Pelajari 7 Hal Ini Sebelum Membuka Toko Online



Pelajari Hal Ini Sebelum Membuka Toko Online. Pesatnya perkembangan dan kemajuan internet serta kemudahan menikmatinya menjadikan bergesernya pola gaya hidup manusia. Termasuk juga dalam urusan jual beli.

Dimana belakangan ini toko online bermunculan bak jamur di musim penghujan. Tak luput pula marketplace raksasa juga tak henti-hentinya melakukan inovasi agar tetap bisa bertahan dan bersaing dengan sesama kompetitor dalam hal jual beli di dunia maya ini.

Bolehlah jual belinya di dunia maya, namun barang dan uangnya tetap nyata lho ya. Para pengusaha toko offline atau konvensional yang sudah berjalan selama ini juga mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman kalau tidak mau bisnis nya berhenti. Jangan Lewatkan Tutorial Membangun dan Mengelola Toko Online.
Ikutilah arus perubahan itu, kalau tidak mau menjadi penonton atas terjadinya perubahan itu sendiri


Kenapa harus toko online

Selain karena untuk mengikuti perkembangan diatas, dengan toko online ini sangat memudahkan. Baik dari segi pembeli maupun penjual. Bagi pembeli yang mencari barang tidak perlu pergi keluar rumah.

Cukup duduk manis dirumah dan buka laptop atau smartphone bisa dengan mudah menemukan barang yang diingikan. apalagi sekarang banyak toko online yang juga melayani service COD.

Dari segi penjual, terutama yang baru terjun ke dunia jual beli dapat menghemat modal. Karena tidak perlu menyewa tempat untuk buka toko, tidak perlu menggaji karyawan.

Dan lagi pula target pangsa pasar pastinya lebih luas. Untuk pengiriman barang silahkan buka artikel Tips Memilih Jasa Logistics Yang Terpercaya Di Indonesia.


Persiapan Sebelum Membuka Toko Online

Dengan mengelola toko online ada beberapa konsekuensi yang harus dilalui, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Yang pasti dengan membuka toko online berarti tambah satu lagi kesibukan. 
Upload gambar, update, melayani tanya jawab via BMM, WA, dan lainnya. Jadi luangkan waktu untuk terus mengupdate toko online ya, baik dari segi barang baru, harga, gambar. Biasanya pembeli lebih suka gambar yang sesuai barang daripada gambar yang berupa katalog.

2. Pilih template yang responsive, yang ramah dengan smartphone.
Karena pengguna internet via smartphone tidak bisa kita abaikan sangat ini, karena jumlahnya yang terus meningkat. Silahkan baca template responsive untuk toko online.

3. Optimasi toko online
Muncul di halaman pertama pada pencarian google adalah target semua pemilik situs. Dengan mengoptimasi SEO toko online dan muncul di halaman pertama maka peluang untuk menjaring pembeli akan semakin besar.

4. Pemilihan domain
Pemilihan domain untuk toko online ini sangat penting karena untuk membangun sebuah brand dan juga kepercayaan. Meskipun membangun toko online bisa menggunakan yang gratisan, misal blogger.com , namun alangkah lebih baiknya menggunakan domain TLD agar kepercayaan dan kredibilitas toko online lebih terpercaya.

5. Temukan suplier andalan
Jika nantinya barang yang akan dijual di toko online bukanlah hasil produk sendiri, ada baiknya mencari suplier yang benar-benar bisa diandalkan. Kenali kredibilitasnya, ritme pola kerjanya agar nantinya benar-benar bisa mensupport toko online ketika sudah go online

6. Siapkan media sosial
Tak bisa dipungkiri lagi akan kekuatan media sosial ini. Penggunanya yang banyak sehingga pangsa pasar terbuka lebar dengan menggunakan media sosial ini. Maka dari itu manfaatkan keberadaan media sosial ini. Buatlah akun khusus guna mendukung eksistensi dari toko online kita. Nantinya cantumkan juga link media sosial ini ke toko online nya ya.

7. Temukan tempat ekspedisi terdekat
Dengan membuka toko online memungkinkan kita untuk mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi. Carilah ekspedisi apa saja yang terdekat dari rumah agar nantinya barang bisa secepatnya dikirim dan tidak terlalu buang-buang waktu karena tempat ekspedisi yang jauh dari lokasi.

Demikian sedikit gambaran hal-hal yang harus di persiapkan sebelum membuka toko online. Silahkan baca juga Vivagoal Situs Berita Bola Terkini.

Dan pastinya dibutuhkan juga strategi tersendiri dalam mempromosikan barang yang akan dijual, agar lebih menarik di mata calon pembeli. Semoga bermanfaat.