Cara Menggunting Kuku Kucing yang Benar


Mempunyai hewan peliharaan memang sangatlah menyenangkan dan bahkan bisa menjadi hobi tersendiri. Apakah sahabat Kangagos juga mempunyai hewan peliharaan dirumah? Hewan apa sih yang menjadi hewan peliharaan kamu?

Kucing merupakan salah satu hewan yang menjadi primadona da digemari untuk dipelihara oleh kebanyakan orang, termasuk di Indonesia. Alasan yang dikemukakan pun beragam, mulai dari jenis dan ras yang beragam sehingga wajah dan bulunya sangat menggemaskan, juga karena kucing ini mempunyai rasa patuh pada pemiliknya.

Pertumbuhan kucing juga terbilang cukup pesat karena kucing bisa melahirkan anak-anaknya dalam kurun waktu 2-3 bulan dengan jumlah tiga hingga enam ekor. Sangat menarik jika kita mempunyai jenis dan ras kucing yang unik bisa untuk diternakkan.

Dalam memelihara kucing sebaiknya juga tidak mengabaikan sisi kebersihannya. Apa menariknya mempunyai hewan peliharaan jika kondisinya lusuh?

Sebagai catlovers, mempunyai kucing peliharaan dengan bulu-bulu yang bersih dan menarik tentu sangat menyenangkan. Namun jangan lupa untuk memperhatikan juga kondisi kuku kucing. Sama seperti manusia, kuku kucing (apalagi kucing peliharaan/rumahan) juga perlu untuk dipotong.


Namun jangan asal potong saja ya, karena ada beberapa teknik atau cara menggunting kuku kucing dengan benar yang isa kamu lakukan sendiri. Seperti apa dan bagaimana ya?

Mengapa Harus Menggunting Kuku Kucing?

Bagi catlovers atau pecinta kucing mungkin sudah biasa perabotan rumah seperti kursi sofa, taplak meja, korden atau perabotan lainnya menjadi "korban" cakaran si kucing. Namun karena kecintaan terhadap si kucing, seringkali hal tersebut tidak dihiraukan.

Namun bagaimana jika dirumah ada barang unik atau barang yang berharga mahal menjadi sasaran cakaran dari si kucing?

Untuk melindungi perabotan rumah dari cakaran si kucing bisa dengan cara menggunting kuku kucing. Mungkin hal ini terdengar aneh bagi orang awam, namun hal tersebut adalah hal biasa bagi catlovers. Menggunting kuku kucing juga dapat membuat si kucing tersebut merasa aman dan nyaman.

Perlu diketahui bahwa kuku kucing akan tumbuh dan melengkung ke arah bantalan kaki. Dengan demikian maka akan dapat membahayakan dan membuat si kucing menjadi tidak nyaman saat beraktifitas.

Selain itu dengan menggunting kuku kucing maka akan membuat kuku jadi terawat dan tidak membahayakan kucing lainnya, jika kamu mempunyai kucing lebih dari satu. Karena kucing jika sedang bersendau gurau bisa saling menindih dan berguling-guling. Kebayang kan kalau kuku kucing tersebut panjang dan tidak terawat. Nah bagaimana cara menggunting kuku kucing yang benar ya? Mari kita simak selanjutnya.

Cara Menggunting Kuku Kucing yang Benar

Untuk merapikan atau menggunting kuku kucing yang sudah panjang, bisa saja kamu membawanya ke pet shop. Namun kamu juga bisa melakukannya sendiri lho, dan ini akan semakin membuat kamu lebih akrab dengan si meong.

Bagi kamu yang ingin bisa melakukan potong kuku kucing sendiri, kamu bisa membeli gunting kuku kucing di pet shop atau membelinya secara online. Apakah harus menggunakan gunting kuku khusus?

Iya, karena ketebalan kuku kucing berbeda dengan ketebalan kuku manusia. Jadi kalau menggunakan gunting kuku manusia yaa pasti akan kesulitan.

Nah jika kamu sudah mempunyai gunting kuku khusus kucing dan sudah siap, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah cara menggunting kuku kucing yaitu :


1. Buatlah si kucing merasa rileks

Tidak semua kucing akan merasa nyaman jika tahu akan dipotong kukunya, terlebih kucing yang belum pernah dipotong kuku sebelumnya. Memang ada juga jenis kucing atau kucing dengan ras tertentu yang diam saja saat dipotong kukunya.

Untuk itu sebelum memotong kuku kucing, terlebih dahulu buatlah si kucing merasa nyaman dan rileks. Bisa dengan cara membaringannya di kaki kita atau di lantai.

2. Tekan bantalan kaki kucing dengan lembut

Biasanya ini akan susah-susah gampang dilakukan, namun jika kucing sudah merasa nyaman dengan kita maka biasanya dia akan menurut saja.

Caranya adalah tarik salah satu kaki kucing yang kukunya akan digunting, kemudian gunakanah ibu jari untuk menekan bantalan kaki kucing untuk menonjolkan kuku yang akan digunting.

3. Posisi saat menggunting

Menggunting kuku kucing yang benar adalah dari arah atas. Karena jika dilakukan dari samping atau miring maka resikonya adalah kuku bisa menjadi pecah yang pastinya si kucing akan merasa kesakitan.

Dengan menggunting kuku kucing dari atas selain akan memudahkan juga akan meminimalisasi kuku  kucing menjadi pecah setelah dipotong.

4. Perhatikan batasan pemotongan

Sama seperti pada kuku manusia, pada kuku kucing juga terdapat quick yaitu serupa dengan daging untuk menopang kuku untuk tumbuh.

Untuk menggunting kuku kucing, janganlah hingga bagian quick ini karena jika bagian ini tergunting maka bisa menimbulkan luka dan si kucing akan merasa kesakitan hingga kabur.

Jadi untuk pemotongan yang aman adalah kurang lebih 1-2 mm dari ujung cakar yang runcing. Ingat, jangan sampai melebihi batas karena tujuan dari pemotongan kuku kucing ini adalah untuk mengurangi keruncingan dan fungsi dari kuku cakar kucing tersebut.

5. Lakukan satu per satu

Satu hal yang penting dalam menggunting kuku kucing ini adalah butuh ekstra kesabaran, jadi jangan grusa-grusu ya. Lakukan secara perlahan dan memotong kuku kucing satu per satu agar hasilnya bisa bagus dan rapi. Sebagai catlovers kamu pasti akan menikmati saat-saat seperti ini, jika perlu gunakan kikir untuk merapikan kuku kucing.

Dengan menggunting kuku kucing berarti juga menjaga kebersihan dan kesehatan si kucing. Kamu bisa melakukannya secara berkala antara dua hingga empat minggu sekali. Semoga bermanfaat.