Cara Menggunakan WhatsApp Untuk Video Call 8 Partisipan


WhatsApp sepertinya gerak cepat menangkap peluang pasar yang bagus dan segera meningkatkan layanannya kepada pengguna terkait dengan penggunaan video call. Di tengah situasi pandemi virus corona yang saat ini belum usai, masih diberlakukan penerapan physical distancing dan membatasi segala aktifitas kegiatan atau lebih baik berdiam dirumah saja.

Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona (COVID-19) ini maka diambilah kebijakan-kebijakan untuk kebaikan bersama. Diantaranya adalah para pelajar dan mahasiswa yang diwajibkan menjalani proses pembelajaran secara daring, para pekerja yang memungkinkan untuk melakukan kontrol pekerjaannya dari rumah (WFH), dan yang terbaru adalah pemberlakuan PSBB di berbagai wilayah.

Untuk keperluan pembelajaran daring atau koordinasi dengan rekan kantor masalah pekerjaan, maka aplikasi video conference dipilih sebagai jalan yang efektif dan efisien sesuai dengan tujuan utama yakni memutus mata rantai virus corona.

Beberapa aplikasi video conference tersebut mempunyai kebijakan sendiri-sendiri terkait dengan jumlah peserta atau partisipan yang bisa join dalam satu kali panggilan/meeting. Tak terkecuali aplikasi WhatsApp yang mengijinkan penggunanya untuk bisa melakukan panggilan video terhadap pegguna lainnya. Silahkan baca juga cara menggunakan Zoom untuk video conference.

Cara Menggunakan WhatsApp Untuk Video Call 8 Partisipan

Tentu kamu sudah tidak merasa asing lagi dengan aplikasi populer yang satu ini kan. Yup aplikasi WhatsApp seperti menjadi aplikasi wajib bagi pengguna smartphone baik pengguna Android maupun pengguna iOS.


WhatsApp terkenal dengan terobosan dan inovasi yang terus menerus. Beberapa saat yang lalu WhatsApp telah merilis fitur-fitur baru yang bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh para penggunanya. Tidak ketinggalan juga WhatsApp juga merilis fitur Dark Mode yang akhir-akhir ini sedang populer.

Untuk urusan panggilan video juga menjadi perhatian. Ini bukan hal baru bagi WhatsApp karena sebelumnya aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk video call namun terbatas maksimal empat partisipan saja. Peningkatan jumlah partisipan ini juga dilakukan juga untuk fitur panggilan audio. Nah bagaimana caranya agar video call WhatsApp bisa menampung hingga 8 partisipan?

Pertama, sebelum menggunakan fitur ini pengguna harus mengunduh dan menggunakan WhatsApp versi beta yang telah tersedia, untuk pengguna Android menggunakan versi 2.20.133 dan untuk pengguna iOS menggunakan versi 2.20.50.25.


Pastikan juga untuk pengguna lain yang akan dijadikan partisipan dalam video call ini juga menggunakan versi yang sama. Langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Kemudian pilih tab call baru
  • Selanjutnya pilih panggilan grup baru
  • Pilihlah 7 kontak yang diinginkan
  • Terakhir tekan perintah video call

Dengan demikian maka ke tujuh orang yang dituju akan segera menerima undangan video call dan untuk yang sudah bergabung juga langsung ditampilkan pada layar smartphone. Nah menggunakan WhatsApp untuk video call 8 partisipan ternyata cukup mudah kan?

Sebagai informasi tambahan, aplikasi Google Duo juga melakukan pembaharuan yaitu meningkatkan batas jumlah partisipan untuk panggilan grupnya. Jadi sekarang aplikasi pesan video dari Google ini sekarang bisa digunakan untuk panggilan video hingga 12 partisipan dalam satu panggilan, yang berarti telah ditingkatkan sebanyak 8 dibandingkan dengan sebelumnya. Semoga bermanfaat.