Software Musik Terbaik Untuk Studio Rekaman Sendiri




Software musik terbaik. Masih teringat saat-saat masih sekolah dulu, bersama dengan teman-teman rutin bermain musik. Meskipun dengan ketrampilan bermusik yang terbatas namun tetap mempunyai semangat membara lho hehee.

Suatu saat kami berrniat untuk merekam lagu ke sebuah studio musik dan setelah nanya sana-sini dengan operatornya ternyata biayanya sangatlah mahal untuk setiap shift-nya. Ada yang agak murahan yaitu dengan merekam secara main bareng atau live, namun bagi kami itu juga masih tergolong mahal. Silahkan baca juga kelebihan live soundcard V8.

Namun itu dulu, sekarang perkembangan teknologi sudah semakin pesat yang membawa kabar baik juga bagi penggemar audio digital. Karena perkembangan teknologi tersebut kini merekam lagu tidaklah semahal dulu lagi, dan menariknya adalah bisa dilakukan sendiri dirumah. Oiya?


Software Musik Terbaik

Jaman sekarang untuk menghasilkan karya musik dan membagikannya kepada teman sangatlah mudah. Meskipun kamu cuma sendirian juga bisa memproduksi dan menghasilkan sebuah musik atau lagu, dan hanya perlu mengunggahnya di Youtube untuk bisa dinikmati juga oleh orang lain.

Jika musik atau lagu kamu sudah siap untuk "diedarkan" maka sebelum menggunggahnya ke Youtube kamu hanya perlu untuk membuat video klip dari lagu kamu tersebut. Tenang kamu bisa menggunakan software editing video terbaik untuk keperluan ini.

Dengan demikian hal ini sangatlah berbeda jika dibandingkan dengan sepuluh tahun atau dua puluh tahun yang lalu. Nah untuk memproduksi lagu kamu hanya membutuhkan software musik, dan dengan software musik ini kamu bisa mengerjakan project musik kamu dimana saja dan bahkan kamu kerjakan secara sendirian. Oiya silahkan baca juga keyboard controller yang cocok untuk pemula.

Mungkin saat ini kamu sudah mempunyai software musik favorit sendiri, namun artikel ini mungkin bisa membantu teman-teman lain yang saat ini sedang bingung mencari software musik terbaik untuk mereka. Oke langsung saja berikut adalah software musik terbaik versi Kangagos yaitu :

1. FL Studio

Bagi penggemar audio digital tentunya sudah tidak asing dengan nama FL Studio. FL Studio ini selain bisa berjalan di Windows dan di Mac OS juga telah tersedia versi mobile di Android dan iOS.

FL Studio atau Fruity Loops merupakan software yang dikembangkan oleh perusahaan Image-Line. Banyak pengguna software yang satu ini termasuk juga Kangagos hehee. Alasannya sederhana saja sih karena Kangagos menggunakan laptop yang spesifikasi tidak terlalu mewah.

Selain itu Kangagos yang masih dalam tahap belajar dan mengenali semua fitur-fitur dan fasilitas yang tersedia juga merasa enjoy saja saat menggunakan FL Studio.


Software musik FL Studio dapat digunakan untuk menciptakan alunan musik yang terdengar seperti alat-alat musik sungguhan/realitistis. Drum, gitar, bass, piano, dan alat musik lainnya sudah tersedia secara default yang mana kita bisa menggambar (membatik) notasinya pada piano roll.

Selain itu kita juga bisa merekam suara untuk keperluan mengisi vokal pada lagu yang kita buat. Dengan demikian tanpa mempunyai alat musik satupun kita sudah bisa menciptakan sebuah musik atau lagu. FL Studio bisa untuk memproduksi musik EDM, pop, rock, reage, bahkan dangdut koplo juga lho.

Software musik ini mendukung VST 32 & 64 bit dan sudah dilengkapi dengan lebih dari 30 synthesizer dan terdapat 80 efek plug-in. Dengan FL Studio kamu bisa melakukan mixing dan mastering, menambahkan VST, dan lainnya.

2. Audacity

Selanjutnya ada software musik Audacity yang bisa mengakomodir kebutuhan kamu dalam merekam musik yang kamu mainkan termasuk juga merekam vokal. Audacity

Dengan Audacity kamu juga bisa melakukan editing seperti memotong, memberikan efek-efek agar hasil output yang didapatkan sesuai dengan yang diinginkan.

Software gratisan ini menyediakan fitur seperti envelope tool, time shift tool dan kamu bisa menyimpan project dalam berbagai format seperti MP3, WAV, AIFF, PCM, OGG Vorbis, FLAC, AC3, AMR, WMA, MP4, dan lainnya. Keren kan.

3. Adobe Audition
Software yang satu ini tergolong cukup lama sejak dirilis pertama kali yaitu ditahun 2003, namun tidak hanya berhenti disitu saja karena Adobe Audition terus dikembangkan dan diperbaharui di versi-versi terbarunya.

Pengguna Adobe Audition juga sangat banyak seperti pada Audacity karena mungkin penggunaannya yang tidak ribet dan mudah dipahami ya.

Software Adobe Audition ini bisa digunakan untuk multitrack audio digital recording, bisa juga untuk edit suara yang telah direkam sebelumnya. Penggunanya dapat juga memperbaiki kualitas suara, edit pitch vokal dan bisa menambahkan efek-efek yang telah disediakan.

Jika dirasa tahap editing sudah sesuai dengan yang diinginkan, kamu bisa menyimpan hasil kerja kamu ini dengan beragam format yang tersedia. Oiya, untuk software Adobe Audition dan Audacity ini tidak bisa merangkai bunyi-bunyian alat musik seperti yang ada pada FL Studio ya, jadi hanya sebagai media untuk merekam audio saja.

4. Cubase
Produk dari Steinberg ini merupakan software editing audio yang tidak kalah keren dari software sebelumnya. Telah banyak musisi-musisi terkenal yang menggunakan software yang satu ini.

Hampir mirip dengan FL Studio yang mana kamu bisa menggunakan software musik ini untuk merekam, mengedit, komposisi, remix lagu, dan lainnya.

Cubase juga telah menyediakan plugin-plugin yang tentunya sangat menggoda untuk dicoba dalam menciptakan musik kamu. Oleh karena itu bagi kamu yang hobi dengan audio digital sepertinya sangat layak untuk mencoba software yang satu ini.

5. PreSonus Studio One
Selanjutnya software musik terbaik yang bisa dijadikan rekomendasi adalah PreSonus Studio One. yang telah digunakan oleh musisi-musisi kelas atas dunia.

Dengan software ini kamu bisa memanfaatkan fitur Chord Track Studio One agar dapat dengan mudah membuat prototipe lagu dengan langkah yang cepat.

Untuk melengkapi kebutuhan kamu Studio One telah ditambahkan fitur-fitur baru seperti beat quantization dan peregangan real-time, dengan demikian kamu akan lebih leluasa dalam berkreasi menggunakan loop dan ketukan dalam lagu yang kamu ciptakan.

Nah sahabat Kangagos demikianlah deretan software musik terbaik yang bisa kamu manfaatkan untuk berkarya. Namun ada yang lebih penting yaitu ide dan kreatifitas kamu dalam memproduksi sebuah karya musik. Selamat berkarya.