Buruan Cek! Inilah Daftar Smartphone Yang Tidak Bisa Menggunakan Layanan WhatsApp


WhatsApp sepertinya sudah menjadi aplikasi wajib yang harus terpasang di smartphone. Hampir semua smartphone yang ada didalamnya sudah terpampang aplikasi perpesanan populer yang bernama WhatsApp. Namun beberapa saat kedepan akan ada smartphone yang tidak lagi bisa menggunakan layanan ini lagi. Smartphone jenis apa saja ya?

WhatsApp


Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp membuat kegiatan bertukar pesan menjadi lebih variatif karena tampilannya yang familiar juga dukungan fitur-fitur yang lengkap. Hal ini jauh sekali jika dibandingkan saat kita mengunakan media perpesanan SMS yang sempat populer di jamannya.

Sebelumnya juga ada aplikasi perpesanan yang tidak kalah populernya saat itu yaitu BBM. BBM atau Blackberry Messenger menjadi lebih booming ketika bisa digunakan juga pada perangkat Android sehingga jumlah pengguna juga ikut melonjak.

Namun seiring berjalannya waktu, muncul juga aplikasi WhatsApp yang akhirnya berhasil melaju mendahului BBM hingga akhirnya memaksa BBM undur diri dari hiruk pikuknya aplikasi perpesanan. Tidak lama lagi WhatsApp juga akan meluncurkan fitur-fitur terbarunya.

Kepopuleran WhatsApp tidak lepas dari upaya inovasi layanan dan fitur yang berkelanjutan sehingga pengguna juga merasa nyaman dan puas. Disamping itu juga tidak ada biaya tambahan saat menggunakan aplikasi ini dan juga mendukung beragam OS smartphone seperti Android, iOS, serta windows phone.

Menjelang pergantian tahun kali ini WhatsApp mengabarkan tidak bisa digunakan lagi pada beberapa smartphone. Mari kita cek smartphone kita.

Logo WhatsApp

Smartphone Yang Tidak Bisa Menggunakan Layanan WhatsApp


Adapun alasan yang dilontarkan oleh pihak yang bersangkutan terkait dengan hal ini adalah agar lebih bisa fokus lagi mengembangkan fitur-fitur layanan WhatsApp untuk kepuasan pengguna dimasa mendatang.

Sehingga dengan demikian akan menghentikan dukungan terhadap beberapa smartphone yang ada. Nah smartphone yang tidak bisa menggunakan layanan perpesanan ini adalah sebagai berikut :
  • Smartphone Android dengan OS 3 kebawah (smartphone Android yang dirilis sebelum 2010)
  • Iphone 5 ke bawah (iOS 8 ke bawah)
  • Smartphone ber-OS Windows Phone

Untuk poin 1 dan 2 dianjurkan untuk melakukan upgrade OS ke versi yang lebih baru (jika memungkinkan), namun untuk Windows Phone tidak demikian karena WhatsApp akan menghentikannya sama sekali. Ketentuan ini berlaku mulai dari tanggal 1 Februari 2020.

Lalu apa yang jadinya jika setelah tanggal tersebut tetap menggunakan smartphone tersebut? Untuk OS windows phone tidak bisa lagi menggunakan aplikasi ini sedangkan untuk yang Android dan iOS tidak bisa membuat akun baru dan tidak bisa juga melakukan verifikasi nomor handphone.

Saya yakin sahabat Kangagos pasti telah menggunakan smartphone baik Android maupun iOS dengan versi yang diatas persyaratan tersebut. Jika kurang yakin silahkan cek versi OS smartphone kamu masing-masing ya agar tetap bisa menggunakan aplikasi WhatsApp dan tetap terhubung dengan orang-orang terdekat. Untuk informasi menarik lainnya kamu bisa cek di bawah ini :