Begini Cara Plastik Merusak Tubuh Wanita Melalui Pembalut


Cara Plastik Merusak Tubuh Wanita Melalui Pembalut - Fakta bahwa plastik telah menginvasi kehidupan kita sehari-hari. Sedangkan para produsen pembalut malah mengemas produknya dengan plastik yang bisa jadi plastiknya sangat beracun dan berbahaya bagi lingkungan.

Banyak produk kebersihan yang menggunakan plastik, dan salah satu contoh terbesar untuk ini adalah pembalut. Faktanya, 'pelindung plastik' yang ada tidak memungkinkan uap air dan darah untuk meresap, adalah proposisi penjualan yang unik bagi banyak produsen. Ya, penutup plastik dan perisai tidak mencegah noda darah memalukan selama periode, tetapi berapa biayanya?

Meskipun tidak ada data resmi, beberapa laporan memperkirakan bahwa rata-rata sekitar 9000 ton limbah menstruasi dihasilkan di India setiap bulan, sebagian besar dalam bentuk pembalut.

Limbah Plastik

Semua pembalut berbasis plastik ini baik disiram toilet atau dibuang di tempat terbuka sebagai sampah bersama dengan limbah rumah tangga lainnya. Sebagian besar perempuan di India menggunakan pembalut wanita yang mayoritas bantalannya terbuat dari plastik.

Tidak ada sistem pembuangan yang tepat untuk limbah menstruasi, dan ini bukan hanya masalah di India tetapi juga secara global, terutama negara-negara berkembang.

Berbahaya bagi Kesehatan

Banyak dari kita hidup dengan menggunakan pembalut wanita berbahan dasar plastik, tidak menyadari bahaya yang ditimbulkannya terhadap tubuh. Ketika kita menstruasi, tubuh kita menghilangkan darah dan cairan tubuh lainnya.


Plastik di pembalut, sementara secara efektif menjebak kelembaban di dalamnya, menyediakan tempat berkembang biak bagi infeksi bakteri dan jamur. Ini dapat menyebabkan peradangan pada vagina dan vulva, reaksi alergi terhadap plastik, dan iritasi. Ini juga dapat menyebabkan penyakit radang panggul, dan dalam beberapa kasus ada yang mengalami kanker serviks.

Itu semua tergantung pada jenis plastik yang digunakan dan berapa lama bantalan tersebut dipakai. Ini juga dapat menyebabkan kompromi kesehatan reproduksi individu, dan mempengaruhi kesuburan dalam jangka panjang.

Solusinya Adalah...

Sampai sini Anda sudah mulai berpikir bahwa menstruasi bukan hanya mencari cara mengatasi dismenore dengan heater pads dari https://ifreeindonesia.com/ dan emosi yang tidak stabil serta ada yang lebih rumit lagi.


Dengan pembalut berbahan dasar plastik, perlu diganti secara berkala untuk menghindari penumpukan bakteri pada pembalut. Seringkali, ini tidak dapat atau tidak terjadi, terutama jika tidak ada toilet atau privasi tersedia atau seseorang dalam perjalanan panjang tanpa akses ke tempat pembuangan. Sangat sedikit kesadaran tentang penggunaan pembalut berbasis plastik dan dampak penggunaan jangka panjangnya terhadap kesehatan kita.