Aplikasi Pembuat Musik Untuk Menemani Waktu Liburan


Musik adalah merupakan salah satu hobi yang menyenangkan. Dengan mendengarkan alunan musik dapat membuat kita merasa lebih rileks. Kamu suka menyanyi? Atau malah suka membuat musik dengan menciptakan aransemen musik yang fresh?

Mantap. Kamu suka bernyanyi? Bermain musik? Membuat aransemen atau membuat lagu? Lanjutkan saja dan terus asah hobi positif yang satu ini, apalagi hobi yang satu ini juga bisa mendatangkan penghasilan lho.

Jika kemudian kamu berkenginan untuk menciptakan musik hasil karya kamu sendiri, namun masih bingung bagaimana caranya. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi, resah, apalagi galau. Karena sekarang untuk membuat musik tidak perlu harus mempunyai semua peralatan musik yang pastinya harganya bisa menguras tabungan hehee.

Apalagi harus menyiapkan ruangan yang kedap suara untuk keperluan rekaman, seperangkat komputer dengan spek dewa untuk merekam permainan alat musik satu per satu.

Buang jauh-jauh deh pikiran yang seperti itu. Jika terus dipikirin proyek musik kamu ngga akan jalan dan ngga akan terwujud. Segera bergerak dan berkarya.

Kita ini sangatlah beruntung karena bisa menikmati kehidupan yang mana teknologi telah berkembang dengan pesat. Sehingga dengan demikian untuk urusan menciptakan musik saja kita dipermudah.

Dengan berbekal teknologi kita bisa membuat musik dengan menggunakan DAW dan komputer, bahkan sekarang juga bisa dengan hanya menggunakan smartphone saja lho. Silahkan baca juga keyboard controller yang cocok untuk pemula.

Nah untuk memenuhi rasa penasaran kamu tentang cara membuat musik menggunakan smartphone, ikuti terus artikel ini hingga selesai ya agar kamu bisa menemukan aplikasi yang cocok untuk kamu.

Aplikasi Untuk Membuat Musik di Android

Jika kamu punya smartphone atau tablet Android dan ingin membuat musik dengan perangkat kamu, Google Play Store punya banyak pilihan aplikasi pembuat musik yang bisa dipilih, baik pemula maupun profesional berpengalaman.


Nah jika kamu sangat tertarik dengan musik dan berminat untuk menciptakan komposisi musik sendiri kamu bisa memanfaatkan smartphone Android yang kamu miliki.
Aplikasi-aplikasi studio musik virtual Android pada daftar ini bisa digunakan untuk untuk membuat lagu sendiri, mixing musik DJ, rekaman lagu, membuat cover lagu, instrumen, nada, aransemen, dan banyak lagi lainnya.

Walk Band

Walk Band merupakan aplikasi Android yang populer untuk membuat musik secara portable. Di aplikasi ini kamu bisa memainkan berbagai alat musik karena aplikasi Wlak Band ini mendukung instrumen seperti Piano, Drum Kit, Drum Machine, Guitar, Bass. Semua instrumen menggunakan suara instrumen yang realistis.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa merekam banyak track pada instrumen berbeda serta menggabungkan trek berbeda dari instrumen tertentu kedalam sebuah trek audio. Terlebih kamu bisa menggunakan rekaman asli buatan-mu sebagai basis untuk merekam instrumen lainnya.


Fitur lainnya adalah multiple finger support, konversi MIDI ke MP3, keyboard MIDI eksternal dengan USB, upload dan share rekaman musik kamu, dll. Gratis pula. Aplikasi ini juga memiliki beberapa lagu bawaan yang bisa kamu coba mainkan.

Caustic 3

Selanjutnya adalah aplikasi pembuat msuik Caustic 3 yang mana aplikasi ini terinspirasi dari synthesizers yang asli dan sample untuk membuat kreasi musik sendiri. Disini memuat 14 ragam pilihan synthesizers untuk membuat musik gubahan kamu sendiri, mulai dari Beatbox, Organ, Modular, SubSynth, FMSynth, 8BitSynth, PCMSynth, PadSynth, Bassline, Vocoder, dan KSSynth. Aplikasi ini juga memiliki mixer desk dengan efek Delay/Reverb global, master section dengan parametric EQ dan limiter.

Di setiap synthesizers mempunyai dua macam special effect per mesin, jadi total terdapat 20 effects yang bisa kamu manfaatkan. File hasil gubahan musik kamu bisa disimpan di media penyimpanan internal smartphone kamu.

BandLab – Music Studio & Social Network

Berikutnya ada aplikasi pembuat musik BandLab yang merupakan aplikasi gratis dipersembahkan untuk para pecinta musik. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dimudahkan dalam menyusun lagu dan mendengarkan hasilnya untuk review. Serta kamu bisa saling berbagi musik yang kamu ciptakan secara langsung dengan pengguna lainnya.


Untuk menggunakannya kamu perlu membuat akun terlebih dahulu dan memposisikan diri sebagai apa, misalnya saja sebagai gitaris, penyanyi, komposer, DJ, atau pengguna saja untuk menjelajahi karya-karya musik yang telah dibagikan. Untuk mendapatkan informasi sesuai dengan minat, kamu bisa memilih genre musik favoritmu agar mendapatkan konten yang serupa dengan selera kamu. Poin ini bisa diedit kapan saja sih.

Aplikasi BandLab – Music Studio & Social Network menyediakan ratusan preset dengan berbagai instrumen. Keunggulan dari aplikasi ini adalah selain bisa menciptakan musik sesuai dengan genre favorit, juga seperti layaknya sosial media karena kamu bisa langsung membagikan hasil karyamu tersebut dengan penguna lainnya yang terhubung dengan akun milikmu.

Music Maker JAM

Music Maker JAM merupakan salah satu aplikasi untuk membuat musik di Android yang paling banyak digunakan oleh pengguna. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membuat track audio sendiri yang juga bisa untuk memainkan dan memadukan dengan ribuan loops, beats dan juga sampels.

Aplikasi Music Maker JAM mempunyai banyak aliran musik atau style musik yang bisa dipilih seperti hip hop, dubstep, drum, bass, techno, ambient dan jazz. Untuk menciptakan lagu yang indah dan enak didengar pada aplikasi ini juga tersedia mixer 8 channel untuk mixing lagu dan menambahkan efek lain.

Oiya ada fitur yang menarik di aplikasi pembuat musik ini yaitu hanya dengan menggoyangkan (shake) smartphone kamu, maka kamu sudah bisa untuk me-remix trek audio. Nah segera buat dan hadirkan karyamu dan bagikan kepada pendengar setiamu yang ada di seluruh dunia.

FL Studio Mobile

Bagi kamu yang sudah familiar dengan produksi musik pasti sudah tidak asing lagi dengan FL Studio yang sebelumnya sudah bisa digunakan di PC atau komputer. Sudah banyak musisi-musisi dunia yang menciptakan karyanya menggunakan software ini.

Nah kini FL Studio juga hadir dalam aplikasi Android yang bisa ditemukan di Playstore untuk membantu kita untuk menyalurkan ide bermusik dan menghasilkan karya musik.

Aplikasi ini memuat fitur-ftur yang menarik dan yang sering digunakan dalam aktifitas membuat musik diantaranya step sequencer, piano roll, keyboard, drum pad, track editor, effects, dan terdapat lebih dari 100 sample instrumen. Dengan FL Studio Mobile kamu juga bisa membuat project multi trek hanya pada perangkat Android. Nah keren kan jadi membuat musik bisa lebih fleksibel lagi dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.


Aplikasi ini juga memiliki real-time effects seperti EQ, Delay, Reverb, Limiter, Filter, dan Amp untuk meningkatkan kualitas mixing kamu. Masih kurang? Ada wave editor untuk normalisasi, cut, trim, menambahkan silence, reverse, fade in atau fade out.

Untuk menyimpan hasil karya kamu sebelum di launching, kamu bisa menyimpannya dalam berbagai pilihan format yaitu WAV, MIDI, AAC serta share lewat Dropbox dan Email. Meskipun kini aplikasi ini sudah tidak gratis lagi, namun jika kamu ingin menekuni hobi kamu dalam membuat musik isa menebus aplikasi ini di Playstore dengan harga yang terjangkau.

Nah bener kan untuk urusan menciptakan musik atau membuat lagu di jaman sekarang tidaklah seribet jaman dahulu. Dengan bermdakan smartphone Android kamu sudah bisa menyalurkan ide-ide kreatif kamu ke dalam sebuah karya musik dengan menggunakan aplikasi pembuat musik untuk Android. Selamat berkarya.