Peran Penting Domain Untuk Kelangsungan Bisnis




Kelangsungan Bisnis


Dalam menjalankan, mengelola dan mengembangkan sebuah bisnis agar dapat terus bertahan dan bersaing dengan kompetitor adalah merupakan tantangan tersendiri. Pasang surut dalam sebuah bisnis adalah hal biasa, yang tidak biasa adalah ketika bisnis dalam keadaan surut yang berlarut-larut.

Nah jika terjadi hal yang seperti ini, harus segera untuk mengambil keputusan apakah bisnis akan diteruskan atau dihentikan guna menghindari kerugian yang lebih dalam lagi.

Namun tidak ada satupun pelaku bisnis yang mengharapkan bisnisnya merugi. Oleh karena itu harus lebih jeli lagi dalam melihat peluang dan kondisi pasar karena setiap saat dan setiap waktu bisa berubah-ubah.

Terlebih di era sekarang ini yang mana teknologi sudah berkembang sedemikian pesatnya, sehingga persaingan bisnispun juga semakin ketat. Lengah sedikit bisa merubah perolehan profit.

Kita tidak bisa melawan perkembangan teknologi dan untuk tetap bisa bertahan kita harus mengikuti arus teknologi itu mengalir, jika tidak maka kita akan tergerus oleh lajunya perkembangan teknoogi tersebut. Di saat ini bisnis dengan cara konvensional sudah mulai ditinggalkan, karena perlahan namun pasti perubahan bisnis sudah mengarah ke metode online.

Perubahan pola bisnis ini bisa dilihat pada media sosial populer seperti Facebook dan Instagram yang kerap kita jumpai postingan bernada promosi baik berupa barang maupun jasa. Ini merupakan terobosan kreatif untuk mengembangkan bisnis secara online agar lebih dikenal masyarakat secara lebih luas.

Dengan bermodalkan gambar-gambar terbaik dari foto produk dan tambahan narasi soft selling sudah bisa menjadi bahan promosi berupa postingan di timeline Facebook atau Instagram. Selain itu untuk lebih memperluas pangsa pasar bisa juga dengan mempromosikan produk di WAG.

Apakah dengan langkah-langkah tersebut sudah cukup untuk menjamin kelangsungan bisnis yang kita kelola?

Jawabannya adalah Belum Cukup. Di Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya kita memang dapat membuat akun secara mudah dan gratis. Namun disini istilahnya kita hanya menumpang saja dan belum bisa untuk menampilkan profil bisnis secara keseluruhan.

Memasuki era industri 4.0, kita tidak bisa bergantung pada sosial media saja dalam memperkenalkan produk atau jasa ke khalayak ramai guna meningkatkan closing order.

Di jaman segalanya serba internet ini, kita membutuhkan media untuk menampilkan profil bisnis yang bisa berdampak lebih dari sekedar media sosial, dan itu adalah website.

Dan untuk membangun sebuah website tersebut kita memerlukan nama domain. Jadi mengapa domain penting untuk bisnis, karena dengan nama domain kita bisa menciptakan branding dan mendongkrak pertumbuhan bisnis di era digital ini.


Domain Adalah...


Internet tidak lagi digunakan untuk mencari dan mendapatkan informasi saja, karena sekarang kegiatan jual beli juga sudah memanfaatkan keberadaan internet. Internet sudah merubah pola dan gaya dari konvensional menjadi digitalisasi hampir di semua bidang kehidupan. Oleh karena itu sangatlah penting untuk membuat bisnis menjadi go online dan bisa dengan mudah ditemukan di internet. Bagaimana caranya?

Website mutlak diperlukan untuk hal tersebut dan faktor penting dari website adalah pemilihan domain yang nantinya bisa dijadikan ciri khas atau branding dari bisnis itu sendiri. Apa sih domain itu?

Sebagai pengguna internet pastinya sudah tidak asing lagi dengan sebutan domain, seperti .com, .id, .co.id, dan masih banyak lagi yang lainnya. Domain ini bersifat unik dan tidak bisa diduplikasi, artinya tidak ada website atau situs yang mempunyai nama domain yang sama persis.

Jika diibaratkan pada sebuah bangunan rumah, domain ini adalah merupakan alamat dari rumah tersebut. Karena bersifat unik tersebut maka domain penting untuk bisnis.

Mengapa domain penting untuk bisnis?


Untuk menjawab tantangan persaingan bisnis di jaman serba digital ini sangat penting untuk menyiapkan nama domain bisnis agar bisa go online.

Pemilihan nama domain sebaiknya yang sesuai dengan bidang bisnis atau branding yang dikehendaki agar memudahkan orang menemukan bisnis kita ini. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara pengguna internet yang besar.

Dari pengguna internet yang begitu banyak ini menggunakan mesin pencari untuk menemukan informasi yang dibutuhkan. Hal ini yang bis dimanfaatkan untuk mengenalkan bisnis kita kepada dunia melalui nama domain agar bisa ditemukan di internet. Untuk lebih jelasnya mengapa domain penting untuk bisnis bisa dilihat seperti dibawah ini :

1. Membangun brand

Dalam sebuah bisnis, brand sangatlah penting untuk dimiliki karena merupakan identitas dari bisnis itu sendiri. Oleh karena itu pemilihan nama domain bisa disesuaikan dengan nama brand yang diinginkan sehingga akan lebih mudah diingat oleh orang lain.

Dengan demikian jika orang mendengar nama brand kita maka yang ada dipikiran mereka adalah produk atau bisnis yang kita jalankan.

2. Meningkatkan kredibilitas dan lebih profesional

Dengan nama domain sendiri dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dimata semua pengguna internet yang mana merupakan target potensial dalam menjaring pelanggan. Selain itu juga dapat menunjukkan bahwa bisnis ini dikelola secara profesional, terpercaya, dan mengikuti perkembangan jaman.

Dengan demikian maka akan mudah untuk mendapatkan pelanggan baru yang berasal dari manapun juga karena profil, produk, katalog, dan lainnya yang berkaitan dengan bisnis sudah bisa diakses secara online.

3. Dapat memperluas pangsa pasar

Jelas ya, karena dengan mengembangkan bisnis ke online maka akan dapat dengan mudah di akses oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun juga. Hal ini berbeda sekali jika bisnis masih menggunakan cara konvensional yang mana pelanggan hanya berasal dari lingkup sekitarnya saja.

4. Media promosi yang efektif

Dengan memiliki nama domain sendiri yang diimplementasikan pada sebuah website maka akan bisa menjadi media promosi yang efektif. Untuk mempromosikan produk-produk baru atau katalog baru tinggal menampilkannya pada website.

Dengan demikian secara tidak langsung dapat menanamkan image bahwa nama domain tersebut merupakan brand dari produk yang ditawarkan. Sehingga sangat efektif untuk menjaring pelanggan baru yang tertarik untuk menggunakan produk yang dipromosikan.

Disamping itu, domain bisa dimanfaatkan sebagai domain email yang dapat digunakan untuk mengirimkan katalog atau produk-produk baru ke semua relasi. Tentunya hal ini dapat membuat keberadaan usaha atau bisnis semakin terlihat kredibel di mata para klien dan pelanggan.

Selain itu dengan mempunyai nama domain sendiri yang dipadukan menjadi sebuah website dapat menggambarkan dari profil bisnis itu sehingga bisa mendapatkan pelanggan dari seluruh penjuru dunia tanpa harus bertemu muka terlebih dahulu.

Domain Murah

Dengan demikian jelas sekali bahwa menjalankan bisnis usaha harus dengan mengikuti pola perkembangan jaman dan membuat bisnis tersebut menjadi go online adalah sebuah pilihan yang tepat. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah dimana dan bagaimana cara untuk bisa mendapatkan domain murah?

Murah bukan berarti murahan lho ya, domain murah disini adalah harga yang lebih rendah dari yang lain namun tetap berkualitas dan tidak asal-asalan.


Untuk bisa medapatkan domain murah kamu tidak perlu kesana kemari mencoba satu per satu penyedia layanan domain dan hosting, karena hal tersebut hanya akan menyita waktu, tenaga, dan juga uang. Biar lebih praktis, Kangagos merekomendasikan layanan domain murah dari RumahWeb. Mengapa?

RumahWeb merupakan penyedia layanan domain dan hosting yang telah beroperasi sejak tahun 2002. RumahWeb merupakan perusahaan hosting terbesar yang mempunyai lebih dari 30 server dan melayani lebih dari 14.000 domain dari para pelanggan.

Karena domain Kangagos ini juga dari RumahWeb, dan pengalaman selama menggunakan layanan dari RumahWeb juga sangat memuaskan, maka RumahWeb sangat cocok untuk dijadikan rujukan ketika membutuhkan domain murah maupun hosting untuk keperluan peningkatan omset bisnis.


Jadi, mempunyai domain sangat penting untuk bisnis dalam menjawab tantangan dan persaingan dengan kompetitor di era digital seperti pada saat ini. Segera miliki domain yang sesuai dengan brand bisnis kamu sekarang juga dan jangan sampai kehilangan kesempatan untuk memiliki nama domain tersebut karena telah diambil oleh orang lain.