Kenali Sejak Dini, Inilah Ciri Orang Sakit Ginjal


Ciri orang sakit ginjal - Salah satu organ vital manusia adalah ginjal karena ginjal ini mempunyai "tugas" pokok untuk menjamin kesehatan dan kelangsungan hidup manusia. Dalam tubuh manusia normal terdiri dari sepasang ginjal yang terletak di bawah tulang rusuk bagian belakang di bagian kiri dan kanan. Mengapa ginjal merupakan salah satu organ vital kita?

Karena ginjal bertugas untuk menyaring kotoran-kotoran dan racun yang ada dalam darah dan kemudian membuangnya bersamaan dengan urine yang kita keluarkan. Nah sudah kebayang kan bagaimana pentingnya peranan ginjal dalam tubuh kita sob, belum lagi tugas ginjal yang lainnya yaitu membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Fungsi vital ginjal ini akan berdampak pada tugas-tugas yang seharusnya dikerjakannya jika terjadi gangguan atau kerusakan pada ginjal. Namun biasanya pada tahapan awal terjadinya gangguan atau kerusakan pada ginjal acapkali tidak menunjukkan gejala yang signifikan sehingga kita abai terhadapnya, sehingga sakit ginjal ini bisa diketahui manakala kerusakan pada ginjal sudah parah.

Oleh karena itu penting bagi kita agar lebih cermat dan jeli dalam melihat tanda-tandanya serta mengetahui bagaimana ciri orang sakit ginjal. Pernah dengar orang yang diharuskan melakukan rutin cuci darah? Itu adalah dampak orang sakit ginjal yang sudah kronis. Jangan sampai kita mengalaminya ya sob, aamiin.

Fungsi Ginjal

Sebelum ke pembahasan bagaimana mengetahui ciri orang sakit ginjal, ada baiknya jika sebelumnya kita memahami apa saja fungsi ginjal dan peran ginjal dalam tubuh kita agar kita lebih peduli terhadap kesehatan tubuh kita sendiri. Diantara fungsi ginjal adalah sebagai berikut :

1. Menjaga keseimbangan air

Ginjal bertanggungjawab atas keseimbangan air dan mineral (sodium, potassium, dan fosfor) di dalam tubuh. Dengan demikian tubuh akan dapat terhindar dari ancaman dehidrasi karena seluruh jaringan tubuh mendapatkan air sehingga dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya. Sebaliknya jika ginjal bekerja tidak optimal maka dampaknya adalah tubuh bisa kekurangan cairan atau bisa juga kebanyakan cairan karena terjadi tumpukan cairan dalam tubuh yang tidak terbuang.

2. Menyaring dan Membuang Limbah

Setiap harinya ginjal menyaring darah sebanyak kurang lebih 200 liter dan juga 2 liter zat sisa termasuk juga air. Tugas ini memastikan bahwa darah yang diedarkan keseluruh tubuh adalah darah sehat dan bersih. Selebihnya limbah racun dan juga kadar garam yang berlebihan akan dibuang. Bayangkan sob tanpa ginjal limbah dan racun tersebut akan terus menumpuk dalam darah.

3. Mengatur produksi vitamin D

Vitamin D tidak hanya bisa didapat dari sinar matahari atau dari asupan vitamin saja, karena ginjal juga berperan dalam produksi vitamin D tersebut, meskipun masih dalam bentuk tidak aktif ya bro. Jadi ginjal ini bertugas untuk mengubah bentuk tidak aktif vitamin D tersebut menjadi sebuah zat yang bernama kalsitriol yang mana zat ini merupakan bentuk aktif dari vitamin D. Nah Kalsitriol ini sendiri fungsinya sangat penting yaitu untuk menjaga jumlah kalsium dan fosfat serta fungsi dalam penyerapan kalsium untuk tulang.

4. Mengatur Sel Darah Merah

Ginjal juga bertugas untuk mengeluarkan hormon erythropoietin yang mana hormon ini berguna untuk merangsang produksi sel darah merah di dalam sumsum tulang untuk membawa oksigen. Oksigen ini kehadirannya sangat penting dalam rangka peredaran darah. Jadi sob, ketika tubuh mengalami ketidakcukupan oksigen, maka ginjal akan mengeluarkan hormon eritropoietin ini hingga keadaan oksigen nanti sudah normal. Jika oksigen sudah cukup maka oleh ginjal produksi hormon erythropoietin akan dihentikan.

5. Membentuk urin

Seperti sedikit penjelasan diatas bahwa ginjal berfungsi untuk menyaring racun dan limbah yang dibuang bersamaan dengan urine kita. Urine ini yang biasanya dapat terjadi terdiri dari air, urea, amonia, zat dan senyawa buangan yang sudah tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh kita sob.

5. Pengendali kadar gula darah

Selanjutnya fungsi dari ginjal adalah berkaitan dengan produksi hormon insulin dan juga hormon adrenalin. Adapun fungsi dari kedua hormon tersebut adalah jika insulin bekerja untuk menyeimbangkan kadar gula yang tinggi, sedangkan pada hormon adrenalinlah bertugas untuk meningkatkan kadar gula darah jika jumlahnya terlalu rendah.


Gejala Ginjal Bermasalah

Yang umum terjadi adalah tanpa disadari telah terjadi gangguan atau menurunnya fungsi ginjal karena penurunan fungsi ginjal ini yang terjadi adalah dengan tidak secara tiba-tiba, namun hal tersebut terjadi secara bertahap. Akibatnya baru disadari bahwa telah terjadi gangguan pada ginjal ketika kerusakan ginjal sudah menjalar ke tahapan akut atau kronis.

Hal ini yang perlu kita ketahui dan antisipasi bersama agar gangguan ginjal yang terjadi dapat ditangan sejak dini sehingga ginjal dapat bekerja sebagaimana mestinya dan tubuh tetap sehat.

Oleh karena itu penting kiranya untuk mengetahui ciri orang sakit ginjal baik untuk pengetahuan untuk diri sendiri, keluarga tercinta dan orang-orang tersayang serta yang lainnya. Apa sajakah itu? Mari kita simak yang di bawah ini :

1. Kondisi kulit kering dan gatal

Tidak sepenuhnya jika kondisi kulit yang kering dan gatal adalah gejala awal sakit ginjal, namun perlu diwaspadai jika kondisi ini berkelanjutan terus menerus. Hal tersebut dikarenakan kulit kering yang disertai dengan rasa gatal menunjukkan sedikitnya jumlah mineral dan nutrisi dalam darah yang terbatas.

Berubahnya tekstur dan warna kulit ini terjadi akibat adanya akumulasi limbah yang menumpuk dampak dari kerja ginjal yang tidak maksimal sehingga menyebabkan keseimbangan mineral dalam darah menjadi terganggu. Limbah dan racun akan terus berdiam di dalam darah dan tidak mampu dikeluarkan bersama urine.

2. Pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki

Selanjutnya adalah terjadinya pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki karena kadar air yang ada tidak dapat tersaring dengan sempurna di dalam tubuh yang mengakibatkan retensi natrium. Dampaknya bisa dilihat dari bagian bawah tubuh yang membengkak terutama pada kaki dan pergelangan kaki. Pembengkakan ini selain bisa menjadi pertanda adanya gangguan ginjal juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit jantung, hati atau gangguan kronis pada saraf kaki. Untuk itu perlu segera diwaspadai ya sob.

3. Mudah merasa lelah

Mudah lelah dan lemah bisa jadi pertanda dari adanya gangguan ginjal yang dikarenakan terjadinya penumpukan racun dan kotoran yang ada pada darah yang tidak terbuang. Kondisi seperti bisa mengarah juga akan terjadinya anemia yang dampaknya tubuh terasa lemah dan mudah merasa lelah meskipun minim aktifitas. Hal ini biasanya juga diiringi dengan rasa nyeri atau juga kram otot pada beberapa bagian atas tubuh dan juga bagian punggung dan pinggang.

Gejala yang muncul terkait dengan tubuh yang terasa mudah lelah adalah susah untuk berkonsentrasi dan juga rasa pusing yang kerap melanda. Selera makan penderita juga akan menurun karena adanya racun dan limbah dalam tubuh yang menjadikan makanan jadi terasa berbeda, mulut terasa logam dan timbul bau mulut.

4. Urine yang berubah

Pada orang normal, urine biasanya berwarna jernih atau bening. Namun jika kondisi ginjal menurun maka akan terdapat perubahan pada urine yang dikeluarkan seperti urine yang berbusa, hal ini menandakan bahwa dalam urine tersebut terdapat protein albumin (protein yang ada pada telur). Selain itu kerusakan pada ginjal juga akan menyebabkan perubahan pada urine seperti warna yang lebih gelap, jumlah urine yang dikeluarkan hanya sedikit dan serasa susah saat buang air kecil. Pada tingkatan yang parah adalah adanya darah yang juga keluar bersama dengan urine.

5. Mata bengkak

Selain terjadi pembengkakan pada tubuh bagian bawah, gangguan ginjal juga bisa menyebabkan bengkak pada mata. Hal ini dikarenakan ginjal membocorkan protein (albumin) dalam darah yang berdampak pada pembengkakan di beberapa bagian tubuh yang salah satunya adalah pada area mata.

Nah sob, kita semua pastinya ingin menjalani hidup ini dengan riang gembira dan sehat. Dengan tubuh yang sehat kita bisa beraktifitas dengan lancar sehingga produktifitas bisa meningkat. Menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar adalah menjadi tanggung jawab kita masing-masing bisa dengan cara menjalankan pola hidup sehat, olahraga secara teratur, tidak merokok dan mengkonsumsi minumal beralkohol, rutin menjalani tes kesehatan dan lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya janganlah disepelekan dan harus segera diwaspadai jika gejala-gejala seperti tersebut diatas muncul karena bisa menjadi indikasi bahwa sedang terjadi gangguan pada ginjal. Memahami bagaimana ciri orang sakit ginjal bisa untuk mengantisipasi kerusakan ginjal yang semakin parah karena penderita bisa segera periksakan diri ke dokter untuk bisa mendapatkan penanganan sejak dini. Salam sehat selalu ya sob.