Cara Menghasilkan Uang Dari Hobi Fotografi


Mempunyai hobi jeprat-jepret alias fotografi memang menyenangkan ya karena bisa mengabadikan momen-momen terindah dan seru disekitar setiap saat. Terlebih untuk saat ini yang mana perkembangan teknologi telah banyak mempengaruhi lika-liku hobi fotografi.

Tentunya pengaruhnya ke arah yang lebih baik ya, dan pastinya lebih memudahkan fotografer dalam menjalankan hobinya. Misal saja nih, kalau jaman dulu fotografer harus menggunakan klise/negatif foto untuk menghasilkan karya-karyanya. Jumlah klise dalam satu rol juga berbeda-beda yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Kamu jangan pernah membayangkan hasil jepretan sesaat setelah dilakukan pemotretan ya (kecuali polaroid), karena tidak adanya display yang memperlihatkannya. Kamu harus mencetaknya terlebih dahulu untuk melihat hasil jepretan yang dilakukan.

Untuk mencetaknya juga harus habis terlebih dahulu keseluruhan klise dalam satu rol, jadi tidak bisa lima atau sepuluh jepretan lalu buru-buru cetak. Mungkin diantara kamu ada tidak mengerti soal ini kan hehehe.

Digital Fotografi

Tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan jaman sekarang yang serba digital. Peralatan fotografi juga tersedia banyak varian dari harga yang murah hingga harga yang mahal. Untuk memiliki peralatan fotografi sebaiknya disesuaikan dengan badget, keperluan dan kebutuhan ya. Atau jika lagi minim dana, kamu juga bisa menghasilkan karya fotografi yang keren hanya dengan menggunakan kamera smartphone yang kamu miliki saat ini.


Mengingat smartphone-smartphone keluaran terbaru sudah dibekali dengan kamera yang bahkan lebih dari satu kamera dan juga fitur-fitur yang canggih dan menarik misalnya saja seperti Nokia 5.3 yang mempunyai empat kamera utama.

Dengan demikian tak harus menunda hingga mempunyai peralatan fotografi yang mumpuni untuk bisa mengembangkan hobi fotografi.

Yang terpenting adalah mempunyai kemauan dan semangat yang tinggi untuk terus menggali ide-ide serta daya kreatifitas untuk menghasilkan karya yang kece plus keren. Banyak melakukan eksperimen dari berbagai spot dan angle agar tercipta sebuah karya foto digital yang memukau.

Jadi tanpa kamera DSLR atau perangkat fotografi yang mahal, dengan modal kamera smartphone sudah bisa menghasilkan karya digital. Sehingga dengan demikian semua bisa mendalami atau menggeluti hobi ini asal ada kemauan untuk terus mengasah bakat dan kreatifitas di bidang fotografi. Kalau penasaran dengan harga kamera terbaru, kamu bisa cek harga kamera di sini.

Soal pengembangannya bisa belajar secara otodidak, mendapatkan referensi dari internet, bergabung di komunitas, mengikuti pelatihan atau workshop, belajar langsung dari fotografer senior dan lainnya. Apalagi jaman sekarang sudah banyak media sosial yang bisa dijadikan media untuk memajang hasil karya jepretan kamu. Dan yang tidak kalah penting dan menarik adalah dari hobi fotografi ini juga bisa menghasilkan uang lho, tertarik?

Cara Menghasilkan Uang Dari Hobi Fotografi

Fotografi, dari yang hanya sekedar iseng dan hobi saja ternyata juga bisa untuk menghasilkan pendapatan. Nah ini terdengar sangat menarik karena adalah sesuatu hal yang menyenangkan jika dari hobi yang kita geluti juga bisa menjadi sumber pendapatan, bahkan bisa menjadi sumber pendapatan yang utama.


Mengerjakan apa yang kita sukai dan mendapatkan uang dari situ, siapa sih yang nggak tertarik? Atau masih penasaran bagaimana cara mendapatkan uang dari hobi fotografi? Sudahlah tidak perlu berlarut-larut rasa penasarannya karena dibawah ini Kangagos menjabarkan cara-caranya, antara lain yaitu :

1. Jual foto secara online

Kita sekarang berada di jaman canggih yang serba digital, yang mana jual beli bisa dilakukan secara online termasuk juga menjual foto sebagai hasil karya. Bagaimana caranya?

Foto digital akan tersimpan di dalam memori atau cloud, yang mana jika hobi ini dilakukan secara terus menerus otomatis juga akan menambah penggunaan dari kapasitas memori. Daripada hanya menuh-menuhin memori, alangkah baiknya jika foto-foto tersebut "dikaryakan" sehingga bisa mendatangkan uang.

Caranya kamu bisa memanfaatkan situs-situs yang menyediakan stok foto secara online. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kebutuhan akan sebuah foto sangatlah tinggi untuk berbagai keperluan seperti untuk bahan pendukung pada artikel blog, bahan representasi dan lainnya.

Nah situs-situs penyedia stok foto online tersebut ada yang menyediakan stok foto secara gratis maupun yang berbayar. Adapun situs yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual stok yang kamu miliki diantaranya adalah sebagai berikut :



Untuk lebih mendalam lagi terkait dengan cara menghasilkan uang dari hobi fotografi khususnya secara online, Kangagos telah membahasnya secara terpisah silahkan kunjungi juga situs terbaik untuk menjual foto hasil karya sendiri.

2. Fotografer dokumentasi

Biasanya setiap instansi pemerintahan atau perusahaan swasta mempunyai kbutuhan untuk mendokumentasikan setiap kegiatan mereka. Oleh karena itu tidak jarang jika instansi atau perusahaan tersebut merekrut fotografer untuk keperluan dokumentasi saat meliput suatu acara.

Kebutuhan fotografer tersebut bisa dengan cara direkrut sebagai pegawai/karyawan atau menggunakan sistem rekanan. Nah agar hobi fotografi bisa menjadikan sumber pendapatan, maka kamu bisa memanfaatkan peluang ini bisa dengan cara melamar sebagai karyawan atau mengajukan proposal.

Disini diperlukan kepekaan untuk mengambil gambar terlebih disaat momen-momen penting yang terjadi dalam serangkaian suatu kegiatan.

3. Memanfaatkan Blog atau Youtube

Selanjutnya untuk bisa mendapatkan penghasilan dari hobi fotografi adalah dengan cara memanfaatkan platform blog atau Youtube. Disini kamu bisa buat konten (tulisan atau video) tentang seputar fotografi seperti review kamera, software, lensa, solusi permasalahan yang sering dihadapi fotografer dan lainnya.

Atau juga bisa berisi konten tentang tips dan trik saat mengambil foto agar hasilnya tampak lebih keren dan menarik dengan memanfaatkan momen, spot dan angle.

Penghobi fotografi tentu sangat banyak, oleh karena itu peluang blog atau Youtube milikmu dikunjungi banyak orang sangatlah terbuka lebar. Dalam pengembangannya disini kamu bisa mendapatkan endorse, menjadi influencer, atau bahkan bisa juga menjadi brand ambassador dari sebuah produk tertentu. Mantap kan.

4. Membuka usaha studio foto

Meskipun kini hampir setiap orang bisa mengambil gambar sendiri meskipun melalui kamera smartphone, namun dalam momen-momen tertentu mereka juga membutuhkan studio foto untuk hasil foto yang seperti mereka inginkan.



Sebut saja seperti momen wisuda yang kerap menjadikan studio foto hingga antri, ingin mempunyai foto keluarga, membuat pasphoto yang keren dan lain sebagainya. Studio foto tersebut tentu akan lebih lengkap lagi pelayanannya dengan menambahkan jasa edit foto dan lainnya yang berhubungan dengan fotografi.

5. Fotografer EO

Dengan menjadi fotografer sebuah EO maka hobi fotografi kamu bisa tersalurkan serta juga bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Biasanya EO menangani acara-acara yang pastinya membutuhkan fotografer untuk mengabadikan kegiatan tersebut.

Atau bisa juga dengan menjadi fotografer WO yang bertugas mengabadikan saat penting dalam sebuah pernikahan seperti acara malam midodareni, ijab kabul, resepsi dan lainnya.

6. Mengikuti kontes foto

Jangan salah ya, ternyata banyak lho pihak yang mengadakan kontes foto baik dari pemerintahan maupun swasta. Topik yang diangkat tentu berbeda-beda. Dalam sebuah kontes foto ini biasanya hadiah yang disediakan sangatlah besar dan menarik.

Pastinya yang dicari adalah bukan foto yang "biasa-biasa" saja, untuk itu harus saling berlomba untuk menghasilkan karya foto digital yang lain daripada yang lain, unik, menarik, mempunyai makna yang dalam serta eye catching.

Nah demikian cara menghasilkan uang dari hobi fotografi yang bisa kamu manfaatkan. Satu hal yang penting adalah tidak berhenti untuk selalu berinovasi dan mengembangkan ide serta kreatifitas untuk selalu menghasilkan foto digital yang unik, menarik dan keren. Selamat berkarya.