Terjun Ke Bisnis Online? Siapa Takut



Terjun ke bisnis online? Siapa takut? yaa siapa takut, toh bermanfaat juga kan. Namun sebagai pemula yang belum mengerti mau melangkah dari mana, bagaimana caranya, bagaimana prosesnya, dan lain sebagainya.

Cara mendapatkan uang dari internet bukan hanya dari blog saja, tanpa blog juga bisa mendatangkan uang dari internet, salah satunya adalah jualan menggunakan media sosial.

Dari namanya saja bisnis online, jadi segala kegiatan bisnis ini dilakukan secara online atau menggunakan internet. Aktivitas bisnis online banyak ragam macamnya, sebagai contoh misalnya kegiatan jual beli online, menyediakan jasa secara online, internet marketer, publisher, penulis tamu, dsb.

Dengan menjadi affiliater misalnya, kamu bisa mendapatkan uang dari internet bahkan tanpa harus mempunyai blog. Ada banyak situs penyedia kesempatan bagi para affiliater untuk bergabung, misalnya saja marketplace seperti Lazada dan Blibli.

Atau kamu juga bisa bergabung menjadi affiliater Accesstrade. Untuk cara pendaftarannya cukup mudah dan sudah pernah Kangagos bahas di artikel Cara Bergabung menjadi Publisher Accesstrad

Siapa saja pelaku bisnis online tersebut?

Siapa saja bisa menjadi pelaku bisnis online. Asal ada kemauan. Sedikit pemahaman tentang internet dan "alat tempur" bisnis online.
Apa keuntungan usaha dengan berbisnis online?
Dengan bisnis online kita tidak perlu keluar rumah, bahkan kerjapun bisa di lakukan di dalam kamar, yang penting selalu terhubung dengan koneksi internet ya. Misal kita jualan baju, bisa kita promosikan di BBM, website pribadi.

Pastinya lebih hemat karena kita tidak perlu beli atau sewa toko, tidak perlu menggaji karyawan. Keuntungan tetap masuk. Jam kerja yang fleksibel menjadi idaman tersendiri. Siapa yang ga tertarik, tetap mendapatkan keuntungan tanpa kehilangan waktu-waktu emas bersama keluarga?

Tips terjun ke bisnis online

Pertama, tentukan dulu jenis bisnis online seperti apa yang mau dipilih. Ambil contoh mau jualan hijab. Produk hijab ini produksi sendiri atau ambil di tempat lain/kulakan? Kalau produksi sendiri langsung saja di promosikan di media sosial.

Kalau barang ambil ditempat lain, tentukan dan kenali supplier dengan baik, jangan sampai tertipu. Maksimalkan penggunaan media sosial untuk berpromosi, tapi jangan tiap saat berkirim broadcast ya. Dan kalau perlu buatlah blog/website untuk "mendisplay" produk.

Buatlah mode promosi yang unik dan menarik. Jangan lupa menjaga kualitas barang agar buyer tetap memiliki kepercayaan dan harapannya akan melakukan repeat order. Nikmati semua prosesnya, jangan gampang menyerah.

Ada lagi? 

Terus belajar yang berkaitan dengan strategi pemasaran, perhatikan perkembangan teknologi karena di bisnis online sangat bergantung dengan teknologi, internet khususnya.

Dari contoh diatas, jika berjualan barang, jangan lupa manfaatkan marketplace yang ada, seperti Tokopedia, OLX, Bukalapak, FJB Kaskus, Shoppee, dll.

Mengenai cara apa saja yang bisa mendatangkan uang dari internet bisa baca selengkapnya disini. Demikian tadi sedikit ulasan mengenai tips berbisnis online. Semoga bermanfaat.