Destinasi Wisata di Semarang yang Penuh Pesona


Pesona destinasi wisata di Semarang yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Semarang. Atau bisa juga memasukkannya dalam daftar tempat wisata yang dalam waktu dekat akan kamu singgahi. Semarang dibalik hiruk pikuk keriuhan kotanya ternyata mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan menarik. Mau tahu apa saja destinasi wisata di Semarang?

Semarang merupakan ibukota propinsi Jawa Tengawh yang merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia. Nama Semarang berasal dari kata "sem" yang dapat diartikan sebagai "asam/pohon asam/asem", dan juga kata "arang", yang dapat diartikan "jarang". Sehingga kalau digabungkan akan menjadi "asam yang jarang - jarang" yang kemudian mengalami perubahan menjadi Semarang.

Destinasi Wisata di Semarang

Semarang menyimpan banyak destinasi wisata yang sangat recommended untuk di jelajahi. Mau tahu? Mari kita simak destinasi wisata di Semarang yaitu :

1. Lawang Sewu

Lawang sewu atau dalam bahasa Indonesia berarti pintu seribu sudah menjadi ikon atau landmark dari kota Semarang. Bangunan Lawang sewu terletak tidak jauh dari pusat kota yang terletak di sebelah barat dari Simpang lima Semarang. Bangunan yang kaya akan nilai sejarah ini mulai dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907.

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang cerita dari Lawang sewu ini karena pernah digunakan sebuah acara uji nyali di salah satu televisi nasional. Namun jika kamu melihat Lawang sewu hari ini maka sangat jauh dari kesan menyeramkan.


Lawang sewu sekarang tampak lebih indah dan megah yang tidak pernah sepi dari pengunjung, baik pengunjung loka maupun yang dari luar Semarang.

Di depan Lawang Sewu akan kita temukan sebuah taman yang indah dengan sebuah tugu yang menjulang tinggi. Inilah tempat wisata Tugu Muda yang sangat menarik dan tentunya sangat instagramable deh.

2. Kawasan Simpang Lima

Simpang lima merupakan alun-alun kota Semarang yang juga disebut sebagai Lapangan Pancasila. Disekitarnya terdiri dari bangunan perkantoran, pusat perbelanjaan, masjid dan juga perhotelan.

Kawasan Simpang Lima saat ini sangatlah indah dan menarik terutama pada malam hari dengan hadirnya lampu-lampu hias yang warna-warni. Ditambah lagi adanya becak mobil wisata yang sangat cocok untuk digunakan bersama keluarga tercinta untuk berkeliling santai.

Lapangan Simpang lima menjadi tempat untuk refreshing, jalan-jalan, berolahraga, dan kegiatan lainnya. Di Lapangan ini biasanya juga digunakan untuk konser musik dan juga menjadi pusat perayaan tahun baru.

3. Sam Po Kong

Sam Poo Kong atau Gedong Batu merupakan sebuah kuil yang berada di daerah Simongan, Semarang. Diceritakan bahwa tempat ini pada jaman dulu adalah tempat persinggahan dari Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah asal Tiongkok yang beragama Islam.

Bangunan Sam Po Kong kental sekali dengan nuansa China atau Tiongkok sehingga sangat disayangkan kalau destinasi wisata ini dilewatkan. Disini terdapat banyak sekali spot-spot foto yang sangat menarik.

Oiya Sam Po Kong ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja lho namun juga hingga mancanegara. Bahkan kabarnya Sam Po Kong ini merupakan tempat yang telah ditetapkan oleh pemerintah Tiongkok sebagai destinasi wisata bagi pelancong asal negaranya.

4. Kawasan Kota Lama

Kawasan Kota Lama ini juga mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bagaimana tidak, disini serasa berada di Belanda lho karena bentuk bangunan yang kental sekali dengan bangunan-bangunan yang ada di Belanda.

Kawasan Kota Lama merupakan sebuah kawasan di Semarang yang pada abad 19-20 menjadi pusat perdagangan.Kawasan ini dibangun pada masa penjajahan Belanda dan juga merupakan saksi bisu perjalanan sejarah bangsa Indonesia di masa kolonial Belanda selama lebih dari 2 abad lamanya.

Maka tidak salah jika kawasan ini dijuluki sebagai "Little Netherland" dan hingga kini masih terdapat kurang lebih 50 bangunan kuno berarsitektur Belanda.

5. Pusat oleh-oleh Pandanaran

Tidak lengkap rasanya jika berwisata ke Semarang tanpa membawa pulang oleh-oleh dan souvenir khas Semarang yang berada di jalan Pandanaran, tidak jauh dari lokasi Lawang sewu.

Disini kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas Semarang yang lengkap seperti lumpia, tahu bakso wingko babat, bandeng Juwana, roti ganjel rel, dan lain-lain.

Destinasi Wisata Religi

Di Semarang juga terdapat destinasi wisata religi yang patut untuk dikunjungi saat berwisata ke Semarang diantaranya yaitu :

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) sering disebut sebagai miniatur Masjid Nabawi karena mempunyai enam buah payung raksasa. Payung besar ini dibuka pada saat-saat tertentu saja seperti saat sholat jumat, Idul Fitri dan Idul Adha. Payung raksasa ini mempunyai tinggi 20 meter dan berdiameter 14 meter.

Daya tarik MAJT lainnya adalah di sekitar masjid terdapat Menara Al Husna atau Al Husna Tower yang tingginya mencapai 99 meter.

Selain itu di MAJT terdapat koleksi Al Quran raksasa yang berukuran 145 x 95 cm. Al Quran ini ditulis tangan oleh Drs. Khyatudin yang diletakkan pada ruang utama tempat salat. MAJT juga mempunyai Bedug raksasa yang mempunyai ukuran panjang 310 cm dan berdiameter 220 cm.


MAJT ini dibangun pada tahun 2001 yang pada saat pemasangan tiang pancang pertama dihadiri oleh tujuh duta besar dari negara-negara sahabat, yaitu Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Kuwait, Mesir, Palestina, dan Abu Dhabi.

Selain untuk tempat ibadah, MAJT juga dipersiapkan sebagai destinasi wisata religius. Oleh karena itu untuk menunjang fungsi tersebut maka MAJT ini dilengkapi pula dengan wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar yang terdiri dari berbagai kelas.

2. Gereja Blenduk

Gereja Blenduk merupakan gereja Kristen yang tertua di Jawa Tengah yang juga bernama Gereja GPIB Immanuel. Gereja Blenduk ini mempunyai ciri-ciri bangunan berkubah besar dan dilapisi dengan perunggu. Pada bagian dalam desainnya berdasarkan salib Yunani yang juga terdapat orgel Barok.

Gereja Blenduk ini berada di kawasan kota lama yang berbentuk persegi delapan (oktagonal) yang dibangun oleh masyarakat Belanda yang tinggal di kota Semarang pada tahun 1753. Di sekitar lingkungan gereja ini juga terdapat banyak bangunan-bangunan kuno yang didirikan pada masa kolonial Belanda.

Hingga kini Gereja Blenduk masih digunakan untuk aktifitas ibadah setiap hari minggu. Pada dinding Gereja terdapat nama-nama Pendeta yang bertugas dari pertama kali hingga saat ini yang berjumlah hampir 100 nama. Selain itu juga terdapat foto-foto Gereja Blenduk dari masa ke masa.

3. Masjid Kapal

Masjid Kapal atau Masjid Safinatun Najah merupakan bangunan masjid yang sangat unik karena menyerupai sebuah kapal yang didukung juga oleh indahnya alam sekitar. Masjid Kapal ini mempunyai empat lantai dan terdapat tiga pintu masuk di sisi kanan dan tiga pintu di sisi kiri.

Lantai pertama terdapat ruang pertemuan yang sangat luas, tempat wudlu dan toilet. Sedangkan di lantai dua merupakan tempat ibadah yang di dinding mihrab masjid terdapat lukisan kakbah tiga dimensi sehingga menambah keindahan dan apik.

Di lantai tiga terdapat ruang perpustakaan. Untuk menikmati pemandangan alam sekitar kamu bisa naik ke lantai empat. Disini kamu bisa menikmati indahnya alam dengan semilir angin yang menyejukkan.

Destinasi Wisata Alam

Semakin lengkap karena di Semarang juga terdapat destinasi wisata alam yang sangat panoramik dan indah. Nah wisata alam di Semarang ini jangan sampai terlewat ya, kamu bisa mengunjungi :

1. Pantai Marina

Di Semarang juga ada destinasi wisata pantai yang tidak kalah indah dan menarik lho. Sebut saja Pantai Marina yang mempunyai pesona dan keindahan sehingga cocok untuk dikunjungi dan menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta di pantai ini.

Sebelumnya tempat ini merupakan hutan bakau dan tambak yang oleh pemerintah setempat merencanakan untuk mengubahnya menjadi tempat rekreasi. Akhirnya Semarang mendapatkan tambahan destinasi wisata Pantai Marina dengan cara melakukan reklamasi.

Meskipun di area pantai namun saat memasuki lokasi ini kita disambut oleh banyaknya pepohonan yang rindang sehingga kesan panas segera sirna. Disini kita bisa memancing, naik perahu, berenang dan lainnya.

2. Brown Canyon

Semarang tidak kalah dengan Amerika lho karena di Semarang ada Brown Canyon sedangkan di Amerika Serikat ada Grand Canyon, yaa mirip-mirip lah. Adapun kemiripan yang dimaksud adalah area perbukitan yang berubah menjadi tebing-tebing curam.

Yap karena Brown Canyon ini merupakan area penambangan tanah uruk, padas, dan pasir yang akhirnya menyisakan tebing-tebing tinggi yang menjulang. Pemandangan tebing-tebing tinggi menjulang yang berwarna cokelat menjadikan indah dan menarik.

Bagi kamu yang suka jeprat-jepret, Brown Canyon sangat cocok untuk meyalurkan hobi fotografi kamu. Nah siap untuk take a picture di Brown Canyon?


3. Umbul Sidomukti

Wisata alam Umbul Sidomukti berada di Kabupaten Semarang dengan pemandangan yang sangat indah dan udaranya yang sejuk karena bernuansa alam pegunungan. Destinasi wisata ini mempunyai tiga kolam reang dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda.

Yang menarik disini adalah bentuk kolam renangnya yang didesain pada bagian pinggir kolamnya menggunakan batu-batuan yang tertata rapi sehingga menyerupai mangkok.

Selain berenang di alam terbuka, kamu juga bisa memanah, berkuda, menelusuri gua buatan, sampai wahana yang memacu adrenalin.

Destinasi wisata Umbul Sidomukti diresmikan pada tanggal 2 Agustus 2007 berada pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut sehingga udaranya sangat sejuk dan segar. Untuk menghangatkan suasana, kamu bisa menikmati aneka kuliner yang ada disini sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar. Oiya, simak juga tempat asyik buat nongkrong ditemani live music di Bandung.

Destinasi Wisata Edukasi

Di Semarang juga terdapat destinasi wisata edukasi yang selain bagus untuk dikunjungi orangtua juga anak-anak. Hal tersebut karena dengan wisata edukasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita. Destinasi wisata edukasi di Semarang antara lain adalah :

1. Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita merupakan bangunan yang digunakan untuk menyimpan dan memamerkan berbagai warisan budaya dan benda budaya Jawa Tengah yang saat ini mempunyai koleksi hingga 59784 koleksi. Museum Ranggawarsita ini telah diresmikan pada tanggal 5 Juli 1989 lalu.

Barang-barang yang disimpan di museum ini antara lain Lingga dan Yoni, arca-arca, Kentongan, kendhi, cermin perunggu, patung dewa, candi-candi yang ada di Jawa Tengah. Disamping itu juga miniatur masjid Agung Demak dan Menara Masjid Kudus.

Sejarah kemerdekaan Indonesia juga ada di museum Ranggawarsita ini yang berupa diorama seperti Pertempuran Lima Hari Semarang, Peristiwa Palagan Ambarawa, Serangan Umum 1 maret dan Gerakan Tritura. Nah masih banyak lain koleksi lainnya yang dipajang di Museum Ranggawarsita ini.

2. Kebun Binatang Mangkang

Sebelumnya Kebun Binatang Semarang ini berada di daerah Tinjomoyo. Namun karena beberapa faktor seperti sulitnya akses dan juga kondisi tanah yang labil menjadikan kebun binatang ini akhirnya direlokasi di Mangkang pada tahun 2007.

Banyak koleksi binatang yang ada di kebun binatang ini seperti gajah, harimau, buaya, monyet, beragam jenis burung, rusa, beruang, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga terdapat wahana permainan air Water Boom, kolam pasir dan juga kolam batu kesehatan. Untuk menambah kepuasan pengunjung, disini juga ada museum pesawat, flying fox, kereta mini, arena ketangkasan, museum satwa, gedung sinema satwa, becak air, dan lainnya.

Penasaran bagaimana rasanya naik gajah atau naik kuda? Di Kebun binatang Mangkang juga bisa lho, kamu bisa menguji keberanian kamu dengan naik kuda dan naik gajah. Jangan lupa rasakan sensasinya.

Nah ternyata banyak juga kan destinasi wisata di Semarang yang keren dan menarik. Untuk wisata secara rombongan kamu juga bisa mendapatkan informasi harga sewa bus Semarang.

Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata yang ada di Semarang (Kab) seperti gunung Ungaran, wisata Bandungan, Dusun Semilir, Taman bungan Celosia, Candi Gedong Songo dan lainnya.

Jangan lupa siapkan kamera terbaikmu untuk mengabadikan penjelajahan destinasi wisata di Semarang. Selamat berpetualang, untuk info menarik lainnya silahkan cek dibawah ini :