Jam Pintar Xiaomi Mi Watch dan Mi Watch Lite


Jam Pintar Xiaomi Mi Watch resmi di boyong ke Indonesia pada pertengahan bulan kemarin, yang terdiri dari dua jam pintar yaitu Mi Watch dan Mi Watch Lite. Peluncuran ini bersamaan dengan juga dengan launching smartphone Mi 10T.

Jam pintar dari Xiaomi ini sangat stylish yang dapat dimanfaatkan untuk memantau kesehatan dan juga cocok sekali untuk menemani gaya hidup sehari-hari. Secara desain bentuknya, keduanya terlihat berbeda dari produk sebelumnya seperti Mi Band 2 maupun Mi Band 4. Seperti apa sih spesifikasinya? Skuy lanjut bro.

Mi Watch

Di pasar Indonesia, Xiaomi menawarkan Mi Watch ini dalam tiga varian warna yaitu hitam, putih, dan navy blue. Dalam paket penujualannya terdapat unit Mi Watch, charger magnetic dan buku petunjuk. Untuk kepala charger memang tidak disertakan dalam paket penujualannya ya bro.

Pada bagian layar, Mi Watch memiliki bobot 32 gram dan menggunakan layar AMOLED yang berukuran 1,39 inci dan resolusi 454 x 454 piksel yang dilindungi dengan kaca tempered glass. Layar ini memiliki tingkat kecerahan hingga 450 nits, terasa tetap nyaman meskipun derada di bawah sinar matahari langsung. Layar ini dapat menampilkan dengan jelas notifikas, panggilan masuk, info kebugaran dan lainnya.


Mi Watch ini menggunakan chipset Apollo 3 dan berjalan pada sistem operasi RTOS. Dengan tenaga baterai yang berkapasitas 420 mAh, Mi Watch diklaim dapat bertahan hingga 16 hari dengan waktu pengisian hanya dua jam saja.

Untuk urusan konektifitas sudah menggunakan Bluetooth 5.0 untuk bisa tersambung dengan smartphone. Mi Watch tidak hanya bisa di pairing dengan smartphone Xiaomi saja, namun smartphone lainnya juga bisa dengan menggunakan aplikasi Xiaomi Wear.

Pada aplikasi Xiaomi Wear juga menawarkan banyak tampilan Mi Watch yang bisa diunduh oleh pengguna. Silahkan baca juga spesifikasi OPPO A15.

Saat Mi Watch terhubung dengan smartphone maka pengguna bisa mendapatkan dan merasakan sejumlah fiturnya, seperti melihat notifikasi, panggilan telepon masuk dan memutar musik.

Pada notifikasi pesan seperti WhatsApp, selain teks Mi Watch juga dapat menampilkan emoji. Selain itu, Mi Watch mendukung 117 mode latihan olahraga dan fitur untuk memantau kondisi tubuh pengguna seperti :

  • Pengukur detak jantung
  • Pendeteksi jumlah langkah harian
  • Pengukur kondisi tidur
  • Pengukur tekanan udara
  • Mengukur tingkat oksigen di dalam darah (SpO2)

Mi Watch juga aman untuk diajak berenang karena jam pintar ini tahan air hingga kedalaman 50 meter. Fitur menarik lainnya adalah GPS, kompas dan pengukur elevasi.

Mi Watch Lite

Smartwatch atau jam pintar dari Xiaomi ini bisa menjadi pengingat akan pentingnya kesehatan bagi kita semua bro. Ingat, sakit itu mahal karena butuh dana untuk perawatannya.

Oleh karena itu kehadiran jam pintar ini bisa menjadikan kita untuk tidak terjebak dalam kenikmatan "mager" alias males gerak, karena terdapat pengingat untuk tetap aktif bergerak dan juga dapat untuk memantau kondisi tubuh kita.

Nah selain Mi Watch, Xiaomi juga membawa Mi Watch Lite untuk pasar Indonesia yang secara bandrol harga lebih murah daripada Mi Watch. Dengan desain yang memiliki ciri khas tersendiri, terdapat tiga varian warna jam pintar yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Ditambah lagi pengguna juga bisa memadukannya dengan lima pilihan warna untuk strap.

Untuk tampilan layarnya, pengguna bisa memanfaatkan 120 ketersediaan tampilan tema jam dan juga bisa melakukan kustomisasi fungsi tampilan jam, yang bisa disesuaikan dengan gaya pengguna.

Mi Watch Lite mengusung desain bentuk kotak dengan panel IPS seluas 1,4 inci resolusi 320 x 320 piksel dengan bobot bobot 35 gram, sedikit lebih berat dari Mi Watch. Layar ini mendukung kecerahan dengan penyesuaian secara otomatis dan dapat menampilkan beragam notifikasi dan informasi kebugaran.

Sama seperti Mi Watch, untuk notifikasi Mi Watch Lite juga mampu untuk menampilkan notifikasi emoji lho bro. Oiya, jangan lewatkan juga perbedaan Redmi Watch dan Mi Watch Lite ya.

Mi Watch Lite mendukung 11 mode latihan olahraga baik di dalam atau di luar ruangan seperti berjalan, lari, treadmill, dan bersepeda. Untuk berenang juga aman bro karena Mi Watch Lite tahan air hingga kedalaman 50 m. Silahkan baca juga rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa.

Untuk membantu meningkatkan hasil dari latihan kamu, Mi Watch Lite mampu untuk mencatat pergerakan secara real time dan mendukung pengaturan dengan tujuan olahraga tertentu. Hmmm, serasa miliki asisten latihan pribadi ya. Fitur keren lainnya antara lain adalah :

  • Latihan Pernapasan yang dipandu selama 1 hingga 5 menit dengan ritme tertentu dengan tujuan untuk meredakan stres
  • Pemantauan detak jantung, menggunakan sensor PPG yang dapat mendeteksi secara akurat
  • Pemantauan kualitas tidur dengan merekam data tidur secara lengkap.

Dengan kapasitas baterai sebesar 230 mAh, masa pemakaian Mi Watch Lite mampu bertahan hingga 9 hari, dengan pengisian daya kembali hanya membutuhkan waktu dua jam saja. Soal harga, Mi Watch dibandrol diangka 1,4 jutaan sedangkan untuk Mi Watch Lite Dibandrol di harga tujuh ratusan ribu rupiah. Nah bro, dari keduanya kamu pilih yang mana?