Intip Fitur Baru yang Diluncurkan Aplikasi WhatsApp




Aplikasi WhatsApp kembali menambahkan fitur-fitur baru dalam upaya meningkatkan kepuasan pengguna. Sebagai aplikasi perpesanan populer, WhatsApp ingin memanjakan pengguna dengan terus mengembangkan fitur pada aplikasinya.

Seperti kabar sebelumnya yang mengatakan bahwa WhatsApp akan menghentikan layanannya pada beberapa jenis smartphone dengan tujuan agar bisa fokus memberikan yang terbaik untuk pengguna setianya.

Fitur Baru Aplikasi WhatsApp


Aplikasi WhatsApp memang terbilang rajin untuk mengembangkan aplikasinya dengan menambahkan fitur-fitur baru di setiap tahunnya. Nah fitur baru yang berikut ini juga merupakan kejutan untuk pengguna menyongsong tahun baru. Apa saja ya, yuk kita simak :


1. Dark Mode / Mode Gelap


Sepertinya mode gelap atau dark mode ini menjadi tren tersendiri setelah sebelumnya telah digunakan pada beberapa aplikasi seperti Youtube, Instagram, dan Twitter yang mendapat sambutan positif dari para penggunanya.

WhatsApp memperkenalkan fitur ini dengan nama dark theme, namun gelap disini bukan berwarna hitam melainkan berwarna biru. Pengguna akan dapat menggunakan fitur ini secara otomatis atau manual dengan mengkatifkannya melalui menu pengaturan. Silahkan baca juga geliat siaran televisi digital terestrial.

Fitur ini akan dapat menambah kenyamanan di mata saat menggunakan aplikasi WhatsApp, dan untuk pengguna smartphone berlayar AMOLED akan lebih terasa dampaknya karena dapat meghemat konsumsi batere. Silahkan baca juga aplikasi alternatif WhatsApp.

2. Menghapus pesan secara otomatis


Kemungkinan fitur ini akan bernama delete messages yang kegunaannya mirip seperti secret chat pada aplikasi telegram yang bisa menghapus pesan secara otomatis setelah beberapa waktu dikirimkan. Nah fitur ini bakalan cocok buat kamu yang sangat menjaga privacy ya.

Untuk jangka waktu pesan dari sejak dikirimkan hingga terhapus bisa dalam hitungan jam, hari, minggu atau tahun, tergantung pengaturannya.

Namun kabarnya fitur ini pada awalnya hanya bisa diterapkan pada grup WhatsApp saja, sedangkan perpesanan pribadi secara langsung tidak bisa. Entahlah jika kedepannya nanti akan ada perubahan.

3. Reverse Image Search


Untuk fitur yang satu ini memang masih sedikit informasi kegunaannya, namun beberapa sumber menyebutkan bahwa fitur ini membantu pengguna dalam menelusuri sebuah gambar yang diterimanya.

Dengan demikian akan dapat menekan jumlah berita hoax yang beredar di masyarakat. Mengingat belakangan ini produksi dan peredaran informasi palsu / hoax masih tinggi dan sangat meresahkan.


4. Iklan Pada Status WhatsApp


Selama ini, aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi dari Facebook yang bersih dari iklan. Namun kabarnya nanti pada WhatsApp juga akan disisipi iklan pada WhatsApp Stories.

Hal ini seperti yang ada pada Instagram Stories, yang mana nantinya iklan tersebut akan muncul lengkap dengan ikon "swipe-up" yang akan mengarah pada situs pengiklan. Sedangkan pada sisi atas akan terlihat nama perusahaan pengiklan atau produk yang diiklankan.

5. Face Unlock dan Emoji Baru


Untuk menambah keamanan pengguna maka WhatsApp akan menambahkan fitur Face Unlock atau fitur pengenalan wajah untuk membuka aplikasi. Sehingga dengan demikian dapat meminimalkan pembobolan akun WhatsApp.

Selain itu juga ditambahkan emoji-emoji baru yang akan dapat mewarnai aktifitas perpesanan kamu akan lebih menarik. Jangan lupa untuk cek versi terbaru Aplikasi WhatsApp kamu ya.