak pada harga jual meskipun selisihnya tidak terpaut jauh. Nah untuk memori internal Redmi 9 ini masih bisa diperluas dengan tambahan microSD yang berkapasitas hingga 512 GB.

Dengan menggunakan prosesor MediaTek Helio G80 artinya Redmi 9 ini menggunakan chipset yang sama dengan yang digunakan oleh Redmi Note 9.

Baterai

Pada baterai yang digunakan sedikit lebih besar dari Redmi 8, Redmi 9 dibekali baterai dengan kapasitas sebesar 5.020 mAh. Dengan penggunaan tersebut di klaim bahwa smartphone ini dapat bertahan lebih lama seperti saat digunakan untuk streaming atau bermain game bisa kuat menyala hingga lebih dari 12 jam. Berikut klaim kekuatan baterai Redmi 9 :

  • Pemutaran musik selama 185 jam
  • Berteleponan selama 31 jam
  • Navigasi berkelanjutan selama 19 jam
  • Pemutaran video selama 19 jam.

Untuk menyempurnakannya, kapasitas baterai yang besar ini didukung dengan teknologi pengisian cepat/ fast charging 18W. Namun pada paket pembeliannya hanya dibekali charger 10W. Untuk alternatif lainnya kamu bisa pilih Xiaomi Redmi 9C.


Redmi 9 menjalankan sistem operasi Android 10 yang dilapisi antarmuka MIUI 11 (upgradable MIUI 12). Untuk pilihan warna, tersedia tiga pilihan yaitu Carbon Grey, Ocean Green dan Sunset Purple. Terkait harga, Xiaomi Redmi 9 dijual mulai 1,7 jutaan rupiah. Tertarik bro?