Tips Berbisnis Online Dengan Memanfaatkan Sosial Media



Jaman sekarang, siapa sih yang tidak mengenal sosial media? Sebut saja Facebook, Twitter, Instagram, Google+, Path, atau sosial media yang lainnya. Bukan hanya kalangan usia remaja saja yang getol menggunakan sosial media ini, namun mulai dari anak-anak hingga orangtua pada umumnya juga menjadi pengguna sosial media ini, paling tidak telah memiliki satu akun sosial media.

Banyak alasan atau latar belakang mengapa menggunakan sosial media yang ada saat ini, diantaranya adalah karena ingin menjalin silaturahmi dengan teman-teman lama, atau sekedar eksis di dunia maya.

Tidak hanya itu, sosial media ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis online. Iya bisnis online, yang sedang menjamur akhir-akhir ini. Kok bisa?

Mengapa Memilih Bisnis Online

Jaman sekarang, jika orang membutuhkan sebuah barang maka akan mencari informasi lebih dengan memanfaatkan mesin pencari google.

Nah, jika blog / website / sosial media yang memuat informasi produk yang dicari tersebut muncul pada pencarian google, bukan tidak mungkin akan mendatangkan sebuah orderan. Peluang inilah yang kemudian ditangkap oleh pelaku bisnis online untuk "mendisplay" barang atau produk yang dijualnya.

Sebagai contoh, pada Facebook banyak sekali berseliweran beragam barang atau produk yang ditawarkan. Belum lagi adanya fasilitas grup jual beli yang bisa dengan mudah ditemukan. Grup jual beli inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk untuk bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat. Jika ada waktu senggang silahkan belajar Facebook dan mengenal fitur-fitur yang ditawarkan.

Begitu pentingnya sosial media marketing ini untuk melesatkan omset dari sebuah bisnis online. Agar apa yang dilakukan bisa tepat sasaran pada target pasar potensial sehingga bisa menghasilkan konversi.

Dalam jual beli online atau jual beli via internet ini, antara penjual dan pembeli sama-sama memiliki keuntungan, yaitu :

1. Penjual

  • Mudah mengelola, hanya dibutuhkan smartphone dan koneksi internet saja sudah bisa menawarkan barang ke sosial media.
  • Tidak perlu memiliki toko fisik, karena stok barang bisa di tempatkan di ruangan rumah dan tidak membutuhkan tempat khusus sehingga bisa menekan pengeluaran modal awal.
  • Tidak perlu menggaji karyawan, karena bisa dikelola sendiri baik itu pemesanan, packing, maupun pengiriman.
  • Pangsa pasar luas, karena jangkauan internet itu tak terbatas sehingga memungkinkan bisa mendapatkan pelanggan dari seluruh penjuru dunia
  • Waktu fleksibel, karena bisa sambil mengerjakan pekerjaan rumah lainnya dan selalu bisa berkumpul dengan keluarga tercinta.
  • Biaya promosi murah, hanya perlu sosial media untuk memperkenalkan produk sehingga bisa menekan biaya promosi

2. Pembeli

  • Tidak perlu keluar rumah, karena mendapatkan barang bisa melalui internet dan bisa langsung terhubung dengan penjual.
  • Lebih hemat biaya, karena tidak diperlukan biaya transport dan biaya lainnya ketika mengharuskan membeli barang secara konvensional
  • Bisa mendapatkan harga yang murah, pembeli bisa dengan mudah dan cepat membandingkan harga dari toko satu ke toko lainnya sehingga bisa memilih untuk membeli barang dengan harga yang lebih murah.
  • Tidak terbatas waktu, dalam hal mencari barang kebutuhan atau barang yang diinginkan bisa kapan saja dan dimana saja.

Perlunya Memanfaatkan Sosial Media

Dengan menggunakan dan memanfaatkan kehadiran sosial media untuk melebarkan usaha bisnis online adalah sebuah pilihan yang tepat. Karena dengan begitu produk yang ditawarkan akan dikenal lebih luas lagi tak terbatas ruang dan waktu.

Coba bandingkan jika hanya mengandalkan berjualan secara offline saja, maka pengenalan produk akan terbatas pada lingkungan sekitar saja. Dan pastinya akan butuh waktu yang lama dan biaya ekstra sebuah produk akan dikenal secara luas oleh masyarakat.
Menurut techinasia.com, pengguna aktif sosial media semakin hari semakin meningkat yang menandakan bahwa potensi dari pasar online ini sangatlah bagus. Dan keuntungan pemanfaatan sosial media sebagai penunjang bisnis online adalah :
1. Pangsa pasar tidak terbatas, karena pengguna baru akan terus bertumbuh
2. Promosi produk akan lebih cepat sampai kepada penerima informasi
3. Hemat waktu, sekali promo atau upload foto produk, langsung bisa dilihat follower potensial
4. Meniadakan jarak antara penjual dan pembeli

Tips Menggunakan Sosial Media Sebagai Penunjang Bisnis Online

Meskipun mudah untuk membuat akun pada sosial media, namun jika akun tersebut ditujukan untuk usaha online, maka akun tersebut harus dikelola dengan baik agar bisa tercipta personal branding yang kuat. Berikut ini beberapa tips menggunakan sosial media sebagai penunjang bisnis online, yaitu :

1. Buatlah akun khusus

Buatlah akun yang dikhususkan untuk sarana promosi dan memperkenalkan produk yang ditawarkan. Jangan mencampuradukkan akun pribadi dan akun jualan.

2. Bangun pertemanan pada target potensial

Tambahkan teman yang sekiranya tertarik pada produk yang di jual / teman tertarget agar nantinya promosi yang kita lakukan bisa tepat sasaran dan berujung pada conversi penjualan.

3. Buat gambar atau foto yang menarik

Tampilkan detil produk yang ditawarkan, baik tampak depan, samping, maupun belakang agar calon pembeli bisa melihat dan memahami barang tersebut secara gamblang serta

4. Beri keterangan atau caption yang detil

Jangan lupa untuk memberi caption atau keterangan pada poto yang di upload. Berilah keterangan yang lengkap barang yang ditawarkan, meliputi spesifikasi produk, dimensi, dan berat pengiriman. Sertakan juga nomor yang bisa dihubungi untuk memudahkan calon pembeli yang menginginkan komunikasi secara personal / japri sehingga tidak tanya jawab tidak selalu bergantung pada kolom komentar.

5. Gunakan hastag

Jika memiliki banyak varian barang yang untuk di jual, gunakan hashtag misalnya #jualanku. Penggunaan hashtag ini bertujuan untuk mempermudah calon pembeli menemukan barang yang akan dibelinya dari toko online kita.
Jangan lewatkan artikel tekno berikut ini ya :

6. Bangun komunikasi yang baik

Bangun dan ciptakan komunikasi yang hangat dengan calon pembeli, hal ini akan menimbulkan rasa nyaman, yakin, dan mantap bertransaksi dengan kita. Termasuk juga dalam membalas pertanyaan baik secara japri maupun pada kolom komentar usahakan dengan fast respon.

Orderan Mengalir Deras Dari Instagram

Instagram menjadi sosial media yang booming belakangan ini. Dengan instagram juga dapat kita manfaatkan untuk mendongkrak jualan produk kita, baik produk fisik maupun produk digital. Bagaimana caranya ya?/div>
Tentunya hal pertama adalah berapa banyak follower kita di Instagram. Ini menjadi penting karena percuma juga kita gencar berpromosi di Instagram, sedangkan follower hanya sedikit, itupun tidak potensial menjadi pembeli.
Dengan bantuan Gramcaster kita bisa menambah jumlah follower secara natural dan tentu bisa menjadi calon pembeli potensial. Sekali lagi, follower natural dan tertarget, jadi follower ini sesuai degan target market dari produk yang kamu jual.

Dengan memiliki follower tertarget yang tertarik dengan produk yang kamu jual, maka orderan dari Instagram akan mengalir deras. Segera miliki Gramcaster ya untuk keuntungan yang berlipat bahkan ketika kamu tidur sekalipun. CEKIDOT DISINI.

Dengan menggunakan teknik sosial media marketing dan belajar digital marketing yang bagus dan tepat maka akan semakin membuka peluang untuk meningkatkan omset dari bulan ke bulan. Selamat berbisnis online.