Tips dan Trik Seputar Aplikasi WhatsApp


Lagi, baru-baru ini WhatsApp mengumumkan deretan smartphone yang bakal tidak bisa menggunakan layanannya di tahun 2021. Pada kesempatan sebelumnya, WhatsApp juga pernah mengeluarkan kebijakan yang serupa.

Info terbaru, aplikasi WhatsApp tidak bisa lagi dipakai di beberapa smartphone baik iOS dan Android yang masih menggunakan sistem operasi lawas. Dengan demikian bisa diartikan bahwa aplikasi WhatsApp hanya akan kompatibel dan dapat dijalankan hanya pada sistem operasi yang telah ditentukan. Nah kira-kira smartphone apa saja ya yang nantinya tidak bisa bertukar pesan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp?

Smartphone yang tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp

WhatsApp secara resmi telah mengeluarkan kebijakan baru bahwa akan ada beberapa smartphone yang mau tidak mau harus "berpisah" dengan aplikasi WhatsApp. Smartphone tersebut adalah yang berjalan pada sistem operasi Android 4.0.3 atau yang dibawahnya dan untuk iPhone yang menggunakan iOS 8 atau di Bawahnya. Berikut adalah beberapa daftarnya :

  • iPhone 4 dan model sebelumnya
  • LG Optimus Black
  • Samsung Galaxy S2
  • HTC Desire
  • Motorola Droid Razr

Bagi pengguna iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 6, dan iPhone 6S bisa segera memperbarui sistem operasinya menjadi iOS 9 agar tetap bisa menggunakan aplikas WhatsApp. fyi, untuk iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE masih mendapatkan dukungan iOS 14. Sedangkan bagi pengguna OS Android bisa langsung cek sistem operasi di smartphone yang sekarang ini digunakan dengan cara :

  • Buka menu pengaturan/setting
  • Pilih opsi About System atau About Device
  • Berikutnya akan ditampilkan OS yang digunakan, jika meggunakan Android di atas versi Android 4.0.3 berarti aman.

Tips dan Trik Seputar Aplikasi WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi tukar pesan yang populer di semua kalangan dan aplikasi ini menawarkan fitur keren seperti layanan gratis, chat lintas platform, dukung jenis file, pesan suara, panggilan video, suara gratis dan lainnya. Tidak lupa fitur dark mode juga sudah bisa diaktifkan di aplikasi ini. Oiya baca juga saat yang tepat untuk ganti smartphone.

Dari sekian banyak pengguna smartphone, banyak diantaranya yang menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi wajib terinstal di smartphone, dan mungkin kamu adalah salah satunya. Sebagai pengguna aplikasi ini, sudah tahukah kamu bahwa di aplikasi ini memiliki fitur keren yang dapat membuat aktifitas pertukaran pesan menjadi menyenangkan?

Selain dapat meng-upload dan berbagi story di aplikasi WhatsApp, berikut ini tips dan trik seputar aplikasi WhatsApp yang bisa kamu lakukan yaitu :

1. Varian tampilan teks

Agar pertukaran pesan kamu semakin bervariasi, kamu bisa menampilkan varian teks seperti teks tercetak tebal, teks miring dan teks yang dicoret. Seperti apa caranya?

  • Teks tebal : menambahkan tanda bintang (*) di antara teks, contoh *www.kangagos.com*
  • Teks miring : dengan menambahkan tanda underscore (_) di antara teks, contoh _www.kangagos.com_
  • Teks coret : dengan menambahkan tanda cacing (~) di antara kata atau kalimat, contoh ~www.kangagos.com~

2. Hapus pesan secara otomatis

Fitur ini memungkinkan pengguna aplikasi WhatsApp untuk menghapus pesan yang dikirimkan secara otomatis setelah 7 hari. Adapun cara untuk mengaktifkan fitur ini adalah :

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Tap nama orang atau grup yang dikirimi pesan
  • Kemudian scroll ke bawah hingga menemukan pilihan Disappearing messages atau Pesan Sementara
  • Selanjutnya klik tombol untuk mengaktifkan atau mematikan fitur ini.

Note : Untuk mengaktifkan fitur ini di grup, hanya akan bisa jika kamu memiliki akses admin di WAG tersebut.

3. Mengganti wallpaper

Bosan adalah salah satu sifat dasar manusia, termasuk juga saat melihat wallpapper aplikasi WhatsApp yang monoton. Kamu bisa merubah wallpaper ini dengan sangat mudah dan cepat lho. Mau tahu caranya?

Buka saja aplikasi WhatsApp dan menuju ke menu Setting atau Setelan dengan menekan titik tiga di bagian atas. Setelah itu, klik menu chat untuk masuk ke pengaturan wallpaper. Di sini kamu bisa memilih gambar yang ada di galeri untuk dijadikan wallpaper. kamu juga bisa memakai warna solid atau juga menggunakan wallpaper yang sudah disediakan oleh WhatsApp. Simak juga spesifikasi OPPO A15.

4. Font Rahasia

Akan lebih menarik jika kamu bisa menampilkan font yang berbeda saat bertukar pesan dan fitur dari aplikasi WhatsApp ini bisa kamu manfaatkan. Font berkesan jadul yang biasa ada di mesin ketik ini bisa kamu gunakan baik di perangkat iOS maupun Android. Caranya adalah dengan menambahkan simbol "`" sebanyak tiga buah diantara kata, contohnya seperti ```www.kangagos.com```.

5. Pin chat penting

Dengan fitur ini akan mempermudah kamu dalam menemukan chat-chat yang kamu anggap penting, karena chat-chat ini akan berada di atas pesan lainnya. Caranya adalah dengan menekan pesan pribadi atau grup yang diinginkan agak lama, nantinya akan muncul ikon pin di tab bagian atas atas. Jika kamu menggunakan iPhone, hanya perlu melakukan swipe chat yang diinginkan ke kanan dan kemudian pilih opsi pin.

Sahabat Kangagos jangan lupa untuk segera cek sistem operasi smartphone yang kamu gunakan ya. Betewe, tertarik untuk mempraktekkan tips dan trik seputar aplikasi WhatsApp di atas?