Corona dan Pengaruhnya di Kehidupan Kita


Corona virus diseases 2019 atau yang biasa disebut corona/korona berhasil membuat hampir semua negara di dunia ini kalang kabut untuk menghadapinya. Virus yang konon berasal dari Wuhan khususnya tempat kuliner yang menyediakan menu yang tidak biasa ini dalam waktu yang singkat telah menyebar ke berbagai negara.

Seiring dengan mencuatnya ancaman Corona ini, tidak jarang kita juga semakin dibingungkan dengan berita-berita yang kita terima baik melalui media online, televisi, atau di sosial media. Kalau kita tidak jeli dan cermat bisa saja kita terjerumus pada berita yang menyesatkan alias hoax.

Hingga saat ini korban Di Indonesia dan dunia sudah cukup banyak semoga tidak ada lagi korban-korban berikutnya. Untuk itu kita harus mengetahui dengan jelas bagaimana virus corona ini menularkan satu sama lain.

Corona Virus Diseases 2019

Corona Virus Diseases (COVID-19) atau biasa disebut juga virus korona merupakan penyakit menular pada manusia yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 dan belum pernah teridentifikasi sebelumnya pada manusia.

Virus corona ini dapat mengancam siapa saja, tidak peduli tua atau muda, laki-laki atau perempuan, tidak peduli kaya atau miskin, semua berpotensi untuk tertulari virus ini. Oleh karena itu kita harus tetap waspada dan menjaga kebersihan untuk menghindari ancaman virus corona ini.


Perlu diketahui bahwa virus corona dapat menular atau menyebar melalui beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Bersentuhan langsung dengan penderita COVID-19
  • Menyentuh benda yang sebelumnya disentuh juga oleh penderita COVID-19
  • Terkena percikan (droplet) ludah dari penderita COVID-19 saat bersin atau batuk, juga tetesan air liur dan hidung
  • Menyentuh area wajah tanpa tanpa didahului cuci tangan setelah beraktifitas diluaran

Selain itu, daya tubuh juga berpengaruh terhadap penularan virus ini, yaitu seseorang yang mempunyai imun atau daya tahan tubuh yang kuat maka akan sulit terjangkit virus corona, dan sebaliknya.

Namun perlu diperhatikan, kita hidup tidak sendirian apalagi yang sudah berkeluarga. Bisa saja daya tahan tubuh kamu kuat dan bagus sehingga kamu merasa aman dari ancaman virus corona ini. Namun bagaimana jika virus ini menempel di tubuhmu atau bajumu sementara kamu bertemu dengan keluargamu yang daya tahan tubuhnya sedang tidak fit?

Jadi penularannya tidak harus berinteraksi langsung dengan penderita positif COVID-19 ya, karena bisa juga melalui perantara seseorang yang berdaya tahan (sedang) bagus dan kuat.

Gejala Timbulnya Virus Corona

Mengingat sangat mudah dan sangat berpotensinya setiap orang untuk terkena dan menularkan virus corona ini, maka berhati-hatilah dalam beraktifitas diluar rumah (setidaknya untuk waktu dekat ini). Jaga jarak dan selalu menjaga kebersihan adalah ikhtiar kita untuk dijauhkan dari virus ini.

Namun kita juga perlu tahu apa saja sih gejala-gejala yang timbul saat terjangkit virus corona agar kita lebih waspada dan harapannya dapat mendapatkan perawatan sedini mungkin.

Jika dalam waktu sekarang ini kamu menderita sakit flu atau bersin-bersin sebaiknya segera memeriksakan diri karena disebutkan bahwa ketika terinfeksi virus corona ini penderita akan mengalami gejala seperti flu. Oleh karena itu janganlah diremehkan ya. Untuk mengetahui gejala-gejala yang timbul saat terinfeksi virus corona adalah sebagai berikut :

  • Demam dan suhu tubuh tinggi (di atas 38 derajat Celcius)
  • Flu
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Merasa kelelahan
  • Sakit tenggorokan

Berdasarkan penelitian, gejala COVID-19 ini akan muncul dalam kurun waktu dua hari hingga dua minggu setelah terpapar virus Corona. Jadi penderita corona baru bisa terlihat di hari ke empat belas ya. Atau jika diambil rata-rata, penderita terlihat terkena paparan virus corona timbul gejala klinis dalam lima hari.


Nah untuk menangkal serangan virus corona ini ada hal-hal yang harus kita lakukan yaitu sebagai berikut :

  • Sering cuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer atau sabun selama 20 detik
  • Menggunakan masker
  • Bila perlu saat cuci tangan gunakan air hangat
  • Hindari mengusap area wajah, mata, hidung, mulut dengan menggunakan tangan
  • Hindari berdekatan atau kontak langsung dengan penderita COVID-19
  • Hindari berpergian jika tidak penting
  • Hindari kerumunan dan juga beraktifitas di tempat umum
  • Banyak berisitirahat
  • Konsumsi vitamin

Corona dan Pengaruhnya di Kehidupan Kita

Keberadaan virus ini sedikit banyak berpengaruh pada kehidupan kita sehari-hari. Seperti anjuran dari pemerintah yang mengharuskan kita melakukan Work form home, social physical distancing atau mengambil jarak dari orang-orang sekitar agar tidak saling menularkan virus ini. Mengingat penularan virus ini sangat mudah.

Imbas pada kehidupan kita adalah kita yang sudah terbiasa bersalaman ketika bertemu satu sama lain mungkin agak kikuk dengan meniadakan salaman. Oiya silahkan baca juga cara berhenti merokok yang efektif.

Namun ini adalah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona, jadi bagaimanapun juga kita harus melakukannya demi kesehatan diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai.

Bahkan dalam kegiatan ibadah juga dibatasi terkait masalah virus ini seperti ibadah umroh yang sementara ini dihentikan sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Anak-anak sekolah juga ditugaskan untuk belajar dirumah selama dua minggu, yang akhirnya diperpanjang. Ini akan menjadi lebih efektif jika anak-anak benar-benar berada di dalam rumah selama masa itu, bukan tetap bermain bersama teman-temannya. Coba kita amati dilingkungan sekitar kita. Silahkan baca juga anti bosan saat #dirumahaja.

Sebagai contoh hari minggu kemarin, Saya mengantar istri ke pasar untuk membeli kebutuhan dapur dan sayur-sayuran. Ternyata pasar masih tetap ramai dan jika diamati aktifitas berjalan seperti biasa seperti tidak ada ancaman virus corona.

Transaksi jual beli masih berjalan seperti biasanya, para pembeli berlalu lalang dan tidak jarang saling bersentuhan satu sama lain. Ini menjadi salah satu contoh anjuran untuk melakukan physical distancing tidak berlaku. Ingat, tidak peduli siapapun, kita semua berpotensi untuk menularkan virus corona ini ke orang lain.


Sisi positif dari pandemi ini adalah dapat menimbulkan kesadaran akan kebersihan, baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Mungkin selama ini, Saya khususnya bisa dikatakan jarang cuci tangan setelah melakukan berbagai aktifitas. Namun kini dimana-mana dianjurkan untuk sesering mungkin cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer segera setelah beraktifitas.

Oleh karena itu hindarilah kerumunan, sementara jangan nongkrong atau ngumpul-ngumpul dululah. Bagi teman-teman yang mau pulang kampung, sementara ditunda dulu ya sesuai dengan instruksi dari pemerintah agar virus corona ini tidak semakin meluas.

Semoga pandemi COVID-19 atau virus corona ini segera berlalu, dan kita semua terhindar dari ancaman virus ini serta selalu berada dalam lindungan-Nya. Aamiin.

Mari Bersatu Lawan Corona, Kita Pasti Menang. Jangan lewatkan informasi menarik lainnya di bawah ini :