Kamis, November 07, 2019

Cara Berhenti Merokok Yang Efektif


Bagaimana sih cara untuk berhenti merokok? Mungkin pertanyaan ini sering diungkap oleh para perokok aktif yang ingin mengakhiri petualangannya dalam menikmati setiap hembusan asap rokok, termasuk juga oleh Kangagos.Terlihat begitu sederhana pertanyaan ini, namun sangatlah sulit untuk menjawabnya apalagi untuk melaksanakannya. Kalau tidak percaya, silahkan coba tanya saja sama perokok hehe.

Contohnya Saya yang perokok ini, meski nggak tahu masuk ke dalam kategori perokok berat atau tidak. Namun secara rata-rata sehari bisa menghabiskan satu bungkus rokok yang berisi 16 batang kecil-kecil itu deh.

Inipun sudah termasuk pencapaian karena terjadi penurunan dalam menghabiskan batang rokok tiap harinya, namun goals-nya adalah berhenti merokok secara total. Menurut Saya penurunan konsumsi batang rokok dalam sehari merupakan progress ke arah sana. Jadi, bagaimana cara untuk sama sekali tidak merokok? Bagaimana cara berhenti merokok? Kita lanjut kuys...

Sebagian besar dari para perokok menginginkan untuk bisa berhenti merokok dengan berbagai alasan yang melatarbelakanginya yang mungkin bisa berbeda antara satu orang dengan lainnya.

Bagaimana cara berhenti merokok?

Tidak hanya alasan saja yang berbeda-beda, cara untuk berhenti merokok mungkin saja juga bisa berbeda-beda karena masing-masing orang punya cara tersendiri untuk menghentikan aktifitas merokoknya. Kangagos misalnya, pernah berupaya untuk berhenti merokok dengan cara menghabiskan rokok sesegera mungkin.

Jadi sebungkus rokok Saya habiskan secepat mungkin untuk memunculkan perasaan bosan dan jenuh terhadap rokok. Namun apa yang terjadi?

Langkah ini cenderung tidak sukses ya, hanya bertahan beberapa hari saja dan setelah itu keinginan untuk menghisap rokok muncul kembali. Akhirnya tergoda deh untuk membeli sebungkus rokok. Jadi gimana mau berhenti jika gampang tergoda seperti ini?

Keinginan yang kuat

Seperti memang harus memunculkan keinginan yang kuat di bawah alam sadar untuk bisa berhenti merokok. Tujuan Kangagos untuk berhenti merokok adalah untuk menjalani hidup yang lebih sehat, menyingkirkan udara rumah dari asap rokok demi kesehatan keluarga tercinta.

Semua orang pasti ingin hidup sehat dan berumur panjang agar bisa menjalani warna-warni kehidupan bersama dengan keluarga, bahkan hingga nanti di usia senja menyaksikan anak-anak hidup bahagia bersama keluarganya kelak.


Dengan adanya keinginan yang kuat untuk berhenti merokok ini bisa menjadikan benteng pertahanan agar tidak tergoda untuk menyalakan rokok batang demi batang. Ingat, merokok sangat merugikan kesehatan dan hal ini juga sudah ada peringatan yang terdapat pada bungkus rokok.

Menyibukkan diri dengan berolahraga

Bola voli adalah olahraga favorit Saya sejak esempe. Namun kalau sekarang sudah susah untuk bisa bermain bola voli karena rutinitas dan juga karena lapangan bola voli yang deket dengan rumah sudah tidak terawat lagi. Dengan tidak terawatnya lapangan tersebut menandakan bahwa sudah tidak ada lagi yang bermain bola voli disitu ya hehee.

Untuk sekarang mencoba membiasakan diri dengan olahraga ringan dan gampang saja seperti jalan kaki, lari pagi, dan bersepeda.Olahraga seperti ini mudah dilakukan dan juga murah tentunya.

Dengan berolahraga maka akan dapat untuk menurunkan hasrat dan keinginan untuk merokok. Jadi kalau muncul keinginan untuk merokok, langsung saja ambil sepeda dan bersepedalah kemana saja hehee. Oiya silahkan baca juga Klinik BPJS Banyumanik Semarang.

Kelola stress

Nah ini. Saya cenderung lebih banyak merokok saat pikiran over load. Misalnya saja banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan, adanya masalah yang belum ketemu solusinya, dan permasalah-permasalahan lainnya yang mengharuskan berpikir lebih keras.

Untuk mengatasinya tentu saja dengan meredakan pikiran agar jadi lebih rileks. Yang bisa dilakukan antara lain adalah dengan mendengarkan musik, bermain gitar atau keyboard, bernyanyi/karaoke, yoga, atau juga bisa dengan pijat capek agar badan jadi segar kembali.

Merubah kebiasaan

Salah satu perbuatan yang susah dilakukan adalah merubah kebiasaan. Namun dengan tekad yang kuat untuk bisa berhenti merokok adalah dengan cara merubah kebiasaan yang menjurus keinginan untuk merokok.

Merokok sesaat setelah makan adalah salah satu kebiasaan Saya yang mungkin juga banyak orang yang melakukan hal serupa. Ini yang perlu dirubah, misal setelah makan kita makan permen, minum dengan menggunakan sedotan, atau bersiwak.


Suka minum kopi? Kalau iya berarti kita sama, Saya ngopi setiap hari namun ternyata ini juga merupakan salah satu penyebab timbulnya keinginan untuk merokok. Agar sukses berhenti merokok, kurangi konsumsi kopi tiap harinya ya.

Bro...

Menjelang pergantian tahun ini terdapat kenaikan harga rokok yang gila-gilaan. Memang sepertinya ini "kode alam" untuk segera berlatih untuk hidup tanpa rokok bro. Semoga.

Berhenti merokok adalah merupakan keinginan sebagian besar para perokok. Sayangi diri sendiri dan keluarga dengan menerapkan pola hidup sehat dan keinginan yang kuat untuk berhenti merokok, semoga dimudahkan untuk keinginan yang bijak ini. Aamiin.