Senin, September 30, 2019

Keyboard Controller 49 Keys Yang Cocok Untuk Pemula


Mungkin kita pernah melihat atau memperhatikan sebuah alat musik yang mirip dengan keyboard pada umumnya, namun yang membuat heran adalah alat tersebut tidak bisa menghasilkan bunyi sendiri. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana caranya alat tersebut digunakan untuk bermain musik atau untuk mengiringi alunan suara dari penyanyi bila menghasilkan suara nada saja dia tidak sanggup?

Sekilas penampakan Keyboard controller ini memang seperti piano atau keyboard yang biasa untuk bermain musik. Ukurannya pun terdapat banyak ragam mulai dari kecil hingga yang panjang (88 keys). Inilah yang bisa disebut dengan keyboard controller atau midi controller.

Keyboard Controller? Apa sih itu?

Nah yang menjadi perbedaan mendasar adalah keyboard controller ini tidak bisa berdiri sendiri (stand alone) dalam menampilkan bunyi-bunyian layaknya piano atau keyboard pada umumnya seperti pada keyboard arranger, synthesizer, dan workstation.

Hal ini karena keyboard midi controller tidak dibekali dengan modul suara dan hanya bekerja untuk mengirimkan pesan midi saja. Oke sudah paham kan ya.


Fitur tambahan yang terdapat pada keyboard controller biasanya berupa knob, slider, pitch, modulation, dan lainnya. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada keyboard controller tersebut maka kamu akan lebih mudah dalam menciptakan sebuah karya musik sesuai dengan aliran musik yang kamu inginkan.

Nah jika kamu saat ini sedang bingung dalam mencari keyboard controller yang terjangkau dan cocok untuk pemula, kamu berada pada artikel yang tepat. Oiya silahkan baca juga kelebihan soundcard Taffware V8.

Dalam menyusun musik berbasis midi, sebagai alat bantu untuk memudahkan dalam berkarya adalah bernama midi controller. Nah midi controller ini dapat berupa keyboard, pad, peralatan DJ, dan lainnya. Namun kali ini Kangagos akan membahas mengenai rekomendasi keyboard controller yang cocok untuk pemula ya.

Keyboard Controller Untuk Pemula

Mengapa pada artikel kali ini hanya memfokuskan pada midi controller dengan 49 keys? Karena menurut Kangagos selain dapat untuk membuat atau composing lagu menggunakan software favorit kamu, dengan midi controller 49 keys ini dapat juga digunakan untuk bermain piano dengan dua tangan disaat waktu senggang.

Tentunya ini tidak bisa dilakukan pada midi controller yang mempunyai 25 keys saja ya. Bisa saja sih, namun sepertinya ribet kalau untuk bermain dua tangan ya. Baiklah sebaiknya kita fokus ke 49 keys sajalah ya. Oiya silahkan baca juga rekomendasi drum elektrik untuk pemula.

Keyboard controller ini layaknya midi controller yang bisa dihubungkan dengan software favorit kamu seperti studio one, FL Studio, one man band, atau yang lainnya. Oke temans, berikut ini adalah keyboard controller yang cocok untuk pemula versi Kangagos yaitu

1. Samson Carbon 49

Samson Carbon 49 ini hadir dengan tampilan elegan berwarna putih bersih dan juga dengan harga yang terjangkau. Sangat cocok bagi kamu yang masih merasa pemula dalam hal musik digital.


Samson Carbon 49 ini ketika dicoba akan terasa seperti bermain piano beneran, iya piano yang besar ukurannya itu lho. Secara umum keyboard controller yang satu ini mengakomodir :

  • 49 Keys
  • Pitch bend
  • Modulation bend
  • Tombol octave up dan down
  • LCD 3 digit
  • Pedal sustain
  • Terdapat dudukan iPad

Dengan Samson Carbon 49 ini kamu bisa langsung memainkannya dengan menghubungkan ke aplikasi MIDI favorit kamu yaitu Camera Connection Kit dari Apple tanpa input daya lagi.

Untuk lebih memperluas kreasi bermusik, pembeliannya sudah dibekali dengan software Komplete Elements Native Instrument, yang mana kamu bisa lebih berekspresi dalam memproduksi musik. Oiya software ini kompatibel dengan Windows maupun Mac OS ya. Untuk fitur yang ditawarkan meliputi :

  • 49-key speed-sensitive, keyboard semi-weighted
  • Penyandi data dan penggeser volume yang dapat ditugaskan
  • Tombol shift untuk menyesuaikan hingga 14 parameter kontrol
  • Layar LCD 3-digit, 7-segmen memberikan umpan balik realtime
  • Desain yang ringkas, sempurna untuk pertunjukan langsung dan aplikasi studio
  • Fungsi: Nomor Program, Atur Ulang Semua, Saluran MIDI, Semua Catatan Nonaktif, Bank MSB, Bank LSB, Kurva Kecepatan, Default, Tetapkan Trans, Tetapkan Fader, Tetapkan Knob, Tetapkan Mod, Tetapkan Pedal, Snapshot
  • Kontrol: Volume Fader, Kenop Data, Tombol Edit, Oktaf +/- tombol, tombol Transpos +/-, Roda Pitch Bend, Roda Modulasi
  • Input Pedal: 1/4 "TRS
  • MIDI: MIDI melalui USB, MIDI OUT 5-Pin
  • Dudukan iPad terintegrasi
  • iPad dan bus USB diaktifkan

Mantap kan, Samson Carbon 49 ini juga bisa untuk memainkan One Man Band juga lho jadi kamu serasa mempunyai keyboard Yamaha seri PSR kelas paling tinggi hehehee. Untuk pilihan produk diatas Samson Carbon 49 ada Samson Graphite 49, untuk harga Samson Carbon disini.

2. M-Audio Keystation 49 MKII

Rekomendasi keyboard controller yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah produk yang datang dari M-Audio yaitu Keystation 49 MKII.

Hadir dengan tampilan yang menawan berwarna hitam dengan tombol keys yang terasa nyaman dan responsif saat digunakan. Dilengkapi juga dengan tombol octave up and down, pitch bend, pitch modulation, dan kontrol volume yang menjadikan fitur kelebihan tersendiri.


M-Audio Keystation 49 MKII ini juga kompatibel dengan iOS dengan menggunakan kit koneksi kamera Apple iPad. Selain itu kamu bisa memadukan keyboard controller ini dengan software DAW favorit kamu seperti Ableton, FL studio, Studio one, dan lain sebagainya. Penasaran dengan harganya? Silahkan cek harga M-Audio Keystation disini.

3. Behringer UMX 490

Selanjutnya keyboard controller yang bisa dijadikan pilihan adalah Behringer UMX 490. Kangagos sendiri menggunakan produk ini yang secara keseluruhan terasa sangat memuaskan.


Pada paket pembeliannya terdapat juga USB soundcard UCA222 yang sangat berguna untuk kontrol output suara dan juga menambahkan line input. Lumayan lah dibandingkan jika harus membelinya secara terpisah, betul kan? hehee. Secara umum berikut ini fitur dari Behringer U-Control UMX490 yaitu :

  • Kontroler USB / MIDI 49 tombol
  • Pitch bend
  • Modulation bend
  • Octave up and down
  • Kompatibel untuk Mac dan PC
  • 8 pengendali knob
  • 10 sakelar yang dapat ditentukan
  • Termasuk audio USB UCA222
  • Dan lainnya.

Selain itu, bagi kamu yang ingin belajar bermain keyboard dan masih bingung mau menebus keyboard apa dan yang bagaimana, kamu bisa mengunjungi artikel rekomendasi keyboard untuk pemula.

Nah itulah beberapa keyboard controller 49 keys yang bisa menjadi rekomendasi bagi kamu yang ingin belajar musik atau juga ingin menuangkan ide-ide kreatif ke dalam sebuah karya musik. Nah, sudah siap untuk menentukan pilihan?