Jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari untuk Melancarkan Haid


Menstruasi atau haid adalah rutinitas setiap bulan yang dihadapai oleh wanita dewasa. Selain siklusnya, masalah yang sering dihadapi adalah lancar atau tidaknya menstruasi ini karena masing-masing wanita kondisinya berbeda-beda.

Belum lagi masalah nyeri yang sering menyerang di beberapa bagian tubuh selama masa menstruasi. Nah karena itu tidaklah mengherankan jika banyak wanita yang kemudian mencari tahu tentang bagaimana cara melancarkan haid secara alami dan cepat.

Sebenarnya ada banyak cara untuk membantu melancarkan haid baik dengan melakukan aktifitas tertentu, bahkan bisa dengan cara mengubah pola makan dan makanan yang dikonsumsi. Penasaran?


Jenis Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi atau Dihindari Saat Haid


Menstruasi yang suka datang tidak tepat waktu alias sering terlambat bisa membuat cemas dan kepikiran.Namun biasanya jika sudah berusia 20 tahun keatas maka menstruasi akan bisa teratur dengan sendirinya.

Nah untuk melancarkan menstruasi atau haid ini, kamu perlu mengetahui jenis-jenis makanan yang mana saja yang sebaiknya dikonsumsi dan yang tidak. Agar tidak semakin penasaran, silahkan disimak yang berikut ini ya :

1. Menghindari Minum-Minuman Dingin


Salah satu mitos yang berkembang di masyarakat terkait haid adalah mengkonsumsi minuman dingin yang dicampur es batu dapat menyebabkan darah membeku. Akibat dari pembekuan darah adalah darah kotor yang seharusnya keluar saat haid justru tertahan.

Yang sebenarnya adalah mengkonsumsi minuman dingin saat haid menyebabkan energi dari tubuh lebih banyak digunakan untuk menghangatkan tubuh.

Minuman dingin yang dikonsumsi ini juga bisa menyebabkan aliran darah menjadi terhambat sehingga haid akan menjadi terasa lebih sakit dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Oleh sebab itu Anda disarankan untuk mengkonsumsi minuman hangat untuk menghindari rasa nyeri.

2. Hindari Makanan Tertentu


Saat sedang mengalami haid, Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki citarasa pedas, terlalu asin dan manis serta makanan berminyak.

Kamu juga harus menghindari minuman teh yang kental. Pasalnya, teh kental mengandung asal tannin yang akan menghambat zat besi dan protein terserap ke tubuh.


3. Meningkatkan Konsumsi Zat Besi

Seorang wanita yang tengah menstruasi atau haid sangat riskan jika sampai kekurangan zat besi. Hal tersebut dikarenakan wanita tersebut akan mengeluarkan sebanyak 30 sampai 80 ml darah yang mengandung zat besi sekitar 15 sampai 25 ml.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi seperti yang terdapat pada hati, daging merah, bayam dan kuning telur.

4. Minum Air Putih

Haid akan menyebabkan wanita kekurangan cairan karena darah yang terus keluar. Untuk itu disarankan untuk mengkonsumsi banyak air putih untuk membantu melancarkan haid.

Banyak hal yang menjadi penyebab haid sedikit dan bisa dihindari jika mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi.