Tips Agar #dirumahaja Tidak Jenuh dan bosan


Terkait dengan pandemi virus corona yang melanda di Indonesia, ada beberapa kebijakan yang diterapkan pemerintah untuk tujuan memutus mata rantai penyebaran virus ini. Diantaranya adalah anjuran untuk tetap berada di rumah dan mengurangi aktifitas di luaran atau di tempat umum.

Yang bisa kita lihat adalah sekolah-sekolah yang sudah diliburkan, anjuran bekerja dari rumah (work from home) dan juga menjaga jarak dengan orang lain.

Memang terdengar menyenangkan jika harus libur dan berada di rumah, namun sudah menjadi sifat manusia jika sesuatu yang terjadi secara berkelanjutan rentan akan menimbulkan kejenuhan dan kebosanan. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang merasakan kebosanan dan kejenuhan tersebut saat #dirumahaja?

Tidak baik untuk terus berlarut-larut dalam kejenuhan dan kebosanan, namun sebaliknya harus kita lawan rasa jenuh dan bosa tersebut seperti halnya kita yakin akan menang melawan virus corona ini.

Tips Agar #dirumahaja Tidak Jenuh dan Membosankan


Jika kamu sudah dirundung rasa jenuh dan bosan selama masa pandemi ini dan diharuskan untuk lebih banyak berada di rumah, sebaiknya segera mencari cara agar rasa tersebut segera menjauh dan hilang.

Apalagi saat ini terdapat fasilitas-fasilitas yang bisa kita manfaatkan untuk mengusir rasa jenuh dan bosan seperti internet. Namun jika itupun mampu membuat kamu merasa jeuh dan bosan, cobalah lakukan hal-hal berikut ini :


1. Berolahraga

Mungkin ini merupakan aktifitas yang "terlupakan" ketika kondisi normal karena padatnya rutinitas yang kamu lalui setiap harinya.

Olahraga sangatlah penting untuk dilakukan agar tubuh bisa tetap bugar dan sehat. Untuk mengisi waktu dan mengusir rasa jenuh dan bosan tidaklah harus melakukan olahraga berat. Olahraga yang bisa dilakukan adalah seperti bersepeda, jogging, berjalan. Jika dirumah ada sepeda statis atau treadmill akan lebih baik karena tidak harus keluar rumah.

Atau juga bisa melakukan gerakan zumba atau yoga dengan instruktur online alias sambil melihat tayangan di Youtube.

2. Memanjakan Hobi

Ini saat yang tepat untuk menyalurkan dan memanjakan hobi karena ada banyak waktu saat dirumah. Mungkin kamu hobi bernyanyi? Saat #dirumahaja ini kamu bisa "melampiaskan" keinginan kamu untuk bisa menyanyikan lagu-lagu favorit yang selama ini tertunda karena rutinitas yang kamu jalani.

Atau kamu mempunyai ketrampilan membuat produk-produk kerajinan atau handmade? Sekarang saatnya untuk menunjukkan keahlian kamu untuk membuat dan memproduksi karya-karya souvenir kamu yang selama ini hanya terbatas pada ide saja.

Ini juga dapat membuat kamu menjadi lebih produktif jika hasil karya kamu ini diminati banyak orang, kamu bisa menjualnya secara online.

Punya hobi yang lain? Memasak misalnya? Hobi ini sangat cocok lho karena selama berdiam diri dirumah bisa bereksperimen dengan masakan-masakan baru hasil improvisasi kamu yang tertunda selama ini.   Tentu keluarga tercinta yang akan menjadi jurinya ya.

Hobi lainnya yang pas untuk saat-saat seperti ini adalah hobi bermain musik. Bagi kamu yang sedang belajar memainkan alat musik seperti piano, drum, gitar atau yang lainnya inilah saatnya untuk mendalami apa yang kamu pelajari selama ini dalam memainkan alat musik.

3. Bermain Game


Mungkin kamu adalah penyuka game online di smartphone dan sering memainkannya di sela-sela kesibukan kamu. Namun kini bermain game akan lebih seru jika dilakukan bersama-sama, pada kondisi seperti ini kamu bisa bermain game bersama keluarga tercinta. Jika selama ini kamu hanya bermain Playstation sendirian, sekarang kamu bisa mengajak saudara kamu untuk bermain bersama.

Atau permainan seru lainnya seperti monopoli atau halma? Sepertinya juga sangat bagus untuk dimainkan bersama-sama.

4. Nonton Film Favorit

Bagi kamu yang hobi nonton film drakor dan telah mempunyai daftar film-film yang akan ditonton, saat #dirumahaja ini kamu bisa menyelesaikan keinginan kamu dengan menuntaskan nonton film-film tersebut.

5. Update Blog Atau Konten Video Youtube

Jika kamu mempunyai blog atau seorang Youtuber dan selama ini blog atau channel Youtube kamu tidak terurus karena kesibukan kamu sehari-hari, inilah saatnya untuk kembali merawatnya. Dengan waktu yang luang dan dengan dukungan koneksi internet yang cepat pasti kegiatan ini akan berlangsung secara menyenangkan.


6. Membersihkan Rumah

Jangan ada kata malas-malasan selama menjalani masa #dirumahaja ya, malahan ini jadi waktu yang tepat untuk beberes rumah atau menata ulang perabotan-perabotan dalam rumah agar tercipta suasana baru. Dengan demikian maka akan semakin betah tinggal dirumah dan berkarya dari rumah pun akan sangat terasa nyaman.

7. Video Call Bersama Teman

Untuk mengusir rasa jenuh, bosan dan suntuk saat dirumah kamu juga bisa melakukan video call teman-teman kamu. Selain sebagai pelepas rasa rindu seperti saat kondisi normal yang bebas nongkrong juga sebagai penyambung tali silaturahmi. Untuk video conference kamu bisa menggunakan layanan Zoom Cloud Meetings.

8. Belanja Online

Nah kalau kamu suka shopping di mall atau pusat perbelanjaan lainnya, dengan adanya anjuran #dirumahaja tidak membuat kesukaan kamu ini akan berhenti begitu saja. Kamu masih bisa "meluapkan" keinginan kamu untuk memiliki barang-barang idamanmu secara online. Terlebih di saat ini banyak program diskon dan gratis ongkir yang digencarkan oleh marketplace.

Demikian hal-hal yang bisa kamu lakukan selama #dirumahaja agar terhindar dari rasa jenuh dan bosan. Untuk informasi menarik lainnya silahkan cek info di bawah ini ya. Semoga bermanfaat.