Cara Menggunakan Zoom Cloud Meetings Untuk Video Conference


Video Conference menjadi alternatif untuk bisa tetap produktif saat work form home atau pembelajaran online di rumah untuk siswa-siswa sekolah atau para mahasiswa di tengah merebaknya pandemi virus corona saat ini.

Cara untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona salah satunya menjaga jarak satu sama lain atau istilahnya social physical distancing dan mengurangi aktifitas atau interaksi dengan orang lain, maka anjuran untuk #dirumahaja dinilai sangat efektif untuk hal tersebut.

Oleh karena itu siswa-siswa sekolah semua diliburkan dan belajar dirumah dengan mengerjakan tugas-tugas secara online. Sedangkan pekerja kantoran ada yang bekerja dari rumah secara penuh dan juga ada yang WFH secara bergiliran.

Lantas bagaimana caranya karyawan yang mendapatkan giliran work from home melaporkan pekerjaannya ke atasan atau mengkoordinasikan pekerjaannya dengan rekan atau divisi lain? Bagaimana caranya ketika akan mendiskusikan suatu permasalahan pekerjaan secara bersama-sama?

Video Conference Menggunakan Zoom Cloud Meetings


Nama aplikasi Zoom akhir-akhir ini semakin populer dan melambung semenjak diterapkannya WFH dan physical distancing. Tidak mengherankan memang, karena dengan Zoom semua aktifitas bisa berjalan meskipun dilakukan dari rumah. Selain itu Zoom juga dinilai mempunyai kelebihan dan fitur unggulan seperti :

  • Mudah bergabung dalam conference, untuk "menghadiri" undangan cukup dengan klik link yang diberikan dan hanya dengan menekan menu Join a Meeting pengguna sudah bisa langsung masuk dalam conference.
  • Schedule a Meeting, yaitu fitur yang mengijinkan Host untuk membuat jadwal meeting/conference yang akan diadakan.
  • Host a Meeting, yaitu salah satu peserta bisa menjadi host meeting/conference yang dapat mengatur conference tersebut dengan tiga pilihan yaitu tanpa video, dengan video, serta menggunakan video dan menampilkan slide presentasi.


Dilihat dari fitur yang ditawarkan Zoom Cloud Meetings memang terlihat sangat lengkap dan menarik. Hal tersebut ditambah lagi dengan ditambah kemudahan penggunaannya karena bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone maupun laptop atau PC. Bagaimana cara menggunakan Zoom Cloud Meetings menggunakan smartphone atau laptop ya?

1. Cara Menggunakan Zoom di Smartphone (Android atau iPhone)


Mengingat pengguna smartphone semakin meningkat, Zoom memfasilitasi pengguna smartphone untuk bisa memanfaatkan smartphone miliknya untuk keperluan video conference. Penggunaan smartphone ini dinilai lebih mudah dan fleksibel.

Zoom bisa digunakan pada perangkat Android maupun pada perangkat iPhone, jika kamu masih bingung bagaimana cara menggunakan Zoom di smartphone caranya adalah sebagai berikut :

  • Jika belum mempunyai aplikasi Zoom di smartphone, kamu bisa mengunduh aplikasi Zoom di Google Play Store (pengguna smartphone Android) atau di Apps Store (pengguna iPhone).
  • Dengan ukuran file yang kecil maka tidak perlu lama untuk memasang aplikasi ini pada smartphone. Jika sudah terpasang dengan sempurna kemudian buka aplikasi Zoom.
  • Selanjutnya kamu bisa melakukan Sign Up untuk membuat akun dengan menggunakan email atau juga bisa menggunakan akun facebook.
  • Jika menggunakan email maka nanti akan dikirimi link untuk aktivasi akun Zoom kamu, ikuti saja langkahnya setelah menerima email aktivasinya.

Jika sudah selesai maka akun Zoom kamu sudah aktif dan bisa digunakan untuk video conference. Jika kamu ingin membuat sebuah conference atau meeting, caranya adalah sebagai berikut :


  • Masuklah ke menu pengaturan atau setting, kemudian cari menu My Profile dan temukan Personal Meeting ID yang mana PMI ini dapat digunakan untuk mengundang partisipan untuk masuk ke video conference.
  • Untuk mengundang partisipan, copy Personal Meeting ID dan kirimlah ke teman-teman yang akan diundang ke video conference.
  • Untuk mengundang partisipan kamu juga bisa menggunakan menu invite yang ada pada conference yang telah kamu buat dan copy link URL.
  • Kamu cukup membagikan link URL tersebut ke partisipan yang kamu undang, sehingga partisipan tersebut tinggal klik link dan masuk dalam video conference.

Nah sangat mudah kan melakukan video conference dengan aplikasi Zoom menggunakan smartphone. Selanjutnya kita akan mengetahui bagaimana jika video conference tersebut dilakukan di laptop atau PC. Cekidot.

2. Cara Menggunakan Zoom di Laptop


Setelah mengetahui bagaimana cara melakukan video conference di smartphone menggunakan aplikasi Zoom, kini beralih cara penggunaannya di laptop atau PC. Untuk hal kemudahannya sebenarnya sama saja antara di smartphone maupun di laptop/PC, tergantung kebutuhan dan keperluan saja. Silahkan baca juga alternatif aplikasi Zoom Cloud Meetings untuk video conference.

Adapun jika ingin melakukan video conference dengan Zoom menggunakan laptop atau PC adalah sebagai berikut :


  • Jika belum ada aplikasi Zoom terinstal di laptop, silahkan buka terlebih dahulu menggunakan browser dan masukkan alamat https://www.zoom.us.
  • Jika sudah terunduh kemudian instal di laptop.
  • Kemudian bukalah Zoom dan buatlah akun tahapannya sama seperti pada smartphone.
  • Untuk membuat conference baru, tahapannya juga sama dengan cara pada smartphone.

Kemudahan lain dari aplikasi Zoom untuk melakukan video conference adalah partisipan yang diundang tidak perlu harus mempunyai akun. Setelah klik link yang dibagikan bisa langsung masuk ke dalam conference. Sangat menarik kan?