Mlipir Ke Dusun Semilir Eco Park


Mlipir Ke Dusun Semilir - Bosan sering beraktifitas di rumah aja bro? Ya bersabarlah karena ini masih dalam suasana pandemi yang mana mengharuskan kita untuk selalu taat pada protokol kesehatan yang telah digariskan oleh pemerintah. Namun meskipun demikian bolehlah dikit-dikit kita refreshing tipis-tipis bersama keluarga tercinta untuk sekedar melepaskan penat yang mendera.

Bagi kamu yang tinggal di Semarang dan sekitarnya atau juga yang sedang singgah di kota Semarang bisa menyusuri tempat-tempat favorit di Semarang yang pastinya sangat instagramable lho. Belum lagi kulineran di kota Semarang yang pastinya top abiieess deh. Atau kalau kamu kangen dengan suasana pantai, kamu bisa langsung meluncur ke arah barat tepatnya di Kaliwungu untuk mengunjungi pantai ngebum dan menikmati pesonanya.

Bukan itu saja lho bro, untuk melepaskan kejenuhan di fase new normal ini kamu juga bisa meluapkannya dengan menikmati keindahan alam perbukitan yang segar dan asri. Di sini selain keindahan alam yang memanjakan mata, juga terdapat banyak wahana yang seru dan menarik untuk semua kalangan usia. Eiittsss, soal kuliner jangan ditanya lagi ya karena spot-spot kuliner dengan beragam menu bisa dengan mudah ditemukan di tiap sudutnya. Penasaran?

Destinasi wisata keren ini terletak di kabupaten Semarang yang bertajuk Dusun Semilir, tentu bagi kamu yang lagi boring parah bisa segera mlipir kesini bareng keluarga atau ajak gebetan deh. Nah, apa saja sih yang menarik disini? Cek di bawah ya sob...

Dusun Semilir

Lokasi wisata Dusun Semilir ini berada di daerah perbukitan yang sejuk dengan pemandangan alam yang indah. Salah satu faktor yang penting adalah titik lokasi yang beralamat di Jl. Soekarno - Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah yang berarti cukup mudah untuk sampai di tempat ini. Jika kamu dari Semarang bawah bisa langsung menuju ke arah Bawen, dan sebelum sampai di pertigaan Bawen kamu sudah bisa mendapati Dusun Semilir ini disebelah kanan jalan.


Jika kamu menggunakan mobil bisa melalui jalan tol dan keluar tol di exit Bawen kemudian belok kanan kurang lebih tiga ratus meter sebelah kiri jalan sudah sampai di Dusun Semilir ini.

Dusun Semilir ini merupakan tempat wisata yang memiliki arsitektur sangat keren dan menarik dengan perpaduan konsep Modern dan juga karya seni, sehingga destinasi wisata ini diproyeksikan bakal menjadi icon baru di Jawa Tengah.

Memasuki areal ini kita disuguhkan dengan bangunan utamanya mengusung konsep Stupa dari candi Borobudur yang mana tujuh buah stupa ini dibuat menyatu satu sama lainnya. Memasuki bangunan utama ini kita akan mendapati beragam jajanan dan juga aksesoris kerajinan tangan karena di sini memang merupakan pusat oleh-oleh dan craft. Sedangkan di lantai dua terdapat restaurant dengan konsep Fine Dining, jadi di sini kita bisa menikmati hidangan sambil menikmati keindahan pemandangan alam sekitar yang berupa pegunungan dan perbukitan. Hmmm sangat menggoda ya. Apalagi sih yang menarik disini? Skuy pantengin Sob..

Perosotan Pelangi

Wahana ini menjadi salah satu daya tarik di Dusun Semilir ini terlihat dari antrian yang panjang untuk mencoba meluncur dari atas di perosotan yang berwarna-warni. Di sini akan merasakan sensasi yang berbeda karena biasanya perosotan seperti ini biasa kita temukan pada area kolam renang, namun disini berbeda.

Ini disebutnya sebagai area bermain yang spektakuler karena dengan meluncur dari ketinggian akan dapat menguji nyali dan keberanian kita, tentunya faktor keamanan telah diperhitungkan ya.Wahana prosotan ini mempunyai tinggi 30 m dan sepanjang 150 m. Penasaran untuk mencobanya?


Jalan Kenangan

Di sini kita disuguhkan sebuah jalanan yang penuh dengan warna-warni baik oleh lampu maupun rumbai-rumbai yang ditata sedemikian rupa sehingga tampil keren dan menarik. Di tempat ini jiwa kekulineran bisa dipuaskan karena banyak sekali menu jajanan dan makanan yang disediakan.

Kandangan

Kandangan ini desainnya mirip dengan sangkar burung gitu, namun ukurannya dibuat besar banget termasuk juga dengan koleksi-koleksinya. Cocok buat foto-foto disini, atau sekadar menikmati keindahan burung-burung beserta merdu suaranya.

Alun-alun Eropa

Di sini kita dibawa ke nuansa Eropa gitu deh karena dari sisi bangunan yang dibuat dengan konsep arsitektur Eropa dan ditambahkan pula dengan nuansa warna-warni seperti Venetia, Maroko, Mykonos, dan French Village. Bisa dibayangkan kan saat kamu berada di sini serasa berada di kota-kota indah khas eropa. Tentu di sini sangat bagus untuk membuat konten instagram oleh karena itu jangan terlewatkan untuk berfoto-foto ria bersama teman atau keluarga ya. Oiya jangan lewatkan juga untuk menikmati mendayung di sungai atau bersantai menaiki tram dan kereta api yang antik hanya di Alun Eropa. Coba deh...

Banyubiru

Nanti kalau wahana ini sudah jadi akan tambah keren deh Dusun Semilir ini, saat ini sih masih dalam tahap pembangunannya.

Wahana Banyubiru ini merupakan zona khusus bertemakan danau bohemian. Untuk memanjakan pengunjungnya maka Banyubiru ini bisa bermain di danau, naik kapal, atau ber-swa foto dengan dukungn pemandangan alam sekitar yang indah dan udara sejuk. Untuk menambah pesonanya maka di Banyubiru ini dilengkapi dengan air mancur menari, bantal taman, tenda gazebo untuk keluarga berkumpul ataupun bersantai.


Tips Mlipir ke Dusun Semilir

Kemarin saat berkesempatan menikmati pesona Dusun Semilir ini keadaan pengunjung sangatlah ramai sekali, termasuk juga parkiran yang juga penuh. Jika seperti ini bagi kamu pengguna mobil, mending parkir saja di tempat parkir VIP karena lokas parkirnya sangat dekat dengan pintu masuk dan juga tempat pejualan tiket.

Selanjutnya jika niatnya memang ingin mencoba semua wahana yang ada di Dusun Semilir ini, sebaiknya langsung beli tiket paketan saja seharga 95 ribu. Keuntungannya adalah pengguna tiket ini bebas antri sob, jadi misal kamu pengen naik perosotan dan ternyata banyak yang ngantri sebelum kamu, dengan tiket ini kamu bisa langsung melenggang naik ke atas perosotan tanpa antri. Serasa sultan deh bro hehehee.

Masuk kesini tidak perlu bawa bekal minuman atau makanan karena saat masuk akan ada petugas yang memeriksa bawaan khususnya makanan dan minuman. Jika ada yang membawa makanan dan minuman dari luar maka akan disuruh meninggalkannya di meja yang sudah disediakan. Gimana kalau haus atau laper pas di dalam nanti?

Dusun Semilir telah menyediakan beragam menu kuliner dan jajanan yang banyak variasi, jadi kamu bisa tinggal pilih yang kamu inginkan. Kamu hanya perlu menyiapkan uang saja.

Nah di masa-masa seperti ini jangan lupa juga untuk selalu mengenakan masker ya, termasuk juga untuk anak-anak karena disini para petugas sepertinya sangat menyoroti penggunaan masker untuk menjalankan protokol kesehatan. Soal masker ini juga Kangagos sempet kecewa juga sih dengan petugas disini, soalnya gini bro....

Pas ke Dusun Semilir ini Kangagos juga bawa anak usia dua tahun yang telah memakai masker. Namanya anak-anak umur segitu yaa kadang masker melorot sendiri, kadang ditarik-tarik turun. Namun ada dua petugas yang menegurnya dengan cara menunjuk-nunjuk dan juga teriak-teriak untuk memakai masker dengan benar. Lho ini anak-anak lho, usia dua tahun, masak sih gitu banget menegurnya? Akan lebih bijaksana dan terasa lebih humanis lagi jika cara menegur disesuaikan dengan siapa yang ditegur apakah balita, anak-anak, remaja, dewasa, atau orangtua. Toh tiga meter di depan Kangagos ada orang dewasa dengan memakai masker di dagu dibiarin saja.

Apalagi soal protokol kesehatan itu juga bukan hanya penggunaan masker saja, disitu orang berdesak-desakan juga tidak ada tindakan untuk ditertibkan. Nah kan jadi curcol hihihiii...

Lanjut sob, Dusun Semilir bisa menjadi tujuan liburan kamu bersama orang-orang tersayang terlebih lagi nanti ke depannya akan segera rampung pengerjaan spot Dusun Villa yang artinya kamu bisa menginap disini dengan cara menyewa villa-villa yang tersedia.

Di sekitar lokasi wisata Dusun Semilir Eco Park ini juga terdapat banyak sekali tempat tujuan wisata yang tidak kalah menariknya lho sob. Sebut saja Bandungan, Saloko, Kampoeng kopi Banaran, Eling Bening, Cimory, dan lainnya. Dengan demikian kamu bisa mengagendakan liburanmu kesini dan juga ke destinasi wisata lainnya dalam satu waktu perjalanan. Ayo berangkaaatt...!