Cara Mudah Memasang Auto Ads Pada Blog AMP



Cara mudah memasang Auto Ads pada blog AMP. Kehadiran fitur Auto Ads dari Google Adsense ini merupakan sebuah kabar gembira bagi para publisher Adsense, terlebih bagi para pemula. Mengapa demikian?

Karena fitur Auto Ads ini sangat memudahkan publisher dalam memasang unit iklan pada blog. Tidak perlu dipusingkan lagi terkait dengan letak iklan, ukuran iklan, optimasi iklan, dan juga masih dibuat bingung dengan kode-kode HTML nya.

Langkah yang harus dilakukanpun cukup mudah yaitu hanya perlu mengaktifkan fitur Auto Ads ini di dashboard Google Adsense. Nah, sangat menarik sekali kan? Jika kamu masih bingung dengan apa yang namanya Auto Ads dan bagaimana cara penerapannya, silahkan ikuti artikel ini sampai selesai ya.

Fitur Auto Ads Google Adsense


Auto Ads adalah ftur terbaru dari Google Adsense yang sangat mudah penggunaannya dan sangat membantu sekali para publisher dalam menentukan letak unit iklan yang strategis. Silahkan baca juga artikel jaringan iklan terbaik sebagai alternatif Adsense.

Hal tersebut karena Auto Ads merupakan iklan cerdas yang menayangkan iklan secara otomatis dengan mencari tempat sendiri yang strategis dan potesial di dalam sebuah blog. Jadi pengguna atau publisher iklan Adsense tidak perlu lagi memikirkan cara pengoptimalan dan penempatan iklan Adsense untuk mendongkrak pendapatannya.



Fitur Auto Ads ini juga sudah mencakup jenis iklan yang berformat text, banner, in feed ads, in article ads, anchor ads, matched content, link ads, dan juga vignette ads. Woow sudah sangat lengkap kan. Selain itu juga sudah bisa digunakan pada blog yang menggunakan template valid AMP.

Dan menurut para sesepuh, master, dan suhu Adsense, pemasangan Auto Ads pada blog dapat meningkatkan pendapatan. Jadi sangatlah dianjurkan untuk dicoba ya.

Kelebihan Auto Ads Google Adsense


Pastinya akan lebih menghemat waktu, tenaga, dan pikiran ya hehee. Sahabat Kangagos hanya perlu memasang pada blog saja, dan selebihnya Google yang akan mengatur semuanya secara otomatis. Mantap..!

Pengguna platform Blogger atau Blogspot juga dapat mencicipi keunggulan fitur Auto Ads ini, jadi bagi sahabat Kangagos yang belum menggunakan fitur ini segera saja diaktifkan dan dipasang kodenya ya.

Secara garis besarnya, beberapa keuntungan dan kelebihan menggunakan fitur Auto Ads Google Adsense adalah sebagai berikut :
  • Sudah mendukung blog AMP
  • Cakupan jeni format iklan sangatlah lengkap, mulai dari format text, banner, in feed ads, in article ads, anchor ads, matched content, link ads, hingga vignette ads
  • Jika sebelumnya sudah memasang kode unit iklan pada blog, tidak perlu menghapusnya karena iklan Auto Ads tetap akan mencari tempat-tempat potensial untuk penayangan iklan
  • Publisher dapat juga mengatur tempat-tempat kemunculan iklan Auto Ads 
  • Auto Ads sudah meliputi migrasi penggunaan iklan page level ads secara otomatis 
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Memasang Auto Ads Pada Blogger


Baiklah sahabat Kangagos, pastinya fitur terbaru dari Google Adsense ini sangat menarik untuk segera diterapkan pada blog ya. Nah bagi sahabat yang masih bingung, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Silahkan login ke akun Google Adsense
  • Kemudian pilih menu Ads dan pilih Auto Ads
  • Klik Get Started dan pilih Auto Ads
  • Akan terbuka tampilan seperti gambar dibawah ini, kamu bisa mengaktifkan semua atau juga bisa memilahnya :


  • Kemudian aktifkan fitur Auto Ads dan juga centang “Automatically Get New Format”. Tujuannya adalah ketika Auto Ads menerbitkan iklan baru maka otomatis akan sinkron dengan kode yang telah dipasang pada
  • Jika sudah klik tombol simpan.

Nah sampai disini pastinya tidak ada kendala ya, lancar jaya deeh. Selanjutnya pastikan kembali fitur Auto Ads ini sudah aktif dengan cara :
  • Aktifkan fitur Auto Ads ini dengan menggeser slider hingga berwarna biru
  • Centang “Automatically Get New Format”.

Okay, selanjutnya kita butuh memasang kode Auto Ads tersebut ke dalam template Blogger, seperti pada gambar dibawah ini :



Keterangan :
  • copy dan paste kode berikut diantara kode <head> dan </head> :

<script async custom-element="amp-auto-ads" src="https://cdn.ampproject.org/v0/amp-auto-ads-0.1.js"> </script>
  • Dan berikutnya adalah copy serta paste kode berikut diantara kode <body> dan </body> :

<amp-auto-ads type="adsense" data-ad-client="ca-pub-12345678901234567890" </amp-auto-ads>
  • Ganti yang berwarna kuning dengan kode Adsense kamu
  • Selesai

Setidaknya akan butuh waktu sekurangnnya 20 menit (menurut keterangan Google Adsense) untuk iklan tayang di blog kamu. Jadi jangan panik jika belum juga segera muncul ya. Silahkan menunggu kemunculan iklannya sambil menikmati kopi hangat dan cemilan kamu, atau juga bisa sambil menerbitkan artikel baru untuk blog kamu.

Kesimpulannya, fitur Auto Ads ini akan bekerja secara otomatis memunculkan iklan pada slot atau tempat yang strategis dan potensial. Jadi sangat dianjurkan digunakan bagi sahabat Kangagos yang masih bingung dengan penempatan-penempatan iklan Adsense. Oiya, silahkan baca juga artikel tentang cara membuat sitemap pada blog valid AMP.

Namun jika sudah mempersiapkan slot iklan secara khusus pada template blog, bisa juga dibarengi dengan pemasangan iklan responsive secara menual. Demikian sekelumit artikel tentang cara memasang Auto Ads pada blog AMP. Semoga bermanfaat.