Konfigurasi Terbaik Tenda O3 Sebagai Client



Pertama melihat produk ini yang terlintas dipikiran adalah salah satu produk dari TP Link. Namun ternyata salah karena ini produk dari Tenda Biru. Yess produk Tenda dengan model O3 ini adalah peralatan outdoor untuk beragam keperluan terkait dengan dunia Wifi.

Tidak tanggung-tanggung, produk ini diklaim mampu menangkap sinyal wifi sejauh 5 KM secara point to point tanpa halangan. Gimana, sangat menarik kan? Bagaimana performa dan harganya? Silahkan baca terus artikel ini sampai selesai ya...



Kali ini Saya akan berbagi pengalaman selama menggunakan produk Tenda O3 ini. Terlebih dalam menggunakannya sebagai mode station atau client, karena terakhir Saya sering menggunakannya untuk menangkap sinyal wifi dari AP.

Tenda O3


Secara harga, Tenda O3 ini lebih murah dibanding TP Link CPE 220. Kendati demikian Tenda menawarkan point to point sejauh 5 KM, pasti sangatlah menggelitik ya.

Saya mendapatkan produk ini secara online dengan harga tidak lebih dari 400 ribuan. Produk ini di pasaran terdapat dua versi yaitu Tenda O3 v1 dan Tenda O3 v2.

Kebetulan Saya mendapatkan yang v1 yang menurut testimoni para pengguna merupakan versi yang lebih baik dibandingkan dengan yang versi 2. Benarkah demikian? Entahlah karena Saya tidak mempunyai yang versi 2 nya.

Namun perbedaan yang terlihat antara versi tersebut adalah pada Tenda versi 2 tidak ada pengaturan antena polarisasi, antara vertical dan horizontal.

Tenda O3 ini banyak sekali fitur yang dapat dimanfaatkan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu :
  • Access point
  • Station atau client
  • Repeater universal
  • WISP
  • Repeater
  • P2MP
  • Router



Nah, lumayan lengkap kan fitur mode yang bisa digunakan dari Tenda O3 ini. Tergantung kebutuhan masing-masing atas produk ini.

Konfigurasi Tenda O3


Kebutuhan Saya adalah menangkap sinyal wifi dari AP menyebarkannya kembali. Bisa saja menggunakan mode WISP dan ketika mencoba mode WISP, Tenda O3 ini terlihat bekerja sangat baik.

Namun ketika bekerja pada mode WISP, Tenda O3 ini akan bekerja dua kali yaitu menangkap sinyal dan menyebarkannya lagi. Kasihan ya heheheee.



Kemudian karena dirumah ada produk TP Link WR940N, tidak ada salahnya untuk mencoba mode lainnya. Dan mode station (client) adalah pilihan selanjutnya.

Pada mode station ini, Tenda O3 hanya bertindak menangkap sinyal wifi saja. Dan yang bertugas untuk menyebarkan sinyal wifinya lagi adalah TP Link WR940N. Jadi masing-masing hanyak bekerja pada porsinya sendiri-sendiri.

Untuk menghubungkan kedua produk tersebut, bisa menggunakan PoE injector bawaan dari Tenda O3. Jadi :
  • untuk adaptor masuk ke lubang DC
  • PoE untuk ke Tenda O3
  • LAN untuk masuk ke TL WR940N

Konfigurasi Tenda O3 bisa menggunakan laptop atau smartphone, dan Saya menggunakan Android sajalah. dan untuk pengaturannya, yang perlu diperhatikan adalah :
  • IP : 192.168.2.1
  • Username : admin
  • Password : admin
*) diatas adalah digunakan untuk login ke browser pengaturan Tenda O3 secara default dan silahkan mengisikan seperti gambar dibawah ini :



Pada percobaan kali ini sudah dapat menghasilkan kekuatan sinyal yang bagus. Pengaturan ini untuk posisi Tenda O3 tegak keatas bawah atau vertikal.



Speedtest diatas adalah contoh pada saat Tenda O3 digunakan untuk menembak wifi indoor dengan jarak kurang lebih 30 meter. Untuk keperluan lain, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan kamu dan mengeksplorasi fitur dan menu dari Tenda O3 ini.

Selama menggunakannya dapat menembak wifi dengan router indoor dan AP outdoor, namun hal ini tidak dapat disamaratakan. Karena posisi, kondisi, sangat menentukan prestasi meraih sinyal-sinyal yang terbaik. Selamat mencoba.