Kamis, Februari 04, 2021

Cara Memindahkan History Chat dari WhatsApp ke Telegram


Rupanya kebijakan terbaru dari WhatsApp sempat mebuat gusar para penggunanya dan hingga kini masih saja untuk mencari aplikasi alternatif penggantinya. Meskipun pihak WhatsApp telah memberikan penjelasan lebih lanjut terkait dengan kebijakan barunya tersebut.

Disebutkan sebelumnya terdapat beberapa aplikasi serupa yang mengalami lonjakan pengguna setelah WhatsApp mengeluarkan kebijakan terbaru diantaranya adalah Telegram dan Signal. Tak disangka memang, aplikasi Signal mampu merebut hati para pengguna WhatsApp dengan menawarkan keamanan data dari penggunanya. Selain itu, fitur aplikasi juga dianggap mampu untuk bersaing dengan WhatsApp. Selengkapnya silahkan baca fitur unggulan aplikasi Signal.

Pihak WhatsApp tidak tinggal diam saja dalam menanggapi kegusaran para penggunanya, setelah melakukan karifikasi terkait kebijakan baru WhatsApp juga hadir di status story para pengguna yang sempat mengagetkan. Langkah ini dinilai cukup cerdas dan efektif sehingga pengguna akan mendapatkan informasi terbaru secara langsung dari pihak WhatsApp.

Namun apakah langkah ini mampu meredam penggunanya untuk tidak berpaling ke aplikasi lain? Kita lihat saja perkembangannya dalam beberapa waktu kedepan. Kangagos sendiri masih menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berbagai keperluan karena dari beberapa aplikasi serupa, hanya di WhatsApp yang masih banyak digunakan oleh teman-teman.

Kalau kamu gimana bro, sudah bisa lepas sepenuhnya dari WhatsApp? Atau masih galau cari-cari aplikasi pendamping alternatif? Kalau demikian silahkan simak juga deretan alternatif aplikasi WhatsApp.

Memindahkan History Chat dari WhatsApp ke Telegram

Telegram bukanlah aplikasi messaging baru. Aplikasi ini juga selalu membayangi WhatsApp dalam hal pengguna dan fitur. Aplikasi Telegram terus mengembangkan fitur aplikasinya untuk kepuasan dan loyalitas penggunanya. Mungkin kamu adalah salah satu pengguna aplikasi ini bro? Oiya, aplikasi Telegram sekarang sudah bisa digunakan untuk menghubungi tanya Veronika asisten virtual Telkomsel ya.


WhatsApp terakhir menekankan bahwa privacy pengguna akan tetap terjaga, dan pesan-pesan yang dikirimkan hanya bisa dibaca oleh yang pihak-pihak yang bersangkutan saja. Ini berarti bahwa diluar itu tidak ada yang bisa mengetahui pesan-pesan yang terkirim, termasuk juga oleh pihak WhatsApp sekalipun. Kiranya hal ini bisa meyakinkan penggunanya untuk tidak ke lain hati.

Beda lagi ceritanya jika kamu memang sudah mantap dan memutuskan untuk beralih ke aplikasi lain seperti Telegram, namun terkendala dengan adanya hal-hal penting yang tersimpan di chat WhatsApp sehingga tetap bertahan di aplikasi WhatsApp.

Jika demikian keadaannya, tenang saja bro kegalauan kamu telah terbaca oleh pihak Telegram yang kemudian merilis pembaruan terkait dengan hal ini. Telegram memudahkan pengguna untuk memindahkan history chat dari Whatsapp ke Telegram sehingga nantinya semua rentetan chat yang ada di Whatsapp bisa dilanjutkan di aplikasi Telegram. Seperti apa caranya?

Aplikasi Telegram sekarang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk dapat memindahkan history chat (riwayat obrolan) dari WhatsApp ke Telegram. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk memindahkan history chat WhatsApp ke Telegram yaitu :

  • Bukalah aplikasi WhatsApp dan ketuk obrolan yang ingin di ekspor
  • Kalau kamu pengguna iOS Anda bisa buka menu info kontak dan pilih "Ekspor obrolan", dan jika pengguna Android bisa dengan cara masuk ke obrolan WhatsApp, klik menu (titik tiga vertikal) dan kemudian -> Lainnya -> Ekspor Obrolan
  • Akan ditampilkan pilihan yaitu "Lampirkan Media" (foto dan video) atau "Tanpa Media". Silahkan pilih sesuai dengan keinginan
  • Selanjutnya silahkan pilihlah aplikasi yang akan dituju, dalam hal ini silahkan pilih Telegram
  • Kemudian aplikasi Telegram akan terbuka dan silahkan pilih kontak yang ada di Telegram sebagai tujuan ekspor
  • Tunggulah prosesnya hingga selesai.

Nah, cukup mudah kan bro. Namun yang perlu diketahui adalah cara memindahkan history chat dari WhatsApp ke Telegram ini berlaku untuk per kontak. Artinya proses pemindahan ini harus satu per satu. Jadi jika ingin memindahkan history chat dari 50 kontak yang ada di WhatsApp, maka perlu melakukan langkah ini sebanyak 50 kali juga. Gimana bro, sudah dipindahkan semuanya?