Cara Membuat Formulir Kontak di Halaman Statis Blog AMP



Cara Membuat Formulir Kontak di Halaman Statis Blog AMP - Sahabat Kangagos, pada artikel sebelumnya telah di bahas cara membuat halaman sitemap atau daftar isi untuk blog AMP. Nah pada kali ini kita akan membuat halaman kontak yang didalamnya terdapat formulir kotak untuk menghubungi pemilik blog.

Halaman kontak merupakan bagian yang penting dalam sebuah blog, yang berguna untuk menghubungi pemilik blog dengan berbagai maksud. Misalnya saja untuk menyampaikan saran atau kritik, mengajak kerja sama, mengucapkan terimakasih karena artikel-artikelnya sangat bermanfaat, atau yang lainnya. Silahkan baca juga rekomendasi template AMP untuk blogger.
Coba bayangkan jika tidak ada informasi mengenai cara menghubungi pemilik blog, sebagai pengunjung akan merasa kebingungan jika ingin menghubunginya. Apalagi yang ingin mengajak kerjasama, masa rejeki di tolak sih hehehe.

Cara Membuat Formulir Kontak di Halaman Statis Blog AMP

Untuk itu perlu adanya halaman kontak pada sebuah blog. Pada halaman kontak ini bisa saja dicantumkan email atau nomor handphone atau nomor whatsapp. Namun akan terlihat lebih menarik dan profesional jika di buat dengan menggunakan form kontak.

Pengunjung juga akan merasa dimudahkan dengan adanya form kontak karena tinggal isi pesan yang akan disampaikan kepada pemilik blog. Nah untuk formulir kontak yang akan kita buat ini hasilnya adalah sebagai berikut :


Jika tertarik untuk menggunakannya, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat formulir kontak pada halaman statis blog AMP yaitu :
  • Unduh terlebih dahuli template khusus contact form dari Kompiajaib DISINI
  • Kemudian buahlah sebuah blog baru pada akun yang sama
  • Blog baru ini adalah khusus untuk contact form
  • Aktifkan pengaturan HTTPS pada blog baru tersebut
  • Pilih menu template dan non aktifkan tampilan selularnya
  • Dan buka template, kemudian hapus semua kode yang ada
  • Setelah itu ganti dengan template hasil unduhan tadi
Setelah selesai, kita berlaih lagi pada blog utama. Dan buatlah halaman baru bisa dengan judul Kontak atau Contact atau terserah yang lainnya juga boleh. Pilih mode HTML dan kemudian copy dan paste-kan kode berikut ini :

<amp-iframe title="Contact"

              src="https://kontakblog.blogspot.com"

              height="400"

              layout="fixed-height"

              frameborder="0"

              sandbox="allow-forms allow-scripts allow-same-origin allow-modals allow-popups">

    <amp-img src="https://2.bp.blogspot.com/-rRo__E6FsPs/Ws7U-IT8KNI/AAAAAAAAw_Q/qCwa6vKHgTIB-ytesdA4FlKrXMRYt5NMACLcBGAs/s1600/placeholder.png"

             layout="fixed-height"

             height="400"

             width="auto"

             placeholder>

    </amp-img>

  </amp-iframe>
  • Gantilah URL https://kontakblog.blogspot.com dengan URL blog baru yang tadi telah di buat untuk menampilkan contact form-nya
  • Jika sudah selesai, klik simpan dan cek hasilnya.

Jika sudah muncul contact form-nya berarti usaha kita dalam membuat halaman formulir kontak pada blog AMP sudah berhasil.