Tips Memilih Corak dan Motif Marmer yang Tepat


Tips memilih marmer yang tepat ini bisa menjadi acuan dalam menentukan warna dan corak marmer yang akan dipilih untuk diimplementasikan pada sebuah ruangan atau bangunan. Penggunaan marmer bisa pada eksterior maupun pada interior dan biasa digunakan pada lantai, tiang penyangga, dinding, dan juga tangga.

Marmer merupakan batu-batuan gamping yang mempunyai kandungan kalsium karbonat yang tinggi. Pada prosesnya batuan gamping tersebut mengalami tekanan dan juga panas selama ribuan tahun sehingga akhirnya terbentuklah marmer.

Dengan demikian tidak heran jika marmer ini mempunyai sifat yang kokoh, tahan api, kuat, tidak mudah tergores, dan berkesan mewah. Selain itu cara membersihkan dan perawatan marmer juga cukup mudah.

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil marmer yang tidak kalah dari negara-negara lain seperti Italia, India, Spanyol, Yunani, Turki dan Tiongkok. Oleh karena itu kamu bisa mendapatkan marmer yang bagus dan berkualitas tanpa harus ke luar negeri.

Apalagi kalau membeli marmer dari luar negeri pasti akan ada biaya pengiriman yang pastinya mahal sekali ya. Oke selanjutnya kita akan mengetahui bagaimana cara mendapatkan marmer yang tepat.

Tips Memilih Marmer yang Tepat

Memilih marmer memang harus jeli agar bisa mendapatkan marmer yang mempunyai kualitas bagus. Jika masih awam dengan hal ini, mungkin bisa didampingi oleh arsitek atau desainer rumah untuk penggunaan jenis marmer.


1. Harga

Ini adalah yang terpenting ya, namun tidak akan menjadi masalah serius jika soal dana tidak menjadi masalah buat kamu. Intinya adalah untuk memilih marmer yang tepat adalah sesuaikan anggaran dana atau budget untuk alokasi pembelian marmer.

Namun karena penggunaan marmer ini merupakan jangka panjang maka sebaiknya pilihlah produk marmer yang berkualitas. Untuk itu tidak ada salahnya untuk melakukan riset dimana saja toko-toko yang menyediakan marmer dengan kualitas bagus tetapi dengan harga yang terjangkau.

Kamu bisa menentukan supplier marmer yang bisa memberikan harga terbaik tanpa mengorbankan kualitas marmer yang ditawarkan.

Jangan berpikiran bahwa harga yang mahal pasti menandakan marmer yang bagus. Belum tentu, bahkan bisa jadi malah over price.

2. Disesuaikan dengan perabot

Penggunaan bahan marmer terbukti dapat menjadikan ruangan atau bangunan menjadi lebih indah dan mewah, namun ada yang perlu diperhatikan lagi agar tidak merusak pemandangan.

Menyesuaikan warna dan corak marmer dengan perabotan rumah tangga yang akan digunakan merupakan langkah tepat agar tidak ada kesan "bertabrakan".

Sebagai contoh untuk penggunaan marmer di ruangan yang didominasi perabotan warna coklat maka sebaiknya menggunakan marmer warna putih atau krem. Nah untuk menampilkan kesan ruangan agar lebih tampak luas sebaiknya hindari penggunaan marmer berwarna hitam.

3. Sesuaikan dengan ruangan

Dalam sebuah bangunan rumah terdiri dari banyak ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga dan lainnya. Kamu bisa berekspresi dengan membeda-bedakan corak dan warna marmer di setiap ruangan tersebut.

Namun ada yang perlu diketahui bahwa untuk penggunaan marmer warna cerah bisa memberikan kesan ruangan menjadi tampak lebih luas. Penggunaan marmer warna cerah ini bisa diterapkan pada ruang tamu dan juga ruang keluarga. Bagaimana dengan ruang tidur?

Untuk ruang tidur agar dapat menimbulkan kesan sejuk bisa menggunakan marmer yang agak gelap seperti warna abu-abu.

Untuk dapur jika takut mudah terlihat kotor atau noda yang menempel bisa menggunakan marmer warna gelap saja. Nah kalau untuk lantai kamar mandi bisa disamakan warnanya dengan warna wastafel atau toilet, atau bisa juga dibuat senada dengan warna dinding.

4. Ukuran

Karena marmer ini mempunyai barmacam-macam ukuran, maka sebaiknya sebelum membeli marmer dipastikan terlebih dahulu ukuran yang berapa yang akan digunakan. Pemilihan ukuran marmer ini bisa dikonsultasikan dengan arsitek atau desainer rumah atau bangunan kamu sehingga nanti tidak akan mengecewakan.

5. Garansi

Membeli marmer akan lebih menarik lagi jika supplier marmer atau toko marmer bisa memberikan garansi. Dengan adanya garansi maka marmer yang retak karena kesalahan produksi atau finishing bisa untuk diganti marmer yang masih bagus.

Mengenal Jenis-Jenis Marmer

Seperti yang kita ketahui bahwa pembentukan marmer ini melalui berbagai proses dan juga membutuhkan waktu yang sangat panjang. Perbedaan proses dan waktu bisa berpengaruh pada kekuatan, karakter, warna dan motif marmer itu sendiri. Nah berikut ini diantara jenis-jenis marmer dari sekian banyak jenis marmer yang ada yaitu :


1.Marmer Carrara

Biasanya marmer jenis ini berwarna abu-abu, biru keabu-abuan, atau bisa juga berwarna putih dengan adanya guratan-guratan yang halus dan tipis. Marmer ini biasanya digunakan untuk membuat patung atau dekorasi sebuah bangunan. Secara harga marmer carrara ini tergolong terjangkau dan mudah untuk ditemukan di pasaran.

Penggunaan marmer carrara bisa diterapkan pada kamar mandi dengan menggunakan marmer carrara yang berwarna putih. Dengan demikian akan dapat memberikan kesan bersih dan rapi.

2. Marmer Statuario

Marmer jenis ini umumnya mempunyai harga yang tinggi. Biasanya jenis ini berwarna putih dengan terdapat guratan-guratan hitam. Marmer Statuario ini ditambang dari perbukitan yang tertutup salju, seperti yang dihasilkan oleh Tiongkok.

Marmer jenis ini tergolong jenis marmer yang glowing atau mengilap dan dapat memberikan kesan lebih dingin, sehingga penggunaan marmer statuario ini cocok untuk lantai di daerah tropis.

3. Marmer Kristalin

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa Indonesia juga merupakan penghasil marmer seperti di wilayah Lampung dan Poso. Kedua wilayah ini merupakan penghasil marmer kristalin yang terkenal.

Ciri-ciri marmer Lampung mempunyai warna dasar abu-abu mengkilap, urat putih atau abu-abu kehitaman, permukaannya halus, tanpa lubang, transparan, dan keras.

4. Marmer Travertine

Tampilan khas dari marmer travertine yaitu memiliki guratan serta lubang-lubang alami dan mempunyai warna yang beragam seperti cokelat, abu-bau, hingga biru.

Lubang-lubang alami tersebut bisa dibiarkan terbuka sehingga dapat menimbulkan kesan natural, atau juga bisa ditutupi resin atau polimer transparan, lalu dipoles supaya mengilap. Marmer Travertine ini biasanya digunakan untuk interior bangunan.

5. Marmer Onyx

Marmer Onyx mempunyai tampilan yang unik dan menarik karena marmer jenis ini memiliki tampilan seperti batu onyx yang berlapis-lapis dan seakan-akan tampak transparan.

Nah demikian sedikit tips memilih corak dan motif marmer serta sedikit pembahasan terkait dengan jenis-jenis marmer. Semoga bermanfaat, untuk info menarik lainnya silahkan cek dibawah ini :