Aplikasi Video Conference Terbaik di Android


Terkait dengan pandemi virus corona yang menyebar di hampir semua negara di dunia termasuk Indonesia, pemerintah menginstruksikan untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Untuk pelajar dan mahasiswa juga melakukan pembelajaran secara daring.

Ini merupakan salah satu upaya untuk menghentikan penyebaran virus corona (COVID-19) agar pandemi ini segera berlalu dari muka bumi ini.

Untuk pembelajaran secara daring atau bagi karyawan yang work form home, agar koordinasi lebih mudah bisa memanfaatkan video conference dengan rekan-rekan yang lain. Inilah salah satu manfaat perkembangan teknologi untuk kehidupan manusia, di tambah lagi dengan semakin terjangkaunya tarif internet dari operator selular yang ada di Indonesia. Lalu bagaimana cara melakukan video conference tersebut?

Aplikasi Video Conference Terbaik di Android


Untuk menunjang kemudahan dalam terhubung dengan orang lain, perkembangan teknologi dimanfaatkan oleh para pengembang aplikasi untuk membuat aplikasi video conference.

Mungkin kita sudah terbiasa menggunakan aplikasi messaging populer WhatsApp yang sudah menjadi "aplikasi wajib" di smartphone. Dengan aplikasi WhatsApp selain bisa digunakan untuk saling berbalas pesan teks, panggilan suara, panggilan video juga untuk video conference. Namun jumlah peserta hanya bisa maksimal empat orang.

UPDATE : Aplikasi WhatsApp sekarang sudah bisa menampung hingga 8 partisipan video call, caranya silahkan simak disini.

Lalu bagaimana jika video conference memerlukan jumlah partisipan yang banyak? Jangan khawatir, inilah aplikasi video conference terbaik di Android yaitu :


1. Skype

Mungkin diantara kalian sudah tidak asing lagi dengan Skype. Skype merupakan aplikasi percakapan yang berbasis suara dan juga video buatan Microsoft. Di aplikasi Skype ini dimungkinkan untuk saling bertatap muka secara virtual hingga 25 orang dalam satu kali panggilan.

Mnariknya lagi bahwa Skype ini bisa diakses dari bermacam-macam perangkat seperti laptop/PC, smart TV maupun smartphone. Layanan lain dari aplikasi Skype adalah bisa juga digunakan sebagai media percakapan berbasis teks secara individu maupun dalam satu grup. Selain itu juga bisa untuk panggilan suara ke nomor handphone maupun telepon rumah.

2. Cisco Webex

Selanjutnya aplikasi video conference terbaik di Android adalah Cisco Webex.  Cisco Webex bisa digunakan untuk video conference hingga 100 partisipan dalam satu pertemuan. Fitur yang ditawarkan cukup menarik yaitu selain dapat untuk video conference juga bisa untuk berbagi layar kepada partisipan lain (screen sharing).

Di samping itu pengguna juga bisa membuat jadwal live meeting yang bisa dilakukan dari aplikasi. Pengguna juga bisa mengkostumisasi tampilan layar saat video call berlangsung.

3. Zoom Cloud Meetings

Zoom Cloud Meeting akhir-akhir ini menjadi sering dibicarakan karena kebutuhan video conference untuk berbagai keperluan seperti untuk proses pembelajaran daring maupun untuk work form home. Zoom Cloud Meetings menjadi salah satu aplikasi video conference yang difavoritkan.

Hal tersebut disebabkan adanya fitur-fitur menarik yang ditawarkan diantaranya adalah bisa digunakan hingga 100 peserta secara bersamaan dalam sat pertemuan. Fitur lainnya adalah Zoom mendukung conference hanya suara saja, teks, video, berbagai slide presentasi, membuat jadwal meeting dan lain sebagainya. Jika kamu masih bingung menggunakannya, silahkan baca juga cara menggunakan Zoom Cloud Meetings di smartphone dan laptop.



4. Google Hangouts Meet


Aplikasi besutan Google yang bernama Hangouts Meet ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan video conference yang bisa digunakan hingga 250 partisipan dalam satu "pertemuan".

Kualitas audio dan video yang ditawarkan juga bagus dan juga terintegrasi dengan produk Google lainnya seperti Gmail dan Google calendar untuk membuat jadwal meeting. Selain untuk video conference, Google Hangouts Meet juga bisa untuk chatting dan percakapan suara.

Produk Google lainnya adalah  Google Duo yang bisa digunakan untuk video conference hingga 12 partisipan. Fitur menariknya di sini adalah pengguna bisa meninggalkan pesan video jika orang lain tidak merespon telepon yang kita lakukan.

5. Microsoft Teams

Siapa sih yang tidak kenal dengan nama besar Microsoft? Microsoft juga mempunyai aplikasi video conference untuk smartphone Android yang bernama Microsoft Teams.

Fitur yang ditawarkan juga sangat menarik diantaranya yaitu dapat digunakan hingga 300 jumlah partisipan, panggilan video tanpa batasan durasi, screen sharing atau berbagi layar, dan juga penyimpanan pada cloud untuk penggunaan pribadi maupun untuk team.

Selain itu pengguna juga dapat dapat mengakses, berbagi, dan mengedit file dokumen Word, PowerPoint, dan Excel secara real-time.

6. GoToMeeting

Tidak ketinggalan juga ada aplikasi GoToMeeting untuk menambah daftar aplikasi video conference terbaik di Android. Aplikasi GoTo Meeting menawarkan fitur yang juga menarik diantaranya adalah mendukung panggilan audio maupun video. Untuk jumlah partisipan bisa digunakan antara 15 hingga 125 orang dalam waktu bersamaan. Silahkan baca juga tips agar kerja dari rumah tidak membosankan.

Semua akan menjadi lebih mudah dengan dukungan teknologi yang akan terus berkembang. Dari deretan aplikasi di atas, manakah aplikasi video conference terbaik di Android yang menjadi favoritmu?