Nokia 5.3 Hadir Dengan Android One dan Quad Camera


Nokia kembali meluncurkan smartphone terbarunya yang diberi tajuk Nokia 5.3 dengan tagline Go big Go beyond. Apakah jagoan dari Nokia ini akan sukses di pasaran ditengah gempuran kompetitor yang juga berlomba-lomba mengeluarkan produk-produk terbaru mereka? Seperti halnya Xiaomi yang juga baru meluncurkan Redmi Note 9 dan Note 9 Pro. Lalu bagaimana dengan harga dan juga spesifikasi dari Nokia 5.3 itu sendiri, apakah sangat kompetitif?

Mungkin bagi sebagian dari kamu ada kenangan atau nostalgia tersendiri dengan brand Nokia ini. Hal ini bisa saja terjadi karena Nokia merupakan nama besar dan pernah merajai dunia ponsel beberapa tahun silam. Apakah sekarang nama besar Nokia mampu bangkit kembali?

Nokia

Bicara soal Nokia, brand ini pernah populer dan berada di puncak kejayaan dengan OS Symbian. Dengan Nokia juga terdapat kenangan tersendiri karena merupakan merk handphone pertama kali yang Kangagos miliki yaitu Nokia 3310. Terkait dengan harganya, bagi Kangagos sangatlah mahal, dan dengan fitur utamanya adalah untuk telepon dan SMS saja. Waktu itu layar juga masih kecil dan belum berwarna, sedangkan nada dering masih tulat-tulit.

Untuk membelinya butuh perjuangan dan pengorbanan lho, karena harus esktra berhemat agar bisa menabung dari mengumpulkan uang saku dan bekerja kesana sini untuk bisa menambah jumlah tabungan.

Dan akhirnya bisa juga mempunyai sebuah handphone Nokia 3310 yang terkenal bandel di eranya. Tidak lupa Kangagos juga pasang aksesoris populer saat itu yang mungkin akan terlihat sangat norak saat ini seperti tali gantungan di leher, tempelan lampu led yang jika ada telepon atau SMS akan menyala kerlap-kerlip.

Belum lagi harga kartu simcard perdana waktu itu yang mencapai ratusan ribu, sangat berbeda dengan saat ini yang bisa dengan mudah gonta-ganti nomor selular.

Untuk membeli isi ulang pulsa juga butuh perjuangan lho karena yang tersedia saat itu mulai nominal seratus ribu, meskipun selang kemudian menyusul pecahan nominal lima puluh ribu. Kalau sekarang nominal lima ribu juga tersedia ya hehee.

Masa-masa itu pamor dan brand Nokia sangatlah berjaya, serasa keren deh jika pakai handphone Nokia. Handphone Nokia yang pernah menemani Kangagos antara lain Nokia 8350, Nokia N70, Nokia 5510, NGage.

Hingga akhirnya keadaan berubah dan nama besar Nokia lambat laun mulai menurun seiring dengan naiknya pamor Blackberry, Android dan juga iPhone.

Namun itu bukan berarti Nokia menyerah, hal tersebut terbukti dengan hadirnya smartphone-smartphone Nokia yang kemudian beralih juga dari symbian ke Android. Terbaru Nokia meluncurkan smartphone jagoannya yaitu Nokia 5.3.

Nokia 5.3

Nokia 5.3 hadir dengan desain dan fitur yang kekinian. Penggunaan Android One yang mampu menghadirkan pengalaman baru saat menggunakan smartphone dengan tampilan antarmuka yang lebih rapi dan ringkas tanpa adanya bloatware.

Nokia 5.3 juga menyediakan pembaharuan keamanan secara berkala dan juga peningkatan software/perangkat lunak karena Nokia 5.3 sudah dibekali dengan Android 10 dan siap untuk upgrade ke Android 11 dan seterusnya.

Hadir dengan layar display yang luas dan lega serta menyematkan empat kamera belakang menjadi daya tarik tersendiri. Nokia 5.3 juga dibekali dengan kaca 2.5D dibagian depan sehingga terlihat labih elegan dan pada bagian bagian belakang sudah dilapisi dengan antigores untuk menambah ketahanan smartphone ini.


Untuk memudahkan calon pembeli dalam menentukan pilihannya, Nokia 5.3 dihadirkan dalam tiga varian pilihan warna yang cakep dan istimewa yaitu Cyan, Sand, dan Charcoal. Mari kita intip detilnya.

Spesifikasi Nokia 5.3

Tidak hanya desain luar saja yang baru, namun Nokia 5.3 juga mempunyai jeroan yang layak untuk diperhitungkan. Smartphone ini menggunakan teknologi GSM / HSPA / LTE yang tentunya sangat bisa diandalkan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps. Kamu bisa menggunakan dua kartu sim sekaligus yang berukuran nano.

Selain itu juga tidak lupa ditanamkan juga fitur konektivitas lainnya seperti konektifitas Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, bluetooth (4.2, A2DP, LE, aptX), GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS) dan USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go.


Layar

Nokia 5.3 dibekali dengan tampilan layar display yang luas yaitu berukuran 6.55 inc dengan resolusi HD+ 720 x 1600 pixel dengan rasio layar 20:9. Tentu ini sangatlah luas dan lega serta bisa membuat nyaman saat meakukan aktifitas seperti browsing, streaming, main game dan lainnya.

Kamera

Kamera pada smartphone mempunyai peranan yang penting untuk berbagai keperluan dan kebutuhan. Untuk itu Nokia 5.3 dibekali empat kamera belakang yang terdiri dari kamera 13 MP f/1.8 + 2 MP depth sensor + 5 MP ultra-wide + 2 MP Macro dan dilengkapi denagn lampu flash LED, HDR, panorama dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p.

Dengan smartphone ini kamu bisa mengabadikan momen-momen yang terindah dari berbagai sudut pengambilan gambar. Dengan dukungan advanced AI imaging menjadikan hasil foto akan terlihat jelas dan menarik, baik digunakan pada siang hari maupun malam hari. Bagaimana dengan kamera depannya?

Untuk kamera depan mengusung kamera dengan kekuatan sensor 8 MP, f/2.0, (wide) yang bisa digunakan untuk foto selfie. Dengan kamera ini bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Prosesor

Menariknya disini adalah penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 665 yang sangat cocok untuk keperluan main game serta dipadukan dengan CPU Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver) dan juga GPU Adreno 610.

Memori

Nokia 5.3 hadir dengan dibekali memori penyimpanan yang cukup lega yaitu RAM dengan kapasitas 6 GB serta media penyimpanan internal seluas 64 GB. Ruang penyimpanan ini bisa diperluas lagi dengan adanya slot kartu MicroSD yang bisa menggunakan media penyimpanan hingga 512 GB.



Baterai

Nokia 5.3 mengklaim smartphone ini bisa siaga lebih lama yaitu hingga 2 hari dengan pemakaian normal karena telah menggunakan baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Peggunaan baterai ini masih dibawah Redmi 8 yang menggunakan baterai dengan kapasitas 5000 mAh.

Penggunaan baterai tersebut agar lebih maksimal lagi dipadukan dengan AI-assisted Adaptive Battery yang mengutamakan energi untuk aplikasi yang paling sering digunakan. Sehingga dengan demikian pengguna tidak akan mengalami kondisi low batt saat sedang menggunakan smartphone ini.

Fitur tambahan

Untuk melengkapi fitur yang ada pada smartphone ini, Nokia 5.3 telah mendukung NFC, Ambient light sensor, Proximity sensor, Accelerometer (G-sensor), dan juga Fingerprint sensor.

Selain itu juga untuk memudahkan pengguna saat menemukan kendala-kendala, telah dibenamkan fitur Google Assistant yang menempatkan sebuah tombol pada sisi smartphone. Untuk penawaran terbaiknya kamu bisa cek harga Nokia 5.3 di sini.

Melihat fitur dari Nokia 5.3 tentu sangat menggoda ya. Oiya smartphone ini dijual dikisaran harga dua jutaan. Untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, kamu juga bisa mendapatkannya di toko-toko online favorit kamu.