Daftar Smartphone Xiaomi yang Mendapatkan Update MIUI 12


Kabar gembira bagi pengguna smartphone Xiaomi yang telah lama menunggu kehadiran MIUI 12 dan tidak sabar untuk segera bisa mencicipinya. Banyak fitur baru yang dijanjikan hadir di MIUI 12 ini sehingga diyakini bakal dapat memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

Seperti yang diketahui bahwa Xiaomi belum lama ini telah meluncurkan produk smartphone terbarunya yang disebut-sebut dinantikan oleh para Mi Fans yaitu Redmi 9. Smartphone ini hadir dengan adanya pembaharuan dari segi desain maupun hardware dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Seperti apa sih? Silahkan diintip Redmi 9 jawaranya quad camera.

Peningkatan fitur dan optimasi pada MIUI 12 menjadikan antarmuka ini diklaim mempunyai fitur keamanan yang ekstra. Hal tersebut digambarkan manakala pada smartphone yang telah menggunakan antarmuka MIUI 12, secara otomatis akan mendapatkan semacam peringatan atau notifikasi ketika ada aplikasi yang dengan diam-diam mengakses data-data pribadi dari pengguna.

Wuihh ini sangat keren sekali ya, jadi pengguna tidak merasa was-was terkait dengan keamanan data yang dimilikinya. Penasaran smartphone Xiaomi apa saja yang berkesempatan mendapatkan pembaharuan antarmuka MIUI 12? Cekidot ya sob.

Daftar Smartphone Xiaomi yang Menerima Update MIUI 12

Mengutip penyataan dari pihak Xiaomi yang dalam hal ini diwakili oleh Alvin Tse sebagai Country Director Xiaomi Indonesia menyatakan bahwa MIUI 12 ini merupakan antarmuka yang paling inovatif di antara versi sebelumnya yang pernah mereka buat.


Wah jadi semakin tidak sabar kan untuk segera merasakan MIUI 12 ini. Nah kabar baik selanjutnya adalah smartphone yang mendapatkan update MIUI 12 tidak terkonsentrasi pada smartphone keluaran baru saja lho.

Artinya bagi kamu pengguna smartphone Xiaomi keluaran agak terdahulu, bisa juga berkesempatan mencicipi sensasi fitur MIUI 12 tanpa harus mengganti smartphone kamu. Agar tidak semakin penasaran yang dapat berakibat munculnya jerawat, berikut daftar smartphone yang menerima update MIUI 12 yaitu :

  • Redmi Note 9
  • Redmi Note 9 Pro
  • Redmi Note 8 Pro
  • Redmi Note 8
  • Redmi 8
  • Redmi 8A
  • Redmi 8A Pro
  • Redmi Note 7
  • Redmi 7
  • Redmi 7A
  • Redmi Note 6 Pro
  • Redmi 6
  • Redmi 6A
  • Redmi Note 5 Pro
  • Redmi Note 5
  • Redmi S2
  • Mi 10
  • Mi Note 10
  • Mi Note 10 Pro
  • Mi 8 Lite
  • POCOPHONE F1

Dari sejumlah daftar smartphone diatas, apakah smartphone kamu merupakan salah satunya yang berkesempatan mendapatkan pembaharuan antarmuka MIUI 12? Kalau muncul diantaranya Kangagos ucapkan selamat. Nah kalo ternyata tidak masuk dalam daftar janganlah bersedih ya. Atau jangan-jangan malahan berencana membeli smartphone terbaru dari Xiaomi seperti Redmi Note 9 atau Redmi Note 9 Pro?

Untuk pembaharuan antarmuka MIUI 12 ini akan dilangsungkan mulai bulan Agustus secara bertahap. Jadi harus sabar menanti giliran ya, yang penting tetap pantau terus notif update MIUI di smartphone masing-masing. Lantas seperti apa saja sih pembaharuan yang terjadi pada MIUI 12 tersebut?

Fitur MIUI 12

Pada pembaharuan kali ini, antarmuka MIUI 12 telah mengalami banyak peningkatan fitur seperti pada segi tampilan, keamanan, wallpapper, efek visual, fitur AI phone assistant dan lainnya. Tak ketinggalan pula fitur yang penting untuk memantau dan menjaga kesehatan seperti fitur sleep tracker.

Pada pembaharuan ini terjadi peningkatan pada algoritma perekaman gerakan dengan menambahkan pemantauan aktivitas tidur yang bisa dilakukan secara offline sehingga tidak memerlukan biaya dan koneksi internet.

Fitur seperti sleep tracker ini biasanya kita temui pada perangkat wearable seperti smartwatch atau pada smartband yang Xiaomi sendiri mempunyai produk-produk tersebut seperti Mi Band. Namun bagi pengguna MIUI 12 bisa mendapatkan manfaat tersebut tanpa harus memiliki perangkat wearable.

Menariknya lagi adalah fitur ini dapat menentukan kualitas tidur dari penggunanya, bahkan bisa juga merekam aktifitas saat penggunanya bermimpi atau mendengkur selama tidurnya. Untuk penggunaan fitur ini membutuhkan konsumsi daya baterai yang sangat rendah yaitu hingga 1% saja. Nah untuk fitur lainnya yang mendapatkan pembaharuan adalah sebagai berikut :

1. Fitur keamanan

Peningkatan pada fitur keamanan sedikit telah dibahas diatas yang disebutkan dapat melindungi data pengguna dari aplikasi-aplikasi yang berusaha mencuri data tersebut. Lagian siapa sih yang seneng data pribadinya dicuri oleh pihak lain dan digunakan semau-maunya?

Adalah mask system yang akan menangkal aplikasi-aplikasi nakal tersebut yang bertujuan mengakses data -data penting pengguna seperti  kontak, kalender, riwayat panggilan, IMEI dan lainnya.

Ada juga Flare system yang akan memantau izin dan informasi sensitif yang diakses oleh aplikasi tertentu. Jika terjadi hal yang demikian maka Flare system akan mengirimkan notifikasi dengan warna berbeda ketika terdapat sebuah aplikasi yang menggunakan kamera, mikrofon atau lokasi GPS pengguna. Sedangkan untuk urusan batasan perizinan lokasi, mikrofon dan kamera dengan opsi selalu izinkan, izinkan sekali saja atau tolak permintaan aplikasi dipercayakan pada Barbed Wire system.


2. Clean UI

Dalam setiap pembaharuan MIUI, pihak Xiaomi selalu berusaha untuk dapat memberikan tampilan antarmuka yang lebih bersih daripada versi sebelumnya. Sama halnya dengan MIUI 12 yang dihadirkan antarmuka yang bersih dan menarik dengan jarak antar tulisan atau gambar yang lebih lebar. Untuk tampilan background juga ditampilkan lebih terang dari sebelumnya.

Misalnya saja pada fitur cuaca yang di MIUI 12 ini tampilannya lebih menarik lagi karena mampu menampilkan efek cuaca yang terjadi secara real-time. Efek cuaca tersebut misalnya suasana cerah, berkabut, hujan, salju dan yang lainnya. Ditambah lagi dengan simulasi layar picture-in-picture memungkinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi cuaca ke berbagai sisi. Sangat menyenangkan ya bro.

3. Multi window

Sebenarnya pada Redmi 8 yang menggunakan MIUI 11 sudah bisa melakukan multi windows atas multi tasking. Namun multi window pada MIUI 12 mampu membuat aplikasi pesan dimunculkan dengan secara picture-in-picture ketika membuka aplikasi dengan layar penuh, seperti pada saat bermain game atau menonton video. Xiaomi bahkan menambahkan berbagai skenario bagaimana fitur ini akan bekerja, entah langsung dari panel notifikasi dan cara mengubah ukuran jendela melayang itu.

4. Animasi baru

Pihak Xiaomi sepertinya telah bekerja keras untuk menghadirkan nuansa baru pada MIUI 12 dan mengklaim bahwa kehalusan transisi animasi pada MIUI 12 ini setara dengan iOS. Wah kereeen. Maksud dari animasi di sini misalnya pergerakan dan transisi setiap ikon di MIUI 12.

Hampir semua sistem animasi mengalami perubahan pada antarmuka terbaru ini. Pengalaman baru akan dirasakan ketika membuka aplikasi, rotasi layar, status baterai, live wallpaper hingga mengatur ulang ikon di homescreen.

MIUI 12 juga banyak menambahkan animasi untuk fitur Always on Display yang di antaranya adalah terinspirasi dari beberapa planet seperti Bumi, Mars dan Bulan. Fitur ini akan terasa seperti pada saat pengguna membuka kunci layar maka tampilan wallpaper akan di zoom mendekati planet itu da pada saat pengguna membuka sebuah folder aplikas maka zoom akan terlihat semakin dekat.


5. AI Calling

AI Calling di MIUI 12 didesain dan didedikasikan untuk pengguna yang memiliki masalah dengan pendengaran. Dengan demikian maka kata-kata yang diucapkan akan ditranskrip ke dalam bentuk teks dan pengguna akan bisa memilih respon yang diberikan dibandingkan dengan harus membalasnya secara lisan. Jadi sepertinya fitur ini hampir mirip dengan Screen Calling miliknya Google ya.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah adanya fitur penjawab panggilan otomatis pada saat ada panggilan masuk dari nomer tidak dikenal dan juga telepon spam. Mesin penjawab ini dilakukan oleh AI namun tetap masuk ke dalam daftar panggilan.

Untuk menjawab panggilan ini, Xiaomi telah menyediakan AI Call yang memungkinkan pengguna untuk menjawab dengan membalas melalui SMS.

Selain itu ada pula fitur Gyroscope di MIUI 12 yang merupakan fitur untuk keperluan berolahraga yang dapat digunakan misalnya untuk merekam langkah kaki, berlari, berjalan, bersepeda dan menaiki anak tangga. Seperti halnya Apple Watch, Xiaomi mengklaim akurasi dari fitur ini mencapai hingga 96%. Menarik ya Sob.