Senin, Februari 15, 2021

Melestarikan Komoditas Kelapa Sawit Tanpa Merusak Lingkungan


Kelapa sawit sangat cocok untuk ditumbuh kembangkan pada daerah tropis seperti di Indonesia. Oleh karenanya Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia yang mempunyai ribuan hektar perkebunan kelapa sawit. Banyak produk-produk bermanfaat untuk kehidupan manusia yang menggunakan bahan dasar dari kelapa sawit ini.

Sebagai komoditas lokal yang mampu mendongkrak perekonomian Indonesia tentu menjadi kewajiban bagi kita untuk terus melestarikannya tanpa harus merusak tatanan dan lingkungan sekitar. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk meningkatkan hasil kelapa sawit, kita harus "merelakan" kehilangan berhektar-hektar hutan untuk keperluan ekspansi perkebunan kelapa sawit tersebut.

Meskipun menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar bagi negara, bukan berarti peningkatan produktifitas kelapa sawit dengan melakukan segala cara yang dapat menimbulkan kerugian bagi manusia dan kelestarian lingkungan. Tentu hal ini patut menjadikan perhatian bagi kita semua karena bagaimanapun juga keberadaan hutan sangatlah penting untuk menjaga alam agar tetap lestari dan melindungi kehidupan manusia dari berbagai bencana.



Kelapa Sawit

Kelapa sawit dikenal sebagai bahan baku penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar sehingga tak jarang disebut juga sebagai tumbuhan industri. Kelapa sawit ini juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam industri minyak karena dapat menggantikan kelapa sebagai bahan baku utamanya.

Minyak goreng menjadi salah satu produk yang kita kenal dengan menggunakan bahan dasar kelapa sawit. Hampir semua orang menggunakan minyak goreng ini untuk keperluannya setiap hari. Selain itu juga produk pelumas, pelapis besi dan baja, serta bahan-bahan makanan yang juga menggunakan bahan dari kelapa sawit.

Adanya lahan perkebunan kelapa sawit ini yang selain mempunyai pangsa pasar yang begitu cerah, juga dapat menyerap banyak tenaga kerja dan dapat memberdayakan warga sekitar sehingga bisa membuat masyarakat sejahtera. Adapun daerah-daerah di Indonesia sebagai penghasil kelapa sawit antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kalimantan tengah
  • Kalimantan barat
  • Riau
  • Sumatra selatan
  • Sumatra barat
  • Sumatra utara
  • Sulawesi

Pesona kelapa sawit semakin meningkat manakala pemerintah memberikan perhatian yang lebih kepada kelapa sawit melalui investasi dan diwacanakan sebagai pengembangan biodiesel seperti B10, B20, B30 hingga B100. Memang untuk saat ini dan kepentingan di masa depan, sangatlah arif dan bijak jika harus segera mencari alternatif dari bahan bakar fosil.

Kalapa sawit dinilai sebagai komoditas berkelanjutan yang tepat untuk menggantikan bahan bakar yang tidak terbarukan tersebut.

Produk yang Menggunakan Bahan Dasar Kelapa Sawit

Sebagai makhluk sosial, tidak menutup kemungkinan bagi setiap individu untuk saling bergaul dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Tidak jarang penampilan menjadi perhatian utama dalam hal ini untuk meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karena itu merawat dan menjaga kebersihan serta kesehatan diri sangatlah penting dilakukan oleh setiap orang. Terlebih lagi di jaman sekarang, banyak orang yang melakukan perawatan dengan menggunakan produk-produk kecantikan untuk menunjang penampilan.

Nah, entah disadari ataupun tidak, dalam keseharian kita sebenarnya sangat dekat dengan produk-produk yang menggunakan bahan dasar kelapa sawit untuk keperluan tersebut. Penasaran? Silahkan simak produk-produk di bawah ini :

1. Pasta gigi

Pasta gigi atau juga banyak yang menyebutnya sebagai odol adalah produk sejenis pasta yang digunakan untuk membersihkan gigi. Penggunaan pasta gigi ini akan lebih maksimal jika dikombinasikan dengan penggunaan sikat gigi.

2. Sabun pencuci tangan

Sabun pencuci tangan berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat pada tangan kita. Kotoran ini bisa yang terlihat oleh mata maupun yang tidak terlihat oleh mata seperti bakteri dan kuman. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini kita harus sering membersihkan diri yang salah satunya adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun.

3. Shampo

Dalam menjaga kesehatan tidak hanya bagian kulit saja yang perlu dibersihkan. Rambut sebagai mahkota manusia juga perlu mendapatkan perhatian dalam membersihkan diri. Untuk itu diperlukan shampo untuk merawat rambut serta menjaga kebersihan kulit kepala agar bersih dari kotoran-kotoran yang menempel.

4. Sabun mandi dan detergen

Selanjutnya produk yang berbahan dari kelapa sawit adalah sabun mandi dan juga detergen. Sabun mandi ini adalah produk yang sering kita pakai setiap hari yang bahkan sudah menjadi kebutuhan. Manfaat utamanya adalah untuk melindungi kulit tubuh kita dari bahaya bakteri, kuman dan juga virus yang bisa mengancam kesehatan. Sedangkan detergen adalah sabun yang biasa digunakan untuk mencuci dan membersihkan pakaian.

5. Produk kosmetik

untuk kaum hawa pastinya sangat dekat dengan produk-produk kosmetik dalam kesehariannya. Produk kosmetik yang menggunakan bahan kelapa sawit antara lain lipstik, lotion, krim kulit dan lainnya. Penggunaan bahan kelapa sawit ini dinilai mempunyai keunggulan jika dibandingkan dengan bahan-bahan sintesis karena bebas dari senyawa hidrokarbon polisiklik aromatic yang dapat membahayakan kulit manusia.

Dengan demikian tampil cantik tidaklah harus mengorbankan segala-galanya, bisa dengan cara bijak untuk mengenali bahan dasar dari produk kecantikan yang digunakan. Yang menjadi tantangan saat ini adalah dengan tetap melestarikan lingkungan namun bisa meningkatkan hasil kelapa sawit sebagai komoditas berkelanjutan.