Pengguna Android, Tertarik Untuk Beralih ke iPhone SE 2020?


Baru-baru ini Apple kembali merilis perangkat iPhone versi murah yaitu iPhone SE 2020. Seberapa murahnya sih dan bagaimana fitur dan keunggulan yang ditawarkan sehingga dinilai mampu menggoda pengguna loyal perangkat Android? Mari kita simak.

Dalam situs resminya yang memperkenalkan perangkat iPhone SE 2020 terdapat foto yang "merayu" pengguna perangkat Android untuk beralih menggunakan iPhone versi murah ini. iPhone SE 2020 ini juga cocok digunakan oleh pengguna produk Apple pemula.

iPhone SE 2020 ini disebut merupakan generasi penerus perangkat versi murah yang sebelumnya juga pernah dirilis oleh Apple pada tahun 2016 silam. Namun meskipun menyandang "versi murah" ternyata iPhone SE 2020 ini telah dibekali fitur-fitur unggulan lho. Apa saja sih kelebihannya?

iPhone SE 2020

Secara tampilan dan desain iPhone SE 2020 ini mirip sekali dengan iPhone 7 atau 8. Kecenderungan itu juga makin terlihat ketika disebutkan bahwa iPhone SE 2020 ini bisa juga menggunakan casing milik iPhone 8. Wah sepertinya menarik ya.


Meskipun dirilis dalam versi murah, namun untuk urusan keamanan sepertinya Apple tidak main-main. Terbukti dalam iPhone SE 2020 ini telah dibekali sistem keamanan sensor sidik jari yang menyatu pada tombol home.

Selin itu yang membuat makin menarik adalah pada iPhone SE 2020 telah dibenamkan sertifikasi IP67 sehingga perangkat ini dipastikan akan tahan debu dan diklaim bisa bertahan di dalam air hingga kedalaman 1 meter selama kurang lebih 30 menit. Silahkan baca juga keunggulan Xiaomi Redmi 8A Pro.

Seperti pada iPhone 7 atau iPhone 8, iPhone SE 2020 ini menggunakan layar IPS LCD retina display dengan ukuran seluas 4,7 inchi. Pada layar tersebut mempunyai resolusi 1334 x 750 pixel dengan kedalaman 326 ppi serta tidak lupa juga ditambahkan fitur true tone.

Keunggulan fitur kamera juga sangat menggoda pengguna Android yaitu penggunaan kamera belakang 12MP (wide camera f/1.8). Kamera ini sudah mendukung fitur portrait mode dan juga portrait lightning effect seperti yang terdapat pada seri 7 Plus, 8 Plus, dan iPhone X.

Tidak ketinggalan urusan merekam video, Apple membuat kamera iPhone SE 2020 ini bisa digunakan untuk merekam dengan resolusi 4K dan juga untuk video slow motion. Meskipun menggunakan kamera tunggal namun pihak Apple menyebutkan bahwa kualitas kamera ini jauh lebih bagus dari iPhone 8. Wow.

Pada bagian depan juga telah disematkan kamera dengan resolusi berkekuatan 7MP (f/2.2). Pada kamera ini juga sudah mendukung mode portrait yang bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi 1080 pixel pada 30fps.


iPhone SE 2020 hadir dalam tiga warna pilihan yaitu warna merah, putih dan hitam yang terbuat dari bahan material kaca serta frame yang menggunakan bahan aluminium. Desain nampak lebih menarik dengan dibubuhkannya logo Apple di tengah pada bagian dibelakang.

Chipset A13 Bionic

Meskipun dirilis dengan embel-embel versi murah, namun Apple menggarap produk ini tidak asal-asalan. Terbukti dengan penggunaan chipset A13 Bionic pada iPhone SE 2020 yang juga digunakan pada iPhone 11 Series.

Dengan penggunaan chipset jenis ini maka tidak perlu diragukan lagi performanya karena sudah tergolong ke dalam chipset flagship. Alhasil dapat memberikan pengalaman yang memuaskan dalam hal bermain games, fotografi, penggunaan daya dan juga Augmented Reality.

Pada iPhone SE 2020 ini bisa menggunakan dual sim dan telah mendukung fast charging 18W sehingga aktifitas charge daya baterai bisa lebih cepat dengan kapasitas baterai sebesar 1.821 mAh.

Untuk kapasitas RAM pada iPhone SE 2020 ini sebesar 3GB. Untuk memperluas varian maka dihadirkan tiga varian ruang penyimpanan internal yaitu 64GB, 128GB, 256GB dengan bandrol harga mulai dari US$399 atau sekitar Rp 6,3 juta. Jadi gimana, tertarik untuk segera beralih ke iPhone SE 2020?