Cara Alternatif Menggunakan Taffware V8 di Smartphone


Sebelumnya sudah pernah kita bahas tentang Taffware V8 baik kegunaan dan fitur-fiturnya. Soundcard Taffware V8 ini memang sangat membantu sekali ketika digunakan untuk aktifitas live recording terlebih untuk meningkatkan kualitas audio yang didapatkan.

Berbagai ragam macam manipulasi suara juga bisa dilakukan oleh soundcard ini sehingga kamu bisa bebas berkreasi untuk mewujdkan ide-ide yang kamu miliki.

Selain itu Taffware V8 juga bisa digunakan untuk mengisi vokal pada lagu yang hasilnya sangat jernih. Untuk itu bagi kamu yang sedang mengerjakan komposisi musik sendiri atau senang ngulik musik menggunakan software DAW, bisa menggunakan live soundcard ini pada saat take vocal nanti.

Nah sebagaimana diartikel sebelumnya telah Kangagos jelaskan cara menggunakan live soundcard Taffware V8 saat digunakan untuk merekam. Namun pada beberapa smartphone terdapat kendala saat menggunakannya seperti suara yang tidak jelas atau tidak terekam sama sekali. Bagaimana solusinya?


Cara Alternatif Menggunakan Taffware V8


Untuk memasangkan Taffware v8 dengan smartphone seperti Samsung atau iPhone sepertinya akan bisa lancar tanpa kendala yang dengan cara seperti dipembahasan sebelumnya.

Namun saat Kangagos mencoba menghubungkan Taffware V8 dengan smarphone berlabel Asus dan Xiaomi Redmi terdapat kendala yaitu suara yang kresek-kresek dan bahkan dengung. Nah jika sahabat Kangagos menghadapi kendala yang kurang lebih seperti itu, maka jangan buru-buru panik dan banting smartphone-nya ya, kan sayang. Mending buat Kangagos aja deh ya hehehee.

Sia-sia dong sudah beli Taffware V8 live soundcard tetapi tidak terpakai. Jangan gampang menyerah dulu, masih ada banyak jalan menuju ke Roma, masih ada cara lain untuk bisa menggunakan soundcard ini. Nah yang perlu dipersiapkan adalah seperti berikut ini :

  • Taffware V8
  • Smartphone, disini Kangagos menggunakan Redmi 8
  • Earphone atau headphone
  • kabel 3.5mm to 3.5mm
  • mic (bisa dinamic atau condensor)
  • Audio split yang berbentuk seperti huruf Y

Menghubungkan Taffware V8 Dengan Smartphone


Selanjutnya adalah mencoba untuk menghubungkan antara soundcard Taffware V8 dan smartphone yang kamu miliki. Sebelumnya terdapat dua cara menghubungkannya yaitu :

  • Colokkan kabel usb to aux 3.5mm pada lubang earphone di smartphone, dan ujung satunya yang berupa usb colokkan di bagian Live 1/ Live 2
  • Seperti cara diatas, namun ada penambahan yaitu hubungkan kabel usb pada lubang charging smartphone dan pada bagian ujung satunya ke lubang charging di Taffware Live Soundcard V8 (dengan bantuan kabel OTG).

Nah jika dua cara diatas juga belum bisa alias belum bisa menampilkan hasil rekaman audio yang jernih, kamu bisa gunakan cara berikut ini yaitu :

  • Colokkan microphone ke lubang mic condensor atau mic dynamic
  • Pasangkan earphone atau headphone pada lubang speaker
  • Pada smartphone, pasangkan audio splitter di lubang audio
  • Pada audio splitter, gunakan kabel 3.5mm to 3.5mm dan masukkan pada lubang mic dan sambungkan ke Taffware V8 pada lubang speaker output.

Setelah terpasang semua kamu bisa melakukan tes suara terkait dengan pengaturan echo, treble dan bass. Jika dirasa sudah cukup, kamu bisa melakukan uji coba ambil gambar video yang mendukung audio/suara dalam beberapa menit. Kamu bisa menggunakan aplikasi kamera bawaan smartphone atau bisa juga menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga.

Untuk melihat hasilnya, kamu bisa menghubungkan earphone/headphone pada audio splitter di lubang earphone. Cobalah putar rekaman video yang tadi kamu ambil. Gimana, berhasil kan?

Nah jika saat ini kamu belum mempunyai soundcard ini dan tertarik untuk menggunakannya, kamu bisa mendapatkan penawaran harga terbaik soundcard Taffware V8 di sini. Selamat berkarya.