Tips Memilih Agen Travel Umroh yang Amanah dan Tepercaya




Mendapatkan kesempatan untuk bisa menjalankan ibadah umroh dan atau bahkan berhaji adalah keinginan dan impian bagi semua umat muslim, termasuk juga Saya. Saya pun berharap di sisa usia ini masih diberi kesempatan untuk bisa bertamu ke Baitullah. Aamiin.

Bagaimana dengan sahabat Kangagos khususnya yang muslim, apakah mempunyai keinginan yang sama seperti Saya? Pastinya dong ya.

Atau mungkin diantara sahabat telah berkesempatan untuk menunaikan ibadah umroh maupun haji, semoga mabrur.

Bagi sahabat yang belum, karena kendala beberapa hal seperti kesempatan atau keuangan, semoga selalu diberi kelancaran dan dimudahkan untuk bisa segera melaksanakannya.

Negara kita tercinta Indonesia ini adalah merupakan negara dengan jumlah penduduk umat muslim terbesar di dunia. Dan menurut data dari Kementrian Agama jemaah umroh terus meningkat dari tahun ke tahun, termasuk di tahun 2019 yang diprediksi akan terus bertambah.

Kemungkinan salah satu penyebabnya adalah waktu tunggu yang lama untuk bisa beribadah haji karena antrian yang panjang. Namun kabar baiknya adalah tahun ini Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 10.000. Alhamdulillah.

Jadi untuk bisa segera beribadah ke Tanah suci alternatifnya adalah dengan melaksanakan ibadah umroh. Jika mempunyai tabungan lebih bisa sambil mendaftar haji.

Di Indonesia secara umum, dalam melaksanakan ibadah umroh biasanya adalah dengan menggunakan jasa layanan dari travel umroh.

Travel umroh ini adalah perusahaan yang memberikan jasa atau alayanan atau biro perjalanan umroh ke Tanah suci.

Dan travel umroh inilah yang akan membantu mengurus keperluan dari para jamaah umroh seperti mengurus visa umroh, tiket pesawat untuk perjalanan ke Tanah suci PP, hotel, konsumsi, dan lain-lain. Dengan demikian nantinya jemaah umroh dapat tenang dan fokus dalam beribadah.

Meskipun travel umroh ini banyak dan mudah ditemukan, namun sebaiknya tetap selektif dan jangan asal pilih. Lalu bagaimana memilih travel umroh yang terpercaya?



Tips Memilih Travel Umroh


Sahabat Kangagos pastinya sudah mendengar berita waktu lalu terkait dengan adanya jamaah umroh yang tertipu oleh biro perjalanan travel umroh. Tidak hanya uang saja yang hilang, namun juga hilangnya kesempatan untuk segera bisa menapakkan kaki dan beribadah di Baitullah.

Tentunya kita tidak ingin kejadian seperti ini menimpa kita dan keluarga kita. Oleh karena itu harus lebih jeli lagi dalam memilih layanan travel umroh agar ibadah kita bisa tenang dan khusyuk.

Nah berikut ini adalah beberapa tips untuk sahabat Kangagos dalam memilih dan menentukan travel umroh yang akan mengantarkan ke Tanah suci, yaitu :

1. Telah terdaftar di Kementerian Agama

Yang pertama dan utama adalah travel umroh tersebut harus sudah terdaftar di Kementerian Agama. Jika sudah terdaftar pastinya juga telah memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Selain itu juga telah mengantongi surat ijin resmi untuk beroperasi sebagai biro perjalanan travel umroh. Pastikan juga travel umroh tersebut memiliki kantor secara fisik dan beroperasional secara normal.

Dengan mengacu kepada data dari Kementerian Agama ini kita dapat meminimalisir akan hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Memiliki rekam jejak yang bagus

Rekam jejak atau track record dari sebuah travel umroh penting untuk diketahui sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan nantinya. Semakin bagus rekam jejaknya semakin besar pula untuk direkomendasikan.

Untuk itu pilihlah travel umroh yang memiliki rekam jejak dan review yang bagus. Data informasi mengenai rekam jejak dan review ini bisa dicari di Google dan bisa juga dari sanak saudara  atau teman yang pernah menggunakannya.

3. Memiliki jadwal keberangkatan yang pasti

Travel umroh yang sudah profesional pastinya sudah memiliki jadwal keberangkatan yang sudah pasti karena hal ini terkait juga dengan penerbitan VISA para jamaah.

Dengan adanya jadwal keberangkatan yang pasti dalam beberapa waktu kedepan, maka calon jamaah umroh bisa memilih diantara pilihan tersebut menyesuaikan dengan keinginannya.

4. Cek layanan yang diberikan

Pada umumnya layanan yang diberikan oleh masing-masing travel umroh hampir sama. Biasanya yang membedakan adalah perusahaan penerbangan yang dipakai atau hotel yang akan digunakan untuk menginap.

Travel umroh biasanya mempunyai lebih dari satu paket umroh yang ditawarkan, sehingga calon jamaah bisa memilih sesuai dengan keinginan.

Namun waspadai juga jika tawaran harga paket umroh terlalu murah dan terpaut jauh dari travel umroh lainnya. Karena jika belajar dari kasus yang sudah-sudah, harga yang terlalu murah rawan dengan indikasi penipuan.

Oleh karena itu jangan mudah tergiur dengan tawaran umroh harga murah. Terlebih dengan harga yang sangat murah namun fasilitas layanan yang diberikan sangat mewah.

Selain itu sebaiknya pastikan terlebih dahulu fasilitas-fasilitas yang akan didapatkan dalam paket umroh tersebut. Travel umroh yang terpercaya biasanya akan menjelaskan hal ini dengan jelas dan transparan.

5. Cara pembayaran

Hindari menyerahkan uang pembayaran untuk umroh ke perorangan, meskipun dia adalah salah satu karyawan di travel umroh tersebut.

Travel umroh profesional biasanya menerima pembayaran dengan menggunakan jasa perbankan, itupun atas nama perusahaan dan bukan perorangan.

Paket umroh murah dan terpercaya


Sahabat Kangagos, mudah-mudahan kita semua diberi kemudahan dan kelapangan rejeki oleh-Nya agar mendapatkan kesempatan untuk menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci.

Untuk bisa melaksanakan ibadah umroh atau haji kecil memang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Namun dengan ketulusan niat dan keinginan yang suci mudah-mudahan bisa dibukakan pintu rejeki selebar-lebarnya.

Menyisihkan penghasilan tiap bulannya dan rajin bersedekah merupakan beberapa cara dalam rangka untuk mengumpulkan uang.

Jika dana sudah terkumpul dan cukup untuk ibadah umroh, langkah selanjutnya adalah menentukan agen Travel Umroh yang akan digunakan. Disini kita harus jeli dalam memilihnya, jangan sampai uang yang sudah susah payah dikumpulkan akan hilang sia-sia.

Masih bingung menentukan travel umroh yang amanah dan terpercaya?

Sahabat Kangagos, mengacu pada syarat-syarat diatas pertama dan yang utama adalah kita harus memilih agen travel umroh yang telah terdaftar di Kementerian Agama. Dan langkah efektif untuk menemukannya adalah hanya di Blibli...

Lho kok di Blibli, memangnya mau online shopping gitu?


Nah ini nih yang baru dari Blibli. Sekarang di Blibli bukan hanya terdapat produk fashion, gadget, peralatan elektronik, de el el saja lho. Tidak percaya? Monggo langsung dibuka saja webnya ya www.blibli.com.

Agen travel yang terdapat di Blibli telah terdaftar di Kementerian Agama, jadi dapat dipastikan bisa amanah dan terpercaya. Selain itu juga mengutamakan pelayanan yang profesional. Siapa sih yang tidak mau ibadah umrohnya bisa berlangsung lancar, aman, nyaman?

Pasti semuanya menginginkan hal yang demikian, karena dengan begitu maka ibadah umroh akan lebih tenang dan khusyuk sehingga saat kita berada di Tanah Suci bisa fokus untuk beribadah.

Mau paket umroh reguler?
Mau paket umroh plus?
Atau bahkan mau paket haji?

Semua ada, dan juga banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kenginan masing-masing. Dengan ada banyaknya alternatif pilihan tersebut sahabat Kangagos bisa menyesuaikan dengan budget yang ada.

Misalnya saja seperti umroh reguler yang biasanya berjalan selama 9 hari, berbeda dengan umroh plus yang ada tambahan hari karena ada tambahan perjalanan wisata religi juga. Jadi semisal badget-nya terbatas dan hanya ingin fokus ke ibadah umroh saja bisa mengambil paket umroh reguler.

Sebaliknya, dengan mengambil paket umroh plus akan mendapatkan tambahan paket wisata religi. Inipun ada pilihan tambahan harinya yaitu 13, 15 dan 16 hari.

Wisata religi ini dapat memberikan pengalaman tersendiri karena akan menjelajahi tempat-tempat bersejarah yang mempunyai nilai-nilai kebudayaan islam. Selain itu juga akan lebih terlatih untuk mendirikan sholat dengan tepat waktu.

Sangat menarik kan?

Eitttss, masih ada alasan lain mengapa memilih travel umroh di Blibli lho, mau tahu? Seperti apa sih?

Ini nih yang ditunggu-tunggu. Selain menyediakan beragam pilihan paket umroh dan haji Blibli juga mengadakan banyak penawaran menarik juga. Pastinya penawaran-penawaran seperti ini sangat disayangkan untuk dilewati.

Penawaran seperti promo umroh murah, promo wisata religi, adalah promo dengan harga yang terjangkau dan bisa dikatakan murah karena fasilitas seperti pesawat dan hotel yang diberikan kepada para jamaah tetap menggunakan layanan yang terbaik. Wuih mantap.

Siapa sih yang tidak tertarik dengan harga yang murah dan terjangkau namun dengan kualitas layanan yang memuaskan?

Nah dengan adanya paket umroh dari Blibli ini dapat memudahkan kita untuk bisa berangkat ke Tanah Suci untuk beribadah langsung didepan Kakbah. Satu masalah telah selesai.

Kembali kita kuatkan dan bulatkan niat, karena dengan modal niat yang kuat secara tidak sadar akan dapat memunculkan optimisme dalam diri untuk mewujudkan niat tersebut.

Selanjutnya kita perlu memperbanyak usaha, kerja keras, dan juga jangan lupa untuk berdoa agar cita-cita kita untuk beribadah umroh bisa segera dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.

Yang perlu dipersiapkan untuk melakukan ibadah umroh

Sambil menunggu waktu keberangkatan untuk beribadah umroh, ada baiknya untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara memperbanyak ibadah, zikir, dan membaca Al-quran serta menghindari hal-hal yang negatif.

Dengan membersihkan hati, pikiran, dan menguatkan kembali niat untuk beribadah di Tanah Suci agar sekembalinya dari ibadah umroh nanti benar-benar menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih bertaqwa.

Selain itu, penting juga kiranya untuk mempersiapkan kondisi fisik untuk menjalani ibadah umroh nanti. Kondisi kesehatan perlu dirawat dan kekuatan fisik juga perlu dilatih.

Mengapa?

Karena seperti yang kita tahu bahwa kondisi cuaca di Indonesia sangat berbeda dengan di Tanah suci. Cuaca disana bisa mencapai diatas 40 derajat Celcius, yaa sangat panas dibandingkan dengan di Indonesia.

Belum lagi dengan cuaca yang begitu panas, saat melakukan ibadah umroh juga melakukan perjalanan jauh, Thawaf 7 putaran, Sa’i dari Bukit Shafa ke Bukti Marwa, perjalanan pulang pergi dari hotel ke masjid, dan keperluan lainnya.

Nah, agar dapat lancar menjalani ibadah umroh nanti, berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan yaitu :

1. Rutin berolahraga

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup berolahraga ringan saja namun dilakukan secara rutin dan teratur. Misalnya saja jalan kaki di pagi hari, semakin jauh jarak tempuhnya akan semakin bagus pula untuk kekuatan fisik kita.

Ada baiknya juga untuk membiasakan diri berada di bawah terik matahari langsung agar tubuh nantinya mudah untuk beradaptasi dengan kondisi cuaca disana.

2. Melakukan cek kesehatan

Dengan melakukan cek kesehatan, terlebih secara menyeluruh akan dapat mengetahui kondisi tubuh kita. Jika ditemukan adanya gangguan kesehatan ringan maka bisa langsung dikonsultasikan ke dokter agar dapat segera diatasi.

3. Konsumsi makanan sehat

Selain berolahraga yang rutin dan teratur, juga diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Dan jangan lupa juga untuk meminum air putih yang cukup setiap harinya.

Membiasakan diri untuk banyak minum air putih agar tubuh dapat menyesuaikan ketika saat beribadah umroh nanti membutuhkan banyak minum untuk menghindari dehidrasi.

Jadi dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi serta menjaga pola makan maka kesehatan tubuh akan terjaga sehingga bisa menjadi bekal untuk menjalankan ibadah umroh nanti.

4. Suntik vaksin

Melakukan suntik vaksin merupakan prosedur yang diwajibkan bagi calon jamaah haji maupun umroh. Vaksin yang biasa diberikan adalah vaksin maningitis.

5. Periksa kehamilan

Nah bagi sahabat Kangagos khususnya wanita dan sedang hamil, jika sudah mempunyai jadwal keberangkatan ibadah umroh yang pasti, agar sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Apakah nantinya saran dokter mengijinkan tetap berangkat atau tidak. Jika nantinya dokter mengijinkan untuk tetap berangkat untuk beribadah umroh, sebaiknya tetap berhati-hati agar kehamilan tetap aman.

Sahabat Kangagos, dengan memilih travel umroh yang terpercaya dapat membuat kenyamanan dan ketenangan saat melaksanakan ibadah umroh. Jika sudah siap secara keuangan dan mental, sebaiknya tidak menunda untuk  segera melaksanakannya. Semoga kita semua dilancarkan dan disegerakan untuk bisa melaksanakan ibadah umroh. Aamiin.