Fitur Baru MIUI 12.5 Mirip Dengan iOS?


MIUI 12 yang dirilis oleh Xiaomi pada pertengahan tahun lalu, terus mendapatkan pembaharuan yang hingga kini versi terbarunya adalah MIUI 12.5. Apa saja yang baru dan apakah benar mirip dengan iOS?

Sistem antarmuka dari Xiaomi dengan versi terbaru MIUI 12.5 ini diluncurkan berbarengan dengan peluncuran smartphone flagship Xiaomi yaitu Mi 11. Sebagai penerus dari versi sebelumnya, MIUI 12.5 dihadir dengan membawa sejumlah fitur-fitur baru dan keren dengan fokus utamanya untuk memberikan performa smartphone yang diklaim akan lebih cepat.

Fitur MIUI 12.5

Secara tampilan dan desain, MIUI 12.5 mengalami perombakan yang mana pada efek transisinya serasa mirip dengan sistem operasi pada iPhone atau iOS. Bloatware atau aplikasi bawaan yang ada pada MIUI 12.5 hanya berjumlah 9 aplikasi. Dalam perbandingannya dengan iOS, jumlah ini lebih sedikit karena pada iOS 14.2.1 membawa 11 aplikasi bawaan.

Hal menarik lainnya adalah MIUI 12.5 diklaim irit daya karena konsumsi dayanya bisa ditekan 25 persen lebih rendah dan juga bisa menghemat penggunaan memori hingga 20 persen. Sedangkan pada penggunaan memori background juga diklaim berkurang hingga 35 persen.

Untuk fitur keamanannya, MIUI 12.5 menggunakan mekanisme baru dalam meningkatkan privasi pengguna, seperti adanya kontrol yang lebih banyak terhadap akses aplikasi guna melindungi privasinya. Nah fitur lainnya yang ditawarkan oleh MIUI 12.5 adalah sebagai berikut :



1. Transisi smartphone ke laptop

Dengan menggunakan fitur ini maka pengguna dimungkinkan untuk dapat menghubungkan perangkat smartphone dengan perangkat laptop secara otomatis. Setelah kedua perangkat tersebut terhubung maka pengguna bisa mengoperasikan smartphone-nya pada layar laptop saja.

Jadi aktifitas seperti melihat notifikasi, menyalin teks, mengelola halaman web pada smartphone, melakukan tangkapan layar (screenshot) dapat diakukan secara langsung dari laptop atau PC. Wuuih keren bro.

2. Motion Effect

Motion Effect pada MIUI 12.5 memiliki gerakan yang diklaim berada pada tingkatan level tertinggi. Berdasarkan informasi dari pihak Xiaomi, Motion Effect ini memiliki kinerja rendering 20 kali lebih kuat dibandingkan MIUI sebelumnya.

3. Super Wallpaper

Pada MIUI 12.5 dilengkapi dengan fitur "Super Wallpaper" yang bisa dipakai oleh pengguna untuk menjadikan latar belakang atau background smartphone terasa tidak membosankan. Tampilan gambar background terdapat banyak tema seperti gambar yang bertemakan pegunungan terdapat pilihan gambar Shipwreck Bay, Siguniang Mountain dan Blade’s Edge Mountain. Jika stok tersebut masih dirasa kurang, tunggu saja peluncuran serangkaian Super Wallpaper di tahun ini ya.

4. Touch Response

Xiaomi memperkenalkan MIUI 12.5 yang mempunyai gestur dan respon sentuhan yang lebih natural yang diklaim mampu memudahkan pengguna yang memiliki gangguan penglihatan untuk dapat menyentuh dan mengarahkan mereka ketika membuka menu atau aplikasi.

5. Notifikasi Suara

Dalam sistem antarmuka terbaru ini, Xiaomi juga menambahkan varian pilihan suara notifikasi yang sangat menarik misalnya saja suara dengan kesan natural layaknya berada di hutan hujan. Dalam hal ini setidaknya terdapat lebih dari 120 suara efek natural.

6. Peningkatan Privasi

Untuk menambah kenyamanan pengguna, MIUI 12.5 menambahkan kontrol pada pengguna agar dapat membatasi akses aplikasi untuk memperoleh informasi pribadi misalnya seperti password/kata sandi, clipboard, hingga data lokasi. Fitur ini juga menawarkan opsi untuk memberikan izin sementara pada aplikasi yang ingin mengakses fitur tertentu pada ponsel.

7. Sticky Notes

Sticky Notes menjadi tempat untuk menyimpan catatan-catatan penting pengguna. Dalam Sticky Notes, pengguna bisa memasukan teks, link, gambar, artikel, rangkuman secara otomatis. Oiya, silahkan baca juga harga dan spesifikasi Mi Watch.

Nah bro, coba deh sekarang cek smartphone Xiaomi kamu di bagian pengaturan -> tentang smartphone -> pembaharuan sistem, siapa tahu sudah tersedia update-an ke MIUI 12.5.