Cara Merawat dan Membersihkan Lantai Marmer


Cara Merawat dan Membersihkan Lantai Marmer - Setiap orang tentunya memiliki keinginan untuk membuat rumahnya seindah dan senyaman mungkin. Hal tersebut karena beralasan rumah merupakan tempat melepas penat dari kejenuhan rutinitas sehari-hari. Rumah adalah tempat berkumpulnya anggota keluarga tercinta untuk mencurahkan kasih sayang.

Dengan demikian material untuk membangun rumah sangatlah patut dipertimbangkan termasuk juga pemilihan furniture yang akan menghiasi isi rumah tersebut. Misalnya saja pemilihan material untuk lantai, pastinya ingin menggunakan bahan yang terbaik demi rasa nyaman dan segi estetika.

Untuk lantai alternatif pilihannya adalah menggunakan keramik, marmer atau granit. Di jaman sekarang ini pilihan lantai marmer menjadi favorit karena selain sangat cocok untuk dipadukan dengan berbagai furnitur, corak dan warnanya sangat menarik dan tentunya kesan elegan dan mewah akan terasa.

Namun karakteristik marmer yang dikenal mudah kotor, warnanya yang cepat pudar, dan mudah tergores benda tajam menjadikan kita harus lebih sering merawat dan membersihkannya. Lalu, bagaimana cara merawat dan membersihkan lantai marmer ya?

Cara merawat dan membersihkan lantai marmer


Marmer merupakan batuan alam yang memang memerlukan perawatan khusus, untuk itu penting kiranya untuk mengetahui cara perawatannya. Sebenarnya merawat dan membersihkan lantai marmer tidaklah susah jika kita mengetahuinya, dan hasilnya akan dapat membuat kita puas karena lantai yang berkilau dan bersih. Silahkan baca juga tips memilih marmet yang tepat.

Jika pada lantai keramik kita bisa menggunakan bahan pembersih apa saja, berbeda dengan lantai marmer. Karena jika salah pilih bahan pembersih marmer maka lantai marmer akan terlihat kusam dan bahkan bisa merusaknya. Nah untuk itu perlu kita ketahui bahan-bahan yang cocok untuk digunakan dalam membersihkan lantai marmer diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Deterjen cair


Deterjen cair tidak hanya dapat digunakan untuk mencuci pakaian dan peralatan rumah tangga saja lho. Deterjen cair juga dapat digunakan untuk membersihkan lantai marmer, terutama deterjen cair yang tidak mengandung asam dan pemutih.

Cara menggunakan deterjen cair untuk merawat dan membersihkan lantai marmer cukup mudah yaitu hanya perlu menyiapkan sebuah baskom kecil saja. Kemudian isilah air sebanyak 1 gelas dan tuangkan deterjen cair. Aduklah hingga  merata dan selanjutnya celupkan kain lap ke dalam baskom. Gunakanlah kain lap tersebut untuk digosokkan secara perlahan pada noda yang menempel di lantai marmer.

2. Baking soda


Cara merawat dan membersihkan lantai marmer selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda ini biasanya digunakan untuk membuat kue dan juga tidaklah sulit untuk mendapatkannya.

Cara membersihkan lantai marmer menggunakan baking soda adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda dengan sedikit air. Kemudian aduklah hingga merata dan membentuk pasta. Seanjutnya ambil kain lap yang berbahan halus lalu usapkan kain tersebut ke permukaan lantai marmer yang kotor.

3. Hidrogen  peroksida


Selanjutnya untuk membersihkan lantai marmer adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Bahan ini berguna sebagai bahan pembersih untuk membersihkan kotoran yang memiliki sifat asam. Selain itu, hidrogen peroksida terbukti ampuh untuk menghilangkan goresan-goresan yang ada pada lantai marmer.

Cara menggunakannya adalah siapkan kain lap halus kemudian basahi kain dengan hidrogen peroksida. Selanjutnya gosokkan kain tersebut pada lantai keramik dengan gerakan memutar sampai kotoran terangkat sempurna.


4. Amonia


Amonia mempunyai sifat basa yang dapat dimanfaatkan untuk merawat dan membersihkan lantai marmer. Namun penggunaan amonia ini harus memiliki takaran yang tepat. Untuk amannya, sebelum meneruskan membersihkan lantai keramik menggunakan amonia sebaiknya lakukanlah pengecekan terlebih dahulu.

Caranya adalah dengan meneteskan sedikit amonia ke lantai marmer dan lihat reaksinya. Jika dirasa aman maka dapat dilanjutkan. Cara menggunakan amonia untuk membersihkan lantai marmer adalah dengan menyiapkan 1 gelas air dan 1 sendok teh amonia. Kemudian aduklah secara merata. Selanjutnya celupkan kain lap dan usapkan pada lantai marmer. Lakukanlah secara berulang-ulang sampai marmer terlihat bersih.

Nah dengan ternyata sangat mudah ya cara merawat dan membersihkan lantai marmer. Kini lantai marmer dengan perawatan yang tepat akan tetap kinclong, bersih dan indah.

Semoga bermanfaat. Untuk informasi menarik lainnya silahkan cek dibawah ini :