Senin, Januari 18, 2021

Fitur Unggulan dari Aplikasi Signal


Fitur Unggulan dari Aplikasi Signal - Sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah ketika di smartphone terdapat aplikasi WhatsApp karena sepertinya aplikasi ini sudah menjadi aplikasi wajib bagi pengguna smartphone. Pengguna aplikasi WhatsApp ini semakin meningkat tajam setelah tumbangnya BBM dari Blackberry yang dulu pernah populer. Namun akhir-akhir ini pengguna aplikasi WhatsApp jadi bimbang setelah dikeluarkannya kebijakan baru beberapa waktu lalu.

Meskipun banyak yang masih bertahan, namun tak sedikit pula yang mulai mencari-cari aplikasi alternatif pengganti WhatsApp. Mungkin kamu adalah salah satu diantaranya bro?

Jika masih bingung, mungkin kamu bisa mencoba aplikasi Signal sebagai alternatif dari aplikasi WhatsApp. Seperti apa sih fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Signal ini? Skuy kita cek bro.

Fitur Unggulan dari Aplikasi Signal

Sebagus apapun fitur yang ditawarkan dari aplikasi pertukaran pesan, akan tidak ada artinya jika tidak ada satupun teman kita yang menggunakannya. Dengan kata lain, kita akan bertukar pesan kepada siapa kalau dalam daftar teman kita tidak ada yang menggunakan aplikasi yang sama?

Namun data unduhan yang ada di Google Playstore menunjukkan bahwa pengguna aplikasi Signal belakangan ini meningkat tajam seiring diterbitkannya kebijakan baru dari WhatsApp. Artinya, akan ada banyak teman-teman kamu yang telah menggunakan aplikasi ini dalam artian :

  • Digunakan sepenuhnya sebagai pengganti aplikasi WhatsApp
  • Sebagai aplikasi alternatif pendamping aplikasi WhatsApp.

Seperti halnya aplikasi WhatsApp, Telegram dan lainnya, aplikasi ini sudah tersedia di App Store dan Google Play Store. Aplikasi Signal memerlukan nomor handphone sebagai data untuk pendaftaran dan menggunakannya (Sama seperti WhatsApp). Nah, berikut fitur unggulan dari aplikasi Signal yang ditawarkan kepada para penggunanya, yaitu :

1. End to end encryption

Aplikasi Signal menggunakan enkripsi end to end, artinya hanya pengguna yang mengirim dan menerima pesan saja yang dapat membaca isi percakapan. Tidak ada pihak lain yang akan bisa membaca isi percakapan tersebut, termasuk developer atau platform dari aplikasi tersebut. Hal ini juga seperti yang diterapkan pada aplikasi WhatsApp.

2. Mendukung Percakapan Personal dan Grup

Seperti pada aplikasi chatting yang modern dan kekinian, aplikasi ini juga sudah mendukung percakapan secara personal maupun dalam bentuk grup. Namun untuk batasan jumlah dalam grup tidak disebutkan secara pasti.

Selain itu, aplikasi Signal juga mendukung fitur favorit saat ini yang sudah menjadi standar komunikasi yaitu bisa untuk melakukan panggilan suara dan juga video.

Tidak ketinggalan juga, aplikasi ini juga sudah mendukung pertukaran file diantara penggunanya. Jenis field yang bisa dikirim dan diterima seperti gambar/foto, video, audio, atau dokumen. Untuk mengunduhnya, pengguna diberi pilihan jenis koneksi saat mengunduhnya.

3. Mendukung Fitur Emoji dan GIF

Untuk menambah serunya dalam bertukar pesan melalui aplikasi adalah terdapatnya emoji dan GIF yang lucu dan menarik dan bahkan bisa untuk mengungkapkan suatu perasaan atau ekspresi dalam sebuah percakapan. Untungnya, aplikasi signal juga sudah mendukung fitur yang seperti ini, meskipun untuk stiker belum didukung ya. Kedepan pasti pihak aplikasi Signal akan segera membenahinya untuk kepuasan pengguna.

4. Disappearing Message

Fitur menarik lainnya yaitu aplikasi ini bisa membuat sebuah pesan yang dikirimkan akan terhaus secara otomatis dalam durasi waktu tertentu. Pilihan durasi yang diberikan adalah mulai dari 5 detik sampai 1 minggu. Ketika pengguna menggunakan fitur ini maka akan terlihat ikon jam pasir di setiap pesannya.

5. Tema Aplikasi

Agar lebih nyaman saat menggunakan aplikasi Signal, pengguna bisa melakukan kustomisasi seperti memilih untuk menggunakan tema terang atau gelap. Untuk pilihan tema terang, aplikasi akan bernuansa biru dan putih, sementara kalau pada pilihan tema gelap maka akan berwarna hitam.

Untuk menjaga keamanan dan privasi, pengguna bisa menerapkan mengunci aplikasi Signal ini dan membukanya dengan menggunakan fingerprint. Dengan demkian percakapan tidak bisa dilihat dan diketahui oleh orang lain. Oiya, silahkan baca juga tips dan trik aplikasi WhatsApp.

Cara Menggunakan Aplikasi Signal

Fitur keamanan dan privasi menjadi "bahan penawaran" utama dari aplikasi Signal merespon dari kebijakan baru WhatsApp. Untuk menggunakannya juga tidak merepotkan, langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Download dan pasang aplikasi Signal di smartphone
  • Kemudian buka aplikasi tersebut
  • Masukkan nomor handphone kamu yang aktif
  • Cek notifikasi via SMS
  • Masukkan kode tersebut di aplikasi Signal
  • Buat password
  • Ulangi Pasword tersebut
  • Kustomisasi nama pengguna
  • Selesai, aplikasi Signal siap digunakan.

Fitur unggulan dari aplikasi Signal ini bisa menjadi pertimbangan kamu dalam mencari alternatif aplikasi WhasApp, yang mungkin sebagian besar sudah bisa kita temukan di aplikasi WhatsApp. Nah apakah kamu sudah memasangnya di smartphone bro?