Pilihan Keyboard Untuk Pemula


Mendengarkan musik memang sangatlah menyenangkan terlebih musik atau lagu-lagu yang menggambarkan kondisi atau suasana hati. Tidak jarang banyak juga yang ikut hanyut dalam alunan nada atau lirik sebuah lagu karena pada lagu tersebut menceritakan kejadian yang kebetulan sama dengan kejadian yang dialaminya.

Tentu ini akan lebih menghayati dan meresapi makna lagu karena merasa mengalami sendiri sebagai pengalaman pribadi, entah saat jatuh cinta atau patah hati.

Kamu tentu tidak puas hanya dengan cara mendengarkan musik saja, kamu pasti juga penasaran dan ingin memainkan alat musik untuk mengiringi kamu menyanyikan lagu-lagu kesukaan kamu. Jika saat ini kamu masih merasa masih nol soal musik, jangan berkecil hati ya karena memainkan alat musik itu dapat dipelajari. Apalagi di jaman sekarang ini, membuat musik bisa melalui aplikasi pembuat musik di smartphone Android.


Alat musik apa yang menjadi favorit kamu dan ingin kamu mahir memainkannya? Tentu pertanyaan seperti ini akan melahirkan banyak jawaban karena akan kembali ke pribadi masing-masing terkait ketertarikannya terhadap alat musik.

Sebelumnya telah kita bahas rekomendasi drum eletrik untuk pemula, dan pada kesempatan kali ini kita akan memilih keyboard yang cocok untuk pemula. Cekidooot ya.

Manfaat Bermain Alat Musik


Alat musik bisa dimainkan oleh siapa saja, tidak peduli jenis kelamin maupun usia karena musik sifatnya universal. Memainkan alat musik merupakan bentuk latihan kognitif yang dapat juga untuk menjaga kesehatan baik fisik maupun mental.

Mempelajari dan memainkan alat musik juga bisa merangsang ide dan kreatifitas sehingga bisa menuangkan segala ide kedalam bentuk musik dan lagu. Nah berikut ini adalah manfaat bermain alat musik yaitu :

1. Melatih konsentrasi

Dalam memainkan alat musik secara teratur merupakan bentuk olahraga untuk otak, apapun jenis dan aliran musik yang kamu mainkan karena dapat membuat beberapa bagian otak untuk bereaksi. Seperti yang disampaikan pada sebuah studi di University of Kansas Medical Center yang menyebutkan bahwa seorang musisi akan tampil lebih baik saat tes kognitif dibandingkan dengan yang bukan musisi.

Misalnya saja saat bermain gitar atau keyboard yang dapat meningkatkan dan mempertajam fungsi otak menstimulasi fungsi kognitif. Hal tersebut karena pada saat memainkan alat musik tersebut kamu akan fokus pada beberapa hal seperti membaca akord, menyeimbangkan nada, menekan dan memetik senar.

Dalam bermain alat musik dan memainkan lagu akan ada yang harus dijaga yaitu tempo atau beat sehingga lagu akan terdengar lebih indah dan teratur. Apalagi jika kita memainkannya bersama-sama dengan rekan lainnya dalam sebuah band, maka akan dapat meningkatkan konsentrasi dan kerjasama sehingga dapat menciptakan harmoni yang indah.

2. Melatih koordinasi

Dalam hal bermain alat musik juga bisa untuk melatih koordinasi dan para musisi biasanya mempunyai tingkatan koordinasi yang bagus. Seperti halnya pada saat bermain gitar, drum atau keyboard yang mengharuskan terjadinya koordinasi yang bagus antara tangan kanan dan kiri, mata serta indra pendengaran.

Termasuk juga saat memainkan bersama orang lain yang mengharuskan koordinasi nada agar dapat menghasilkan sentuhan suara yang syahdu.

3. Meningkatkan kebugaran tubuh

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, yang biasa dilakukan oleh orang-orang adalah dengan berolahraga ringan seperti bersepeda, jogging, atau jalan pagi. Namun apakah kamu sudah tahu bahwa dengan bermain alat musik saja sudah terhitung sebagai olahraga yang dapat menjadikan tubuh menjadi lebih segar dan bugar?

Seperti pada saat bermain gitar yang membutuhkan genjrengan dan dilakukan dalam kurun waktu tertentu dapat menjadikan anggota badan bergerak dan membuat tubuh terasa lebih rileks. Atau seperti pada saat bermain drum yang pastinya bisa sampai keluar keringat.

Secara tidak langsung juga melatih pernafasan kita, terlebih jika kita memainkan alat musik tiup seperti seruling, pianika, terompet dan lainnya.

4. Mengelola suasana hati

Musik bisa berupa curahan hati manakala hati sedang sedih maupun senang. Kita bisa memainkan alat musik sesuai dengan keinginan atu suasana hati kita dan mengekspresikannya dalam sebuah karya musik sehingga pendengar juga bisa bisa merasakan bagaimana suasana hati kita.

Beberapa penelitian medis bahkan menyebutkan bahwa memainkan alat musik dapat memberikan manfaat positif untuk jantung dan perasaan serta menghindarkan kita dari serangan jantung atau stroke.

Pilihan Keyboard Untuk Pemula


Untuk belajar keyboard secara intens hasilnya akan lebih maksimal jika mempunyai keyboard sendiri. Dengan membeli tentu sangat berhubungan dengan kondisi keuangan dan hal ini tidak akan menjadi kendala jika soal anggaran tidak menjadi masalah.

Sebagai pemula bisa membeli keyboard dengan range harga di satu jutaan hingga dua jutaan untuk sekedar belajar. Namun pastinya keyboard tersebut mempunyai fitur-fitur yang terbatas sehingga jika permainan sudah meningkat pasti menginginkan keyboard dengan fitur yang lebih. Silahkan cek penawaran harga terbaik keyboard untuk pemula.

Untuk itu jika ingin serius belajar keyboard tidak ada salahnya untuk membeli keyboard dengan memperhatikan fitur-fitur yang ditawarkan agar menjadi lebih semangat saat latihan. Adapun pilihan keyboard untuk pemula adalah sebagai berikut :

Yamaha PSR E463

Keyboard Yamaha PSR-E463 bisa menjadi pilihan ideal untuk kelas pemula. Keyboard yang mengusung 61 tuts ini telah dibekali dengan fitur yang handal erta dapat untuk memainkan musik dengan beragam genre atau style.

Ada fitur menarik disini yaitu Groove Creator yang memungkinkan dapat memainkan musik seperti DJ di keyboard dan juga terdapat Live Control Knob, Quick Sampling, Quick Sampling, Groove Creator, dan USB Audio Recorder sehingga seperti layknya keyboard profesional.

Dengan harga sekitar empat jutaan keyboard ini mempunyai speaker on board dengan suara yang merdu bisa menjadi pilihan kamu. Berikut fitur dari keyboard Yamaha PSR E463 :


  • 758 Voice berkualitas tinggi termasuk Sweet! dan Cool! voice, dengan 48-nada polifoni
  • Fungsi Quick Sampling - 5 sampel (1 tipe Normal + 4 tipe One shot/Loop) Maks. 9,6 detik/sampel
  • Fungsi Groove Creator - 35 groove, 5 section (4 utama +1 Musical Climax)
  • 235 auto accompaniment Style
  • USB Perekam Audio - 80 menit. (.wav)
  • Amplifier 6W + 6W dengan speaker Bass Reflexed 12 cm
  • Pengaturan Knop Kontrol, Efek DSP, dan Pitch Bend secara real-time
  • Konektivitas dengan kemampuan audio dan MIDI

Roland E-X30

Keyboard Roland E-X30 hadir mewarnai deretan keyboard pemula hingga menengah yang menjadi jawaban atas kebutuhan keyboard pemula dengan suara yang realistis dan indah. Keyboard ini cocok untuk menjadi teman saat belajar bermain keyboard yang menawarkan beragam pilihan sound menarik.

Keyboard ini msih bisa menemani kamu saat level permainan kamu sudah tidak termasuk pemula lagi karena terdapat fitur arranger yang bisa kamu manfaatkan untuk ngulik musik. Berikut fitur unggulan keyboard Roland E-X30 yang dikutip dari situs resmi Roland yaitu :


  • Suara piano asli berasal dari keyboard Roland top-of-the-line
  • Polifoni 256 suara untuk mendukung ekspresi dan kreativitas musik tanpa batas
  • Merek Roland yang terkenal di dunia mewakili kualitas, ekspresi, dan daya tahan
  • Termasuk suara etnis dunia dan konten musik dari Asia, Brasil, dan Timur Tengah
  • Fungsi arranger menyediakan cara yang menyenangkan untuk mengembangkan teknik dan ritme, memungkinkan Anda bermain bersama dengan beragam lagu onboard yang eklektik dan membuat pertunjukan band penuh
  • Fitur Scale tune dan scale memory menyediakan dukungan untuk gaya etnik oriental
  • Input mic yang nyaman untuk bernyanyi bersama tanpa harus membawa perlengkapan tambahan
  • Desain ringan (6,2 kg), speaker internal, dan pengoperasian dengan baterai memungkinkan Anda bermain dan berlatih di mana saja

Korg EK-50

Keyboard Korg EK50 mempunyai desain yang menarik dengan tampilan yang compact dan terang. Keyboard ini mempunyai sejumlah fitur unggulan yang bisa menjadi alternatif pilihan kamu. Dibekali dengan tombol Grand Piano yang memudahkan pengguna saat ingin kembali ke sound tersebut dalam waktu yang cepat tanpa mencari-cari lagi. Berikut sedikit spesifikasi dari Korg EK-50 :


  • 61 Key (sensitif kecepatan)
  • 64 suara, lebih dari 702 suara (termasuk perangkat suara yang kompatibel dengan GM)
  • Lebih dari 280 preset (2 intro, 4 variasi, 2 isi, 1 hitungan / istirahat, 2 ujung, sinkronisasi / start sinkronisasi, ketuk tempo)
  • Merekam dengan waktu yang nyata (Style mode)

Dengan Korg EK50 kamu bisa membuat musik kreasi kamu sendiri dan memutarnya kembali langsung dari keyboard yang telah dilengkapi dengan speaker built-in. Terdapat lebih dari 702 sound suara seperti piano, string, violin dan lainnya juga nampak realistis sehingga enak untuk didengar dan bisa meningkatkan kualitas permainan kamu dari hari ke hari.

Casio CTK 6250


Keyboard Casio CTK 6250 dibandrol dengan harga berkisar tiga jutaan bisa menjadi pilihan keyboard untuk pemula. Pada keyboard ini sudah terdapat 700 suara bawaan dengan menggunakan teknologi AHL yang dapat memperhalus suara sehingga mirip dengan suara asli. Disamping itu pengguna juga dapat menambahkan hingga 10 suara tambahan.

Tuts keyboard Casio CTK 6250 ini dirancang dan direkayasa seperti tuts piano sehingga pengguna bisa merasakan bermain piano pada keyboard ini. Dilengkapi dengan pitch bend, 4 speaker, layar yang menampilkan info-info yang informatif dan efek digital seperti reverb, chorus, dan DSP (100 jenis menggunakan 46 jenis efek termasuk delay, phaser, flanger, wah, rotary, dll).


Untuk meningkatkan permainan keyboard kamu, Casio CTK 6250 telah dibekali 210 preset iringan dengan beragam jenis genre musik seperti pop, rock, jazz, latin, reggae dan lainnya.

Dengan keyboard yang mempunyai sampel suara yang realistis bisa menjadi penyemangat tersendiri dalam belajar dan mendalami permainan keyboard. Alternatif lain untuk belajar bermain keyboard bisa juga dengan menggunakan keyboard midi controller.

Sebenarnya ada lagi pilihan keyboard untuk pemula dengan rentang harga dibawah dari harga keyboard-keyboard diatas seperti Yamaha PSR E263, Yamaha PSR F51, Casio CTS 100 atau Casio CTS 200. Namun jika anggaran mencukupi sebaiknya langsung ambil dari salah satu pilihan keyboard untuk pemula seperti diatas.

Pertimbangannya adalah jika bertujuan untuk serius belajar bermain keyboard dan permainan keyboard sudah meningkat dari hari ke hari pasti akan membutuhkan fitur yang lebih dan suara yang realistik. Jadi sangat nanggung jika membeli keyboard di rentang harga satu jutaan. Nah bagaimana dengan pilihan kamu?