Cara Mudah Membuat Halaman Daftar Isi Untuk Blog AMP



Cara Mudah Membuat Halaman Daftar Isi Untuk Blog AMP - Pada awalnya saat menggunakan template blog AMP, Saya mengira sama saja seperti template non AMP. Namun ternyata setelah menggunakannya ada hal yang berbeda diantara keduanya, misalnya saja membuat halaman statis untuk sitemap atau daftar isi.

Sahabat Kangagos, mempelajari hal baru memang harus terjun langsung dengan praktek. Jika tidak malahan akan membuat bingung saja. Percayalah hehheee... Selain halaman sitemap atau daftar isi, hal penting lainnya pada blog adalah kehadiran dari halaman kontak yang menyajikan contact form untuk memudahkan dalam menghubungi pemilik blog.

Cara Mudah Membuat Halaman Daftar Isi Untuk Blog AMP

Saat mendapati halaman statis sitemap tidak valid AMP adalah salah satu bentuk kebingungan dalam menggunakan template blog AMP. Maklum saja Saya awam terhadap kode-kode HTML dan AMP. Nah, dengan kebingungan tersebut Saya putar-putar dan jalan-jalan di wilayah Google untuk mencari jalan keluarnya.
Dan akhirnya ketemulah solusinya..
Solusi datang dari Kompiajaib (kompiajaib.com) yang berbaik hati membagikan ilmu-ilmunya untuk teman-teman blogger, khususnya Saya yang merasa sangat terbantu sekali.

Setelah mencoba kode yang dibagikan tersebut, Saya membuat halaman statis untuk blog AMP, dan hasilnya... Yuhuuyyyy bisa di lihat pada link sitemap di bawah ini :



Baiklah, jika ingin membuat halaman statis untuk daftar isi atau sitemap seperti tersebut, dapat menggunakan kode dari Kompiajaib di bawah ini :

<amp-iframe title="Sitemap"


              src="https://cdn.rawgit.com/KompiAjaib/kompi-html/master/sitemaps-amp.html?url=https://kangagos.com/"


              height="750"


              layout="fixed-height"


              frameborder="0"


              sandbox="allow-forms allow-scripts allow-same-origin allow-modals allow-popups">


    <amp-img src="https://2.bp.blogspot.com/-rRo__E6FsPs/Ws7U-IT8KNI/AAAAAAAAw_Q/qCwa6vKHgTIB-ytesdA4FlKrXMRYt5NMACLcBGAs/s1600/placeholder.png"


             layout="fixed-height"


             height="360"


             width="auto"


             placeholder>


    </amp-img>


  </amp-iframe>
Secara umum langkah untuk membuat halaman sitemap atau halaman daftar isi dengan menggunakan kode di atas adalah sebagai berikut :
  • Buat halaman baru, bisa dengan judul Daftar Isi atau Sitemaps
  • Pilih mode hTML, dan Copy kode diatas dan paste kedalam halaman baru tersebut
  • Untuk bagian https://kangagos.com/ bisa di ganti dengan URL blog masing-masing ya.
  • Simpan dan Selesai
Setelah selesai, silahkan lihat hasilnya. Jika daftar isi atau sitemap sudah muncul berarti sudah berhasil. Dan sekarang blog sudah mempunyai sitemap atau daftar isi yang valid AMP.