Begini Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode WhatsApp


Beberapa waktu lalu WhatsApp mengumumkan akan merilis fitur-fitur baru baik untuk perangkat Android dan juga iOS. Salah satu fitur baru yang ditunggu-tunggu adalah fitur dark mode yang dinilai dapat mengurangi ketegangan mata saat berada di tempat gelap atau minim cahaya.

Misalnya seperti saat berada di dalam gedung bioskop yang dalam keadaan gelap, sementara kita diharuskan untuk membalas chat menggunakan aplikasi WhatsApp. Pastinya kita merasa tidak nyaman kan kalau harus menyalakan smartphone karena aplikasi WhatsApp masih menggunakan mode terang.

Itu merupakan salah satu contoh saja manfaat pemakaian fitur dark mode atau mode gelap pada aplikasi WhatsApp.

Selain mengumumkan fitur-fitur baru yang segera diluncurkan, WhatsApp juga memberikan informasi mengenai jenis smartphone yang bakal tidak bisa menggunakan aplikasi chat populer ini.

Namun menurut Kangagos sendiri, jenis smartphone yang tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp ini tidak begitu berpengaruh karena pengguna smartphone sekarang ini rata-rata sudah menggunakan smartphone keluaran terbaru. Artinya sudah menggunakan versi Android /iOS yang telah disyaratkan untuk bisa memasang aplikasi WhasApp.

Nah terkait dengan fitur baru khususnya fitur dark mode pada aplikasi WhatsApp, bagaimana cara mengaktifkannya ya?

Fitur Dark Mode WhatsApp


Mungkin diantara temans Kangagos sejak bulan Februari kemarin sudah mengintip fitur ini di aplikasi WhatsApp, namun tidak kunjung hadir juga.

Sepertinya pihak WhatsApp mengerti akan antusiasme penggunanya untuk segera bisa mencicipi fitur dark mode. Untuk itu fitur ini dengan segera di luncurkan agar bisa segera dinikmati oleh para pengguna.

Menurut pihak WhatsApp, fitur mode gelap untuk aplikasi WhatsApp ini bisa memberikan pengalaman baru dengan tampilan yang terlihat lebih segar.

Penggunaan fitur ini tidak mengurangi kenyaman pengguna ketika menggunakan aplikasinya karena dark mode atau mode gelap WhatsApp memadukan warna abu-abu gelap khusus dan juga warna putih tulang (off-white) untuk menjaga kondisi mata tetap berada pada zona nyaman. Silahkan baca juga aplikasi alternatif pengganti WhatsApp.

Berikut tampilannya ketika mencoba fitur mode gelap WhatsApp pada perangkat Android yang masih menggunakan versi 5 atau Lollipop :


Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp


Langsung saja jika tertarik untuk mencoba dan menggunakan fitur dark mode ini, silahkan cek terlebih dahulu apakah saat ini kamu sudah menggunakan aplikasi WhatsApp dengan versi yang terbaru.

Jika belum silahkan lakukan update terlebih dahulu. Jika sudah menggunakan aplikasi ini dengan versi terbaru silahkan ke langkah berikut nya.

Untuk kamu pengguna perangkat Android 10 dan iOS 13 bisa mengaktifkan fitur dark mode ini dengan lebih mudah dan cepat karena bisa melalui pengaturan perangkat. Sedangkan bagi pengguna dengan versi dibawahnya, maka langkahnya sebagai berikut :
  • Buka aplikasi Whatsapp
  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih menu chat
  • Kemudian menu tema
  • Selanjutnya pilih gelap/dark

Nah mudah kan. Dengan mengaktifkan fitur dark mode WhatsApp ini kamu bisa dengan nyaman berbalas pesan WhatsApp meskipun ditempat yang gelap.